Tafsir Surat Al-An'am, ayat 12-16
قُلْ
لِمَنْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ قُلْ لِلَّهِ كَتَبَ عَلَى نَفْسِهِ
الرَّحْمَةَ لَيَجْمَعَنَّكُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ
الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ (12) وَلَهُ مَا سَكَنَ
فِي اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (13) قُلْ أَغَيْرَ
اللَّهِ أَتَّخِذُ وَلِيًّا فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ يُطْعِمُ
وَلَا يُطْعَمُ قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ أَوَّلَ مَنْ أَسْلَمَ وَلَا
تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ (14) قُلْ إِنِّي أَخَافُ إِنْ عَصَيْتُ رَبِّي
عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ (15) مَنْ يُصْرَفْ عَنْهُ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمَهُ
وَذَلِكَ الْفَوْزُ الْمُبِينُ (16)
Katakanlah "Kepunyaan siapakah apa yang ada di
langit dan di bumi?" Katakanlah "Kepunyaan Allah" Dia telah menetapkan atas
diri-Nya kasih sayang. Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kalian pada hari
kiamat yang tidak ada keraguan terhadapnya. Orang-orang yang merugikan dirinya,
mereka itu tidak beriman. Dan kepunyaan Allah-lah segala yang ada pada malam dan
siang hari. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Katakanlah
"Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang menjadikan langit dan
bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan?” Katakanlah,
"Sesungguhnya aku diperintah supaya aku menjadi orang yang pertama sekali
berserah diri (kepada Allah), dan jangan
sekali-kali kamu masuk golongan orang-orang musyrik.” Katakanlah, "Sesungguhnya
aku takut akan azab hari yang besar (hari kiamat) Jika aku mendurhakai
Tuhanku.” Barang siapa yang dijauhkan azab darinya pada hari itu, maka sungguh
Allah telah memberikan rahmat kepadanya. Dan itulah keberuntungan yang
nyata.Allah Swt. memberitahukan bahwa diri-Nyalah yang memiliki langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya, dan bahwa Dia telah menetapkan kasih sayang atas diri-Nya Yang Mahasuci. Seperti yang telah disebutkan di dalam kitab Sahihain melalui jalur Al-A'masy, dari Abu Saleh, dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Nabi Saw. pernah bersabda:
"إِنَّ
اللَّهَ لَمَّا خَلَقَ الخَلْق كَتَبَ كِتَابًا عِنْدَهُ فَوْقَ الْعَرْشِ، إِنَّ
رَحْمَتِي تَغْلِبُ غَضَبِي"
Sesimgguhnya Allah, setelah selesai menciptakan makhluk, maka Dia menulis
di dalam kitab yang ada di sisi-Nya di atas 'Arasy, "Sesungguhnya rahmat-Ku
mengalahkan murka-Ku.”
****
Firman Allah Swt:
{لَيَجْمَعَنَّكُمْ
إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَا رَيْبَ فِيهِ}
Dia sungguh-sungguh akan menghimpun kalian pada hari kiamat yang tidak ada
keraguan terhadapnya. (Al-An'am: 12)Huruf lam yang terdapat pada lafaz layajma'annakum merupakan pendahuluan dari qasam (sumpah). Allah bersumpah dengan menyebut nama diri-Nya Yang Mahamulia, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menghimpun semua hamba-Nya di waktu tertentu pada hari yang dikenal. Yaitu hari kiamat yang tiada keraguan padanya, yakni yang keberadaannya tidak diragukan lagi di kalangan hamba-hamba-Nya yang mukmin. Adapun hamba-hamba Allah yang ingkar dan mendustakannya, mereka tenggelam ke dalam keraguannya tentang kejadian hari tersebut.
قَالَ
ابْنُ مَرْدُوَيه عِنْدَ تَفْسِيرِ هَذِهِ الْآيَةِ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
أَحْمَدَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ
عُقْبَة، حَدَّثَنَا عَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ،
حَدَّثَنَا مِحْصَن بْنُ عقْبَة الْيَمَانِيُّ، عَنِ الزُّبَيْرِ بْنِ شَبِيب، عَنْ
عُثْمَانَ بْنِ حَاضِرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْوُقُوفِ بَيْنَ يَدَيْ رَبِّ الْعَالَمِينَ،
هَلْ فِيهِ مَاءٌ؟ قَالَ: "وَالَّذِي نَفْسِي بيَدِه، إِنَّ فِيهِ لَمَاءً، إِنَّ
أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَيَرِدُونِ حِياضَ الْأَنْبِيَاءِ، ويَبْعَثُ اللَّهُ
تَعَالَى سَبْعِينَ أَلْفَ مَلَكٍ فِي أَيْدِيهِمْ عِصِيّ مِنْ نَارٍ، يَذُودون
الْكُفَّارَ عَنْ حِيَاضِ الْأَنْبِيَاءِ".
