Tafsir Surat Al-An'am, ayat 160
مَنْ
جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا
يُجْزَى إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ (160)
Barang siapa membawa amal yang baik, maka
baginya (pahala) sepuluh kali lipat
amalnya; dan barangsiapa membawa perbuatan yang jahat. maka dia tidak diberi
pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedangkan mereka sedikit pun
tidakdianiaya (dirugikan).Ayat yang mulia ini merupakan rincian dari apa yang diglobalkan dalam ayat yang lain, yaitu firman-Nya:
{مَنْ
جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ خَيْرٌ مِنْهَا}
Barang siapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, maka baginya
(pahala) yang lebih baik dari pada kebaikannya itu. (Al-Qashash: 84 dan
An-Naml 89)Banyak hadis yang menyebutkan hal yang serupa dengan makna ayat ini, antara lain ialah apa yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad ibnu Hambal.
حَدَّثَنَا
عَفَّانُ، حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ، حَدَّثَنَا الْجَعْدُ أَبُو
عُثْمَانَ، عَنْ أَبِي رَجَاءٍ العُطاردي، عن ابن عباس، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ،
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فِيمَا يَرْوِي عَنْ
رَبِّهِ، عَزَّ وَجَلَّ قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم: "أن رَبَّكُمْ [عَزَّ
وَجَلَّ] رَحِيمٌ، مَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كُتبت لَهُ حَسَنَةً،
فَإِنْ عَمِلَهَا كُتِبَتْ لَهُ عَشْرًا إِلَى سَبْعِمِائَةٍ، إِلَى أَضْعَافٍ
كَثِيرَةٍ. وَمَنْ هُمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كُتِبَتْ لَهُ حَسَنَةً،
فَإِنْ عَمِلَهَا كُتِبَتْ لَهُ وَاحِدَةً، أَوْ يَمْحُوهَا اللَّهُ، عَزَّ
وَجَلَّ، وَلَا يَهْلَكُ عَلَى اللَّهِ إِلَّا هَالَكٌ".
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Affan, telah menceritakan
kepada kami Ja'far ibnu Sulaiman, telah menceritakan kepada kami Al-Ja'd Abu
Usman, dari Abu Raja Al-Utaridi, dari Ibnu Abbas r.a., bahwa Rasulullah Saw.
telah bersabda dalam riwayat yang dikemukakannya dari Tuhannya, yaitu:
Sesungguhnya Tuhan kalian adalah Maha Penyayang. Barang siapa berniat
melakukan suatu kebaikan, lalu ia tidak mengerjakannya, dicatatkan baginya
pahala satu kebaikan; dan jika ia mengerjakannya, maka dicatatkan baginya
sepuluh pahala kebaikan sampai tujuh ratus pahala kebaikan hingga lipat ganda
yang sangat banyak Barang siapa berniat hendak mengerjakan suatu kejahatan, lalu
ia tidak melakukannya, maka dicatatkan baginya pahala satu kebaikan. Jika ia
melakukannya, maka dicatatkan baginya dosa satu kejahatan atau Allah
menghapuskannya. Dan tidak ada seorang pun yang binasa karena Allah melainkan
hanyalah orang yang (ditakdirkan) binasa.Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Nasai meriwayatkannya melalui hadis Al-Ja'd Abu Usman dengan lafaz yang sama.
قَالَ
[الْإِمَامُ] أَحْمَدُ أَيْضًا: حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ،
عَنِ الْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْد، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَقُولُ اللَّهُ، عَزَّ
وَجَلَّ: مَنْ عَمِل حَسَنَةً فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَأَزِيدُ. وَمَنْ عَمِلَ
سَيِّئَةً فَجَزَاؤُهَا مِثْلُهَا أَوْ أَغْفِرُ. وَمَنْ عَمِلَ قُرَاب الْأَرْضِ
خَطِيئَةً ثُمَّ لَقِيَنِي لَا يُشْرِكُ بِي شَيْئًا جَعَلْتُ لَهُ مِثْلَهَا
مَغْفِرَةً. وَمَنِ اقْتَرَبَ إليَّ شِبْرًا اقْتَرَبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا، وَمَنِ
اقْتَرَبَ إليَّ ذِرَاعًا اقْتَرَبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا، وَمَنْ أَتَانِي يَمْشِي
أَتَيْتُهُ هَرْوَلَة".
Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah,
telah menceritakan kepada kami Al-A'masy, dari Al-Ma'rur ibnu Suwaid, dari Abu
Zar r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Allah Swt.
berfirman, "Barang siapa mengerjakan suatu kebaikan, maka baginya pahala sepuluh
kebaikan yang semisal dengannya dan lebih dari itu. Dan barang siapa mengerjakan
suatu kejahatan, maka balasannya adalah kejahatan yang semisal atau Aku ampuni
(dia). Barang siapa yang mengerjakan sepenuh bumi berupa dosa, kemudian
ia menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku dengan sesuatu pun, maka
Aku jadikan baginya ampunan yang semisal dengan dosanya itu. Barang siapa
mendekatkan dirinya kepada-Ku satu jengkal, niscaya Aku mendekat kepadanya satu
hasta. Barang siapa mendekatkan dirinya kepada-Ku satu hasta, niscaya aku
mendekatinya satu depa (rentangan tangan). Dan barang siapa yang datang
kepada-Ku dengan berjalan kaki, niscaya Aku datangi dia dengan berlari
kecil.Imam Muslim meriwayatkannya dari Abu Kuraib, dari Abu Mu'awiyah dengan lafaz yang sama, dan dari Abu Bakar ibnu Abu Syaibah, dari Waki', dari Al-A'masy dengan lafaz yang sama. Ibnu Majah meriwayatkannya dari Ali ibnu Muhammad At-Tanafisi, dari Waki’ dengan lafaz yang sama.
قَالَ
الْحَافِظُ أَبُو يُعْلَى الْمَوْصِلِيُّ: حَدَّثَنَا شَيْبَان، حَدَّثَنَا
حَمَّاد، حَدَّثَنَا ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ،
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "مَنْ هَمَّ
بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كُتِبَتْ لَهُ حَسَنَةً، فإن عملها كتبت لَهُ
عَشْرًا. وَمِنْ هُمْ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا لَمْ يُكْتَبْ عَلَيْهِ
شَيْءٌ، فَإِنَّ عَمِلَهَا كُتِبَتْ عَلَيْهِ سَيِّئَةً وَاحِدَةً"
Al-Hafiz Abu Ya'Ia Al-Mausuli mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Syaiban, telah menceritakan kepada kami Hammad. telah menceritakan kepada kami
Sabit, dari Anas ibnu Malik r.a., bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Barang siapa yang berniat mengerjakan suatu kebaikan, lalu tidak
melakukannya, maka dicatatkan baginya pahala satu kebaikan: dan jika ia
melakukannya, maka dicatatkan baginya sepuluh pahala kebaikan. Dan barang siapa
berniat melakukan suatu kejahatan, lalu tidak mengerjakannya, maka tidak
dicatatkan sesuatu pun atasnya. Dan jika ia mengerjakannya, maka dicatatkan
baginya dosa satu kejahatan.Perlu diketahui bahwa orang yang meninggalkan kejahatan, yakni yang tidak mengerjakannya (padahal ia sudah berniat) ada tiga macam, yaitu: Seseorang yang meninggalkannya karena Allah, maka baginya dicatatkan pahala satu kebaikan karena berkat upayanya dalam menahan diri untuk tidak mengerjakan kejahatan demi karena Allah. Hal ini terdiri dari amal dan niat. Karena itu, disebutkan di dalam hadis bahwa dicatatkan baginya satu pahala kebaikan. Seperti yang disebutkan di dalam salah satu lafaz hadis sahih, yaitu:
"فَإِنَّمَا
تَرَكَهَا مِنْ جَرَّائِي"
Sesungguhnya dia meninggalkannya demi Aku.Adakalanya seseorang meninggalkannya karena lupa dan tidak ingat lagi kepadanya. Maka orang yang demikian tidak beroleh pahala, tidak pula dosa, karena dia tidak berniat suatu kebaikan pun dan tidak pula mengerjakan suatu kejahatan pun.
Adakalanya seseorang meninggalkannya karena tidak mampu dan malas sesudah berupaya menelusuri penyebab-penyebabnya dan mengerjakan hal-hal yang mendekatkan dirinya kepada perbuatan jahat. Maka orang seperti ini sama kedudukannya dengan orang yang mengerjakannya, seperti yang disebutkan di dalam hadis sahih dari Nabi Saw, yang telah bersabda:
"إِذَا
تَوَاجَهَ الْمُسْلِمَانِ بِسَيْفَيْهِمَا فَالْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي
النَّارِ". قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَذَا الْقَاتِلُ، فَمَا بَالُ
الْمَقْتُولِ؟ قَالَ: "إِنَّهُ كَانَ حَرِيصًا عَلَى قَتْلِ
صَاحِبِهِ"
Apabila dua orang muslim bersua dengan pedangnya masing-masing, maka si
pembunuh dan si terbunuh masuk neraka. Mereka bertanya, "Wahai Rasulullah,
kalau si pembunuh sudah jelas, tetapi bagaimana dengan si terbunuh?" Rasulullah
Saw. menjawab: Sesungguhnya dia sangat berkeinginan untuk membunuh
temannya.
قَالَ
الْإِمَامُ أَبُو يُعْلَى الْمَوْصِلِيُّ: حَدَّثَنَا مُجَاهِدُ بْنُ مُوسَى،
حَدَّثَنَا عَلِيٌّ -وَحَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ الصَّبَّاحِ وَأَبُو خَيْثَمَة
-قَالَا حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ سُلَيْمَانَ، كِلَاهُمَا عَنْ مُوسَى بْنِ
عُبَيْدَةَ، عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عبيد الله ابن أَنَسٍ، عَنْ جَدِّهِ أَنَسٍ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ هَمَّ
بِحَسَنَةٍ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ حَسَنَةً، فَإِنْ عَمِلَهَا كُتِبَتْ لَهُ عَشْرًا.
وَمِنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ لَمْ تُكْتَبْ عَلَيْهِ حَتَّى يَعْمَلَهَا، فَإِنْ
عَمِلَهَا كُتِبَتْ عَلَيْهِ سَيِّئَةً، فَإِنْ تَرَكَهَا كُتِبَتْ لَهُ حَسَنَةً.
يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: إِنَّمَا تَرَكَهَا مِنْ مَخَافَتِي".
Imam Abu Ya'la Al-Mausuli mengatakan, telah menceritakan kepada kami Mujahid
ibnu Musa, telah menceritakan kepada kami Ali, telah menceritakan kepada kami
Al-Hasan ibnus Sabah serta Abu Khaisamah; keduanya mengatakan bahwa telah
menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Sulaiman; keduanya dari Musa ibnu Ubaidah,
dari Abu Bakar ibnu Ubaidillah ibnu Anas, dari kakeknya (yaitu Anas) yang
mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa berniat
melakukan suatu kebaikan, maka Allah mencatatkan satu pahala kebaikan baginya.
Jika dia mengerjakannya, maka dicatatkan baginya sepuluh pahala kebaikan. Dan
barang siapa berniat mengerjakan suatu kejahatan, maka tidak dicatatkan baginya
sebelum dia mengerjakannya. Jika dia mengerjakannya, maka dicatatkan atas
dirinya dosa satu kejahatan. Jika ia meninggalkannya (tidak mengerjakannya),
maka dicatatkan baginya pahala satu kebaikan, Allah Swt. berfirman,
"Sesungguhnya dia meninggalkannya karena takut kepada-Ku.”Ini menurut lafaz hadis Mujahid, yakni Ibnu Musa.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيّ، حَدَّثَنَا
شَيْبَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنِ الرُّكَيْن بْنِ الرَّبِيعِ، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ عَمِّهِ فُلَانِ بْنِ عَمِيلة، عَنْ خُرَيْم بْنِ فَاتِكٍ
الْأَسَدِيِّ؛ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
"النَّاسُ أَرْبَعَةٌ، وَالْأَعْمَالُ سِتَّةٌ. فَالنَّاسُ مُوَسَّع لَهُ فِي
الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَمُوَسَّعٌ لَهُ فِي الدُّنْيَا مَقْتور عَلَيْهِ فِي
الْآخِرَةِ، وَمَقْتُورٌ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا مُوَسَّعٌ لَهُ فِي الْآخِرَةِ،
وشَقِيٌ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ. وَالْأَعْمَالُ مُوجبتان، وَمِثْلٌ بِمِثْلٍ،
وَعَشَرَةُ أَضْعَافٍ، وَسَبْعُمِائَةِ ضِعْفٍ؛ فَالْمُوجِبَتَانِ مَنْ مَاتَ
مُسْلِمًا مُؤْمِنًا لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ،
وَمَنْ مَاتَ كَافِرًا وَجَبَتْ لَهُ النَّارُ. وَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ
يَعْمَلْهَا، فَعَلِمَ اللَّهُ أَنَّهُ قَدْ أشعَرَها قَلْبَه وَحَرَصَ عَلَيْهَا،
كُتِبَتْ لَهُ حَسَنَةً. وَمِنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ لَمْ تُكْتَبْ عَلَيْهِ، وَمَنْ
عَمِلَهَا كُتِبَتْ وَاحِدَةً وَلَمْ تُضَاعَفْ عَلَيْهِ. وَمِنْ عَمِلَ حَسَنَةً
كَانَتْ عَلَيْهِ بِعَشَرَةِ أَمْثَالِهَا. وَمَنْ أَنْفَقَ نَفَقَةً فِي سَبِيلِ
اللَّهِ، عَزَّ وَجَلَّ، كَانَتْ لَهُ بِسَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman ibnu
Mahdi, telah menceritakan kepada kami Syaiban ibnu Abdur Rahman, dari Ar-Rakiin
ibnur Rabi', dari ayahnya, dari pamannya (yaitu Fulan ibnu Amilah), dari Kharim
ibnu Fatik Al-Asadi, bahwa Nabi Saw. pernah bersabda: Sesungguhnya manusia
itu ada empat macam, dan amal perbuatan ada enam macam. Manusia yang diberi
keluasan di dunia dan di akhirat; manusia yang diberi keluasan hanya di dunia,
sedangkan di akhirat disempitkan; manusia yang disempitkan di dunianya,
sedangkan di akhirat ia diberi keluasan; dan manusia yang celaka di dunia dan
akhirat. Sedangkan amal perbuatan itu terdiri atas dua hal yang memastikan,
pembalasan yang setimpal, sepuluh kali lipat pahala dan tujuh ratus kali lipat
pahala. Dua hal yang mewajibkan ialah barang siapa yang meninggal dunia dalam
keadaan muslim lagi mukmin, tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu pun, maka
wajib baginya (masuk) surga. Dan barang siapa yang mati dalam keadaan
kafir, maka wajib baginya (masuk) neraka. Dan barang siapa yang berniat
mengerjakan suatu kebaikan, lalu ia tidak mengerjakannya dan Allah mengetahui
bahwa niat itu timbul dalam kalbunya serta berkeinginan untuk mengerjakannya,
maka dicatatkan baginya satu pahala kebaikan. Dan barang siapa yang berniat
hendak melakukan suatu kejahatan, maka tidak dicatatkan hal itu atas dirinya;
dan barang siapa yang mengerjakannya, dicatatkan atas dirinya dosa satu
kejahatan tanpa dilipatgandakan. Barang siapa yang mengerjakan suatu kebaikan,
baginya pahala sepuluh kali kebaikan yang semisal dengannya. Dan barang siapa
yang mengeluarkan suatu pembelanjaan di jalan Allah Swt., maka dilipatgandakan
(pahalanya) menjadi tujuh ratus kali lipat.Imam Turmuzi dan Imam Nasai meriwayatkannya melalui hadis Ar-Rakin ibnur Rabi, dari ayahnya, dari Basyir ibnu Amilah, dari Kharim ibnu Fatik dengan sanad yang sama, tetapi sebagian dari lafaznya saja.
قَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا أَبُو زُرْعَة، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ
عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ، حَدَّثَنَا يزيد بن زُرَيْع، حَدَّثَنَا
حَبِيبٌ الْمُعَلِّمُ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ،
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "يَحْضُرُ الْجُمُعَةَ
ثلاثةُ نَفَر: رَجُلٌ حَضَرها بِلَغْوٍ فَهُوَ حَظُّه مِنْهَا، وَرَجُلٌ حَضَرَهَا
بِدُعَاءٍ، فَهُوَ رَجُلٌ دَعَا اللَّهَ، فَإِنْ شَاءَ أَعْطَاهُ، وَإِنْ شَاءَ
مَنَعه، وَرَجُلٌ حَضَرَهَا بِإِنْصَاتٍ وَسُكُوتٍ وَلَمْ يَتَخَطَّ رَقَبَة
مُسْلِمٍ وَلَمْ يُؤْذ أَحَدًا، فَهِيَ كَفَّارَةٌ لَهُ إِلَى الْجُمُعَةِ الَّتِي
تَلِيهَا وَزِيَادَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ؛ وَذَلِكَ لِأَنَّ اللَّهَ يَقُولُ: {مَنْ
جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا}
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Zar'ah, telah
menceritakan kepada kami Ubaidillah ibnu Umar Al-Qawariri, telah menceritakan
kepada kami Yazid ibnu Zurai', telah menceritakan kepada kami Habib ibnul
MualJim, dari Amr ibnu Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya, dari Nabi Saw. yang
telah bersabda: Yang menghadiri salat Jumat ada tiga macam orang, yaitu
seseorang yang menghadirinya dengan lagwu, maka perbuatannya yang lagwu itu
adalah bagiannya dari salat Jumat (yakni tidak ada pahalanya). Seseorang
yang menghadirinya dengan doa, maka dia adalah seseorang yang berdoa kepada
Allah; jika Allah menghendaki, niscaya memberinya; dan jika Allah menghendaki
yang lain, niscaya Dia tidak memberinya. Dan seseorang yang menghadirinya dengan
insat, diam, tidak melangkahi leher seorang muslim pun dan tidak pula mengganggu
seseorang pun, maka hal itu merupakan penghapus dosanya sampai Jumat berikutnya
dan lebih tiga hari. Yang demikian itu karena Allah Swt. telah berfirman,
"Barang siapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali
lipat amalnya " (Al-An'am: 160).
قَالَ
الْحَافِظُ أَبُو الْقَاسِمِ الطَّبَرَانِيُّ: حَدَّثَنَا هَاشِمُ بْنُ مَرْثَد،
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، حَدَّثَنِي أَبِي، حَدَّثَنِي ضَمْضَم
بْنُ زُرْعَةَ، عَنْ شُرَيْح بْنِ عُبَيْدٍ، عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "الْجُمُعَةُ
كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الَّتِي تَلِيهَا وَزِيَادَةُ
ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ؛ وَذَلِكَ لِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى قَالَ: {مَنْ جَاءَ
بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا}
Al-Hafiz Abul Qasim At-Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Hasyim ibnu Marsad, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ismail, telah
menceritakan kepadaku ayahku, telah menceritakan kepadaku Damdam ibnu Zur'ah,
dari Syuraih ibnu Ubaid, dari Abu Malik Al-Asy'ari yang mengatakan bahwa
Rasulullah Saw. telah bersabda: Salat Jumat merupakan kifarat (penghapus
dosa) yang terjadi antara Jumat itu dengan Jumat berikutnya dan lebih tiga
hari. Demikian itu karena Allah Swt. telah berfirman, "Barang siapa membawa amal
yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya
"(Al-An'am: 160).Dari Abu Zar r.a. disebutkan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"مَنْ
صَامَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ فَقَدْ صَامَ الدَّهْرَ
كُلَّهُ".
Barang siapa melakukan puasa tiga hari pada setiap bulan, maka
sesungguhnya ia melakukan puasa setahun penuh.Hadis diriwayatkan oleh Imam Ahmad, dan apa yang tertera di atas menurut lafaznya. Telah meriwayatkannya pula Imam Nasai, Ibnu Majah, dan Imam Turmuzi. Sedangkan Imam Turmuzi menambahkan:
فَأَنْزَلَ
اللَّهُ تَصْدِيقَ ذَلِكَ فِي كِتَابِهِ: {مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ
أَمْثَالِهَا} الْيَوْمُ بِعَشَرَةِ أَيَّامٍ"
Maka Allah menurunkan hal yang membenarkan itu dalam Kitabnya, yaitu:
"Barang siapa membawa amal yang baik. maka baginya {pahala) sepuluh kali
lipat amalnya" (Al-An'am: 160). Satu hari sama dengan sepuluh hari.Kemudian Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan.
Ibnu Mas'ud sehubungan dengan firman-Nya: Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya. (Al-An'am: 160) mengatakan bahwa barang siapa datang membawa kalimah 'Tidak ada Tuhan selain Allah' dan barang siapa yang datang dengan membawa amal jahat, yakni musyrik.
Hal yang sama diriwayatkan dari sejumlah ulama Salaf, dan memang ada hadis marfu' yang mengatakan demikian, tetapi kesahihannya hanya Allah yang mengetahui; hanya saya sendiri tidak meriwayatkannya dari jalur yang dapat dipegang. Hadis-hadis dan asar-asar mengenai masalah ini cukup banyak, apa yang telah kami sebutkan mudah-mudahan sudah mencukupi.