Tafsir Surat Al-Hajj, ayat 52-54
{وَمَا
أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ وَلا نَبِيٍّ إِلا إِذَا تَمَنَّى أَلْقَى
الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ فَيَنْسَخُ اللَّهُ مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ ثُمَّ
يُحْكِمُ اللَّهُ آيَاتِهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (52) لِيَجْعَلَ مَا يُلْقِي
الشَّيْطَانُ فِتْنَةً لِلَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ وَالْقَاسِيَةِ
قُلُوبُهُمْ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَفِي شِقَاقٍ بَعِيدٍ (53) وَلِيَعْلَمَ
الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَيُؤْمِنُوا بِهِ
فَتُخْبِتَ لَهُ قُلُوبُهُمْ وَإِنَّ اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ آمَنُوا إِلَى
صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (54) }
Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang
rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi,
melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, setan pun memasukkan
godaan-godaan terhadap keinginan itu, lalu Allah menghilangkan apa yang
dimasukkan oleh setan itu ,dan Allah menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha
Mengetahui lagi Mahabijaksana, agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh
setan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit
dan yang kasar hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu benar-benar
dalam permusuhan yang sangat, dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu
meyakini bahwasanya Al-Qur'an itulah yang hak dari Tuhanmu, lalu mereka beriman
dan tunduk hati mereka kepadanya dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi Petunjuk
bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus.
Sebagian besar ulama tafsir sehubungan dengan ayat-ayat ini mengetengahkan
kisah garaniq (bintang-bintang) dan kisah yang menyebutkan bahwa
kebanyakan dari kaum muslim yang berhijrah ke negeri Abesenia kembali ke Mekah
karena mereka menduga orang-orang musyrik Quraisy telah masuk Islam. Akan
tetapi, kisah tersebut diriwayatkan melalui berbagai jalur yang seluruhnya
berpredikat mursal, dan menurut pendapat saya hadis-hadis tersebut
tidaklah disandarkan kepada jalur periwayatan yang sahih. Hanya Allah-lah Yang
Maha Mengetahui.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yunus ibnu Habib,
telah menceritakan kepada kami Abu Daud, telah menceritakan kepada kami Syu'bah,
dari Abu Bisyr, dari Sa'id ibnu Jubair yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw.
ketika di Mekah membaca surat An-Najm, dan ketika bacaan beliau sampai kepada
firman-Nya: Maka apakah patut kalian (hai orang-orang musyrik)
menganggap Lata dan 'Uzza dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian
(sebagai anak perempuan Allah)? (An-Najm: 19-20) Maka setan memasukkan
godaannya pada lisan Nabi Saw. sehingga beliau mengatakan, "Bintang-bintang
yang ada di langit yang tinggi itu, sesungguhnya syafaat (pertolongan mereka
dalam mendatangkan hujan) benar-benar dapat diharapkan." Akhirnya
orang-orang musyrik berkata, "Dia sebelum ini tidak pernah menyebut nama
tuhan-tuhan kami dengan sebutan yang baik." Lalu Nabi Saw. bersujud kepada
Allah, maka mereka pun (orang-orang musyrik) ikut bersujud. Kemudian Allah Swt.
menurunkan firman-Nya: Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun
dan tidak (pula) seorang nabi, melainkan apabila ia mempunyai sesuatu
keinginan, setan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu, lalu Allah
menghilangkannya apa yang dimasukkan oleh setan itu, dan Allah menguatkan
ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. (Al-Hajj:
52)
Ibnu Jarir meriwayatkannya dari Bandar, dari Gundar, dari Syu'bah dengan
sanad yang sama dan lafaz yang semisal.
Al-Bazzar meriwayatkannya di dalam kitab musnadnya melalui Yusuf ibnu Hammad,
dari Umayyah ibnu Khalid, dari Syu'bah, dari Abu Bisyr, dari Sa'id ibnu Jubair,
dari Ibnu Abbas yang menurut dugaanku masih diragukan sampainya hadis ini kepada
Nabi Saw.; bahwa Nabi Saw. membaca surat An-Najm ketika masih di Mekah, sehingga
bacaannya sampai pada firman-Nya: Maka apakah patut kalian (hai
orang-orang musyrik) menganggap Lata dan 'Uzza. (An-Najm: 19), hingga
akhir beberapa ayat selanjutnya.