Ibnu Murdawaih mengatakan sehubungan dengan tafsir ayat ini, bahwa telah
menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ahmad ibnu Ibrahim, telah menceritakan
kepada kami Ubaidillah ibnu Ahmad ibnu Uqbah, telah menceritakan kepada kami
Abbas ibnu Muhammad, telah menceritakan kepada kami Husain ibnu Muhammad, telah
menceritakan kepada kami Muhsan ibnu Atabah Al-Yamani, dari Az-Zubair ibnu
Syabib, dari Usman ibnu Hadir, dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah ditanya mengenai wuquf di hadapan Tuhan semesta alam,
"Apakah di tempat itu terdapat air?" Maka Rasulullah Saw. menjawab: Demi
Tuhan yang jiwaku berada di tangan kekuasaan-Nya, sesungguhnya di tempat itu
benar-benar ada air. Dan sesungguhnya kekasih-kekasih Allah benar-benar
mendatangi telaga-telaga para nabi. Dan Allah memerintahkan kepada tujuh puluh
ribu malaikat yang di tangan mereka tergenggam tongkat-tongkat dari api untuk
mengusir orang-orang kafir dari telaga-telaga para nabi itu.Hadis ini berpredikat garib.
Menurut yang ada pada Imam Turmuzi disebutkan seperti berikut:
"إِنَّ
لِكُلِّ نَبِيٍّ حَوْضًا، وَإِنَّهُمْ يَتَبَاهَوْنَ أَيُّهُمْ أَكْثَرُ وَارِدَةً،
وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَكْثَرَهُمْ وَارِدَةً
Sesungguhnya setiap nabi itu mempunyai telaga, dan aku berharap telaga
milikku adalah yang paling banyak didatangi mereka.
****
Firman Allah Swt.:
{الَّذِينَ
خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ}
Orang-orang yang merugikan dirinya. (Al-An'am: 12) Yakni kelak di hari kiamat.
{فَهُمْ
لَا يُؤْمِنُونَ}
Mereka itu tidak beriman. (Al-An'am: 12)Yakni mereka tidak percaya dengan adanya hari kembali dan mereka tidak takut akan adanya pembalasan yang keras di hari itu.
****
Kemudian berfirman:
{وَلَهُ
مَا سَكَنَ فِي اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ}
Dan kepunyaan-Nyalah segala yang ada pada malam dan siang hari.
(Al-An'am: 13)Dengan kata lain, semua makhluk hidup yang ada di langit dan di bumi adalah hamba-hamba Allah dan makhluk-Nya; semuanya berada di bawah kekuasaan, pengaturan, dan pengendalian-Nya, tidak ada Tuhan selain Dia.
{وَهُوَ
السَّمِيعُ الْعَلِيمُ}
Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Al-An'am:
13)Yakni Maha Mendengar semua ucapan hamba-hamba-Nya, lagi Maha Mengetahui semua gerakan, semua yang terpendam di dalam kalbu mereka, dan semua yang mereka rahasiakan.
Kemudian Allah Swt. berfirman kepada hamba dan Rasul-Nya —yaitu Nabi Muhammad Saw.—yang diutusnya dengan membawa ajaran tauhid yang agung dan syariat yang lurus. Allah memerintahkannya untuk menyeru manusia ke jalan Allah yang lurus.
Untuk itu, Allah Swt. berfirman:
{قُلْ
أَغَيْرَ اللَّهِ أَتَّخِذُ وَلِيًّا فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ
وَالأرْضِ}
Katakanlah "Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari Allah yang
menjadikan langit dan bumi?” (Al-An'am: 14)Ayat ini semakna dengan firman-Nya:
{قُلْ
أَفَغَيْرَ اللَّهِ تَأْمُرُونِّي أَعْبُدُ أَيُّهَا الْجَاهِلُونَ}
Katakanlah, "Maka apakah kalian menyuruh aku menyembah selain Allah, hai
orang-orang yang tidak berpengetahuan?” (Az-Zumar: 64)Makna yang dimaksudi ialah 'aku tidak akan menjadikan pelindung selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, karena sesungguhnya Dialah Yang menciptakan langit dan bumi dan yang mengadakan keduanya tanpa contoh lebih dahulu'.
{وَهُوَ
يُطْعِمُ وَلا يُطْعَمُ}
Padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan. (Al-An'am: 14)Yakni Dialah Yang memberi rezeki kepada makhluk-Nya, padahal Dia tidak memerlukan mereka, karena Allah Swt. telah berfirman:
وَمَا
خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka
menyembah-Ku. (Az-Zariyat: 56)Sebagian ulama ada yang membaca ayat ini dengan bacaan berikut, yaitu:
{وَهُوَ
يُطْعِمُ وَلَا يَطْعَمُ}
Padahal Dia memberi makan dan tidak pernah makan.Yakni Dia tidak pernah makan.
وَفِي
حَدِيثِ سُهَيْل بْنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ [رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ] قَالَ: دَعَا رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ مِنْ أَهْلِ قُبَاءٍ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: فَانْطَلَقْنَا مَعَهُ،
فَلَمَّا طَعِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَغَسَلَ يديه
قال: الْحَمْدُ
لِلَّهِ الَّذِي يُطعِم وَلَا يَطْعَم، ومَنَّ عَلَيْنَا فَهَدَانَا، وَأَطْعَمَنَا
وسَقانا وَكُلَّ بَلاء حَسَن أَبَلَانَا، الْحَمْدُ لِلَّهِ غَيْرِ مُودّع وَلَا
مكافَأ وَلَا مَكْفُورٍ وَلَا مُسْتَغْنًى عَنْهُ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي
أَطْعَمَنَا مِنَ الطَّعَامِ، وَسَقَانَا مِنَ الشَّرَابِ، وَكَسَانَا مِنَ
الْعُرْيِ، وَهَدَانَا مِنَ الضَّلَالِ، وبَصَّرنا مِنَ العَمَى، وفَضَّلنا عَلَى
كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ"
Di dalam hadis Suhail ibnu Abu Saleh dari ayahnya, dari Abu Hurairah r.a.,
disebutkan bahwa pernah seorang Ansar dari kalangan penduduk Quba mengundang
Nabi Saw. ke suatu jamuan makan yang dibuatnya, maka kami berangkat bersama Nabi
Saw. untuk memenuhi undangannya. Setelah Nabi Saw. selesai makan dan mencuci
kedua tangannya, maka Nabi Saw. membaca doa berikut: Segala puji bagi Allah
Yang telah memberi makan dan tidak pernah makan, telah memberikan anugerah
kepada kami hingga kami mendapat petunjuk, telah memberi kami makan dan minum,
dan telah memberi kami pakaian hingga tidak telanjang, dan semua ujian baik yang
Dia timpakan kepada kami. Segala puji bagi Allah dengan tidak meninggalkan
Tuhanku, tidak merasa cukup, tidak ingkar, dan tidak dapat lepas dari-Nya.
Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan memberi kami minum,
memberi kami pakaian hingga tidak telanjang, memberi kami petunjuk dari
kesesatan, memberi kami penglihatan dari kebutaan, dan mengutamakan kami di atas
kebanyakan makhluk yang telah diciptakan-Nya dengan keutamaan yang sesungguhnya;
segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
****
Firman Allah Swt.:
{قُلْ
إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ أَوَّلَ مَنْ أَسْلَمَ}
Katakanlah, "Sesungguhnya aku diperintahkan supaya aku menjadi orang yang
pertama sekali berserah diri (kepada Allah)." (Al-An'am: 14)Yakni dari kalangan umat ini.
{قُلْ
إِنِّي أَخَافُ إِنْ عَصَيْتُ رَبِّي عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ}
dan jangan sekali-kali kalian termasuk golongan orang-orang musyrik.
Katakanlah, "Sesungguhnya aku takut akan azab hari yang besar, jika aku
mendurhakai Tuhanku.” (Al-An'am: 14-15)Yakni kelak di hari kiamat.
{مَنْ
يُصْرَفْ عَنْهُ}
Barang siapa dijauhkan azab darinya. (Al-An'am: 16) Yakni azab dipalingkan atau dijauhkan darinya.
{يَوْمَئِذٍ
فَقَدْ رَحِمَهُ}
pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya.
(Al-An'am: 16)Yakni berkat rahmat Allah kepadanya.
{وَذَلِكَ
الْفَوْزُ الْمُبِينُ}
Dan itulah keberuntungan yang nyata. (Al-An'am: 16) Ayat ini semakna dengan makna yang terkandung di dalam firman-Nya:
{فَمَنْ
زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ}
Barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga,
maka sungguh ia telah beruntung. (Ali Imran: 185)Yang dimaksud dengan istilah al-fauz ialah memperoleh keuntungan dan tidak rugi.