Kemudian Al-Bazzar mengatakan, "Kami tidak mengetahui hadis ini diriwayatkan
secara muttasil kecuali melalui sanad ini. Orang yang menjadikannya
berpredikat muttasil hanyalah Umayyah ibnu Khalid sendiri. Dia orangnya
siqah lagi terkenal, dan sesungguhnya dia meriwayatkan hadis ini hanya
melalui jalur Al-Kalbi, dari Abu Saleh, dari Ibnu Abbas.
Kemudian Ibnu Abu Hatim meriwayatkannya melalui Abul Aliyah dari As-Saddi
secara mursal. Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ibnu Jarir melalui
Muhammad ibnu Ka'b Al-Qurazi dan Muhammad ibnu Qais secara mursal
pula."
Qatadah mengatakan bahwa dahulu Nabi Saw. salat di dekat maqam Ibrahim, lalu
beliau mengantuk dan setan memasukkan godaan pada lisannya, sehingga beliau
mengatakan, "Sesungguhnya bintang-bintang itu benar-benar syafaat
(pertolongan)nya dapat diharapkan, dan sesungguhnya bintang-bintang itu bersama
dengan bintang-bintang lainnya di langit yang tertinggi." Lalu orang-orang
musyrik menghafal kalimat itu dan setan berperan dengan menyebarkannya, bahwa
Nabi Saw. telah membaca ayat surat An-Najm itu. Sehingga tersebarlah berita itu
di kalangan orang-orang musyrik dan menjadi buah bibir mereka. Lalu Allah Swt.
menurunkan firman-Nya: Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang rasul pun
dan tidak (pula) seorang nabi. (Al-Hajj: 52), hingga akhir ayat Maka
Allah menjadikan setan itu terhina melalui ayat ini.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Musa ibnu Abu Musa
Al-Kufi, telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ishaq Asy-Syaibi, telah
menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Falih, dari Musa ibnu Uqbah, dari Ibnu
Syihab yang mengatakan bahwa sebelum surat An-Najm diturunkan, orang-orang
musyrik berkata, "Seandainya lelaki ini (maksudnya Nabi Saw.) menyebut nama
tuhan-tuhan kami dengan sebutan yang baik, tentulah kami akan mengakui dia dan
sahabat-sahabatnya. Tetapi dia tidak pernah menyebut orang-orang yang berbeda
agama dengannya dari kalangan orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani dengan
sebutan yang ditujukan kepada tuhan-tuhan kami. Apa yang ia sebutkan tentang
tuhan-tuhan kami tiada lain hanyalah caci maki dan keburukan."
Pada waktu yang sama Rasulullah Saw. dan para sahabatnya mengalami masa
kritis akibat gangguan dan tekanan serta pendustaan mereka. Beliau merasa
bersedih hati dengan kesesatan mereka, dan beliau mengharapkan agar mereka
mendapat petunjuk. Ketika Allah Swt. menurunkan surat An-Najm, yang antara lain
disebutkan di dalamnya firman Allah Swt.: Maka apakah patut kalian (hai
orang-orang musyrik) menganggap Lata dan 'Uzza dan manah yang ketiga, yang
paling terakhir (sebagai anak perempuan Allah)? Apakah (patut)
untuk kalian (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan?
(An-Najm: 19-21) Maka saat itu setan menyusupkan kalimat-kalimat yang
menyebut tentang berhala-berhala sesembahan mereka saat Nabi Saw. menyebutkan
nama Allah. Nabi Saw. bersabda, "Sesungguhnya mereka (berhala-berhala) itu
memiliki garaniq (bintang-bintang) yang ada di langit yang tinggi, dan
sesungguhnya syafaat (pertolongan) mereka benar-benar dapat diharapkan."
Padahal kalimat tersebut bersumber dari godaan setan dan bisikannya, sehingga
kedua kalimat tersebut menarik simpati setiap orang musyrik di Mekah. Lalu
kalimat tersebut menjadi buah bibir mereka, dan mereka meyambutnya dengan
gembira seraya mengatakan.”Sesungguhnya Muhammad telah kembali kepada agamanya
yang semula, yaitu agama kaumnya."
Setelah bacaan Rasulullah Saw. sampai di akhir surat An-Najm, maka beliau
sujud, lalu sujud pula semua orang yang ada bersamanya dari kalangan orang
muslim atau orang musyrik. Hanya Al-Walid ibnul Mugirah —karena tubuhnya yang
sangat besar— tidak dapat melakukannya; ia hanya mengambil segenggam pasir,
lalu menaruhnya pada keningnya.
Kedua golongan (dari kalangan kaum muslim dan kaum musyrik) masing-masing
merasa heran dengan sujud yang dilakukan golongannya yang mengikuti sujud
Rasulullah Saw. Sedangkan kaum muslim merasa heran karena melihat orang-orang
musyrik ikut sujud bersama mereka tanpa iman dan keyakinan. Kaum muslim saat itu
tidak mendengar apa yang dimasukkan oleh setan ke dalam pendengaran kaum musyrik
yang membuat kaum musyrik merasa tenang dengannya. Setan telah membisikkan pada
pendengaran mereka melalui sabda Rasulullah Saw. yang membicarakan hal tersebut
kepada mereka, bahwa Rasulullah Saw. telah menyebut-nyebut nama tuhan-tuhan
mereka di dalam Al-Qur'annya, maka mereka bersujud mengagungkan tuhan-tuhan
mereka.
Kalimat tersebut tersiar di kalangan kaum musyrik dan dibantu ketenarannya
oleh peran setan, sehingga berita tersebut sampai ke tanah Abesenia dan kaum
muslim yang berhijrah di sana, yaitu Usman ibnu Maz'un dan kawan-kawannya.
Akhirnya kaum muslim di negeri Abesenia memperbincangkan bahwa penduduk Mekah
telah masuk Islam semuanya, dan mereka mau salat bersama Rasulullah Saw. Telah
sampai pula kepada mereka berita tentang sujud yang dilakukan oleh Al-Walid
ibnul Mugirah pada pasir yang diambil oleh tangannya. Tersiarlah pula di
kalangan mereka suatu berita yang mengatakan bahwa kaum muslim di Mekah telah
aman, karena itulah maka mereka segera kembali ke Mekah.
Akan tetapi, Allah telah menghapuskan apa yang dimasukkan oleh setan, dan
Allah menguatkan ayat-ayat-Nya serta memeliharanya dari kedustaan orang-orang
musyrik. Allah Swt. berfirman: Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang
rasul pun dan tidak (pula) seorang nabi, melainkan apabila ia mempunyai
sesuatu keinginan, setan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu,
lalu Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh setan itu, dan Allah
menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana, agar Dia
menjadikan apa yang dimasukkan oleh setan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang
yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang kasar hatinya. Dan sesungguhnya
orang-orang yang zalim itu benar-benar dalam permusuhan yang sangat.
(Al-Hajj: 52-53)
Setelah Allah menjelaskan Ketetapan-Nya dan membersihkan diri-Nya dari
hasutan setan, maka orang-orang musyrik kembali kepada kesesatan mereka dan
memusuhi kaum muslim serta bersikap keras terhadap kaum muslim.
Hadis ini pun berpredikat mursal.
Di dalam tafsir Ibnu Jarir disebutkan sebuah riwayat dari Az-Zuhri, dari Abu
Bakar ibnu Abdur Rahman ibnul Haris ibnu Hisyam dengan konteks yang semisal.
Al-Hafiz Abu Bakar Al-Baihaqi di dalam kitabnya yang berjudul Dalailun
Nubuwwah telah meriwayatkannya, tetapi hanya sampai pada Musa ibnu Uqbah,
yang hal ini ia kemukakan dalam kitab Magazi-nya dengan lafaz yang
semisal. Al-Baihaqi mengatakan, "Kami telah meriwayatkan pula kisah ini melalui
Abu Ishaq."
Menurut saya, kisah ini telah disebutkan oleh Muhammad ibnu Ishaq di dalam
kitab Sirah-nya dengan kalimat-kalimat yang semisal, semuanya berpredikat
mursal dan munqati'. Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.
Al-Bagawi di dalam kitab tafsirnya telah menyebutkannya di dalam kumpulan
dari perkataan Ibnu Abbas dan Muhammad ibnu Ka'b Al-Qurazi serta lain-lainnya
dengan lafaz yang semisal. Kemudian dalam pembahasan ini ia mengajukan suatu
pertanyaan yang mengatakan, "Mengapa hal seperti ini terjadi, padahal Rasulullah
Saw. telah dijamin oleh Allah terpelihara dari segala kesalahan?" Selanjutnya
Al-Bagawi mengemukakan beberapa jawaban yang ia petik dari pendapat orang-orang
lain. Di antaranya dan yang paling terbaik ialah bahwa setan membisikkan kalimat
tersebut ke dalam pendengaran kaum musyrik, sehingga mereka menduga bahwa
kalimat-kalimat tersebut bersumber dari Rasulullah Saw. Padahal kenyataannya
tidaklah demikian, melainkan dari ulah setan dan perbuatannya bukan dari
Rasulullah Saw. Hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.
Demikianlah berbagai macam jawaban dari mereka yang mengemukakan pendapatnya
sehubungan dengan masalah ini, dengan anggapan bahwa hadis ini memang sahih.
.
Al-Qadi Iyad rahimahullah menyinggung masalah ini dalam kitab
Asy-Syifa-nya dan mengemukakan jawabannya yang mengatakan bahwa memang
keadaan hadis ini sahih mengingat telah terbukti kesahihannya.
//Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani
mempunyai risalah khusus yang membahas tentang palsunya kisah Al-Gharaniq ini,
dalam kitabnya: Nasbul Mazaniq li Abatil Qishash Al Gharaniq. Ebook
editor//
*******************
Firman Allah Swt.:
{إِلا
إِذَا تَمَنَّى أَلْقَى الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ}
melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, setan pun memasukkan
godaan-godaan terhadap keinginan itu. (Al-Hajj: 52)
Melalui ayat ini Allah Swt. menghibur hati Rasul-Nya. Dengan kata lain, dapat
disebutkan bahwa janganlah hatimu gundah karenanya, sesungguhnya hal semisal itu
pernah dialami oleh para rasul sebelummu dan juga oleh para nabi.
Imam Bukhari mengatakan bahwa Ibnu Abbas telah mengatakan sehubungan dengan
makna firman-Nya: terhadap keinginan itu. (Al-Hajj: 52) Apabila ia
berbicara, setan memasukkan godaannya ke dalam pembicaraannya, lalu Allah
menghilangkan apa yang dimasukkan oleh setan itu. dan Allah menguatkan
ayat-ayat-Nya. (Al-Hajj: 52)
Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan
makna firman-Nya: melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, setan pun
memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu. (Al-Hajj: 52) Yakni apabila
Nabi Saw. berbicara, maka setan memasukkan godaan-godaan ke dalam
pembicaraannya.
Mujahid mengatakan, makna iza-tamanna ialah apabila berbicara.
Menurut pendapat yang lain, makna umniyah ialah bacaannya, seperti
pengertian yang terdapat di dalam firman-Nya:
{إِلا
أَمَانِيَّ}
kecuali dongengan-dongengan bohong belaka. (Al-Baqarah: 78)
Yaitu bisa berucap, tetapi tidak bisa membaca dan menulis.
Al-Bagawi mengatakan bahwa kebanyakan ulama tafsir mengatakan tentang makna
tamanna, bahwa artinya membaca Kitabullah.
{أَلْقَى
الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ}
setan pun memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan itu. (Al-Hajj:
52)
Yang dimaksud dengan umniyatihi ialah bacaannya.
Seorang penyair telah mengatakan sehubungan dengan terbunuhnya Khalifah
Usman:
تَمَنّى
كتَابَ اللَّهِ أَوَّلَ لَيْلة ... وآخرَها لاقَى
حمَامَ المَقَادرِ
Ia membaca Kitabullah di permulaan
malam harinya, sedangkan di akhir malamnya ia menjumpai takdir bagi
ajalnya.
Ad-Dahhak mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya, "Iza-tamanna"
artinya apabila membaca.
Ibnu Jarir mengatakan bahwa pendapat ini lebih mirip dengan pengertian
takwil.
*******************
Firman Allah Swt.:
{فَيَنْسَخُ
اللَّهُ مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ}
Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh setan itu. (Al-Hajj:
52)
Menurut pengertian hakiki dari lafaz an-naskh ialah menghilangkan dan
menghapuskan.
Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Allah
menghapuskan apa yang dimasukkan oleh setan itu.
Ad-Dahhak mengatakan bahwa Jibril menghilangkan apa yang dimasukkan oleh
setan itu dengan seizin Allah, dan Allah menguatkan ayat-ayat-Nya.
Firman Allah Swt.:
{وَاللَّهُ
عَلِيمٌ حَكِيمٌ}
Dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana. (Al-Hajj: 52)
Artinya, Allah Maha Mengetahui segala urusan dan kejadian, tiada sesuatu pun
yang tersembunyi bagi-Nya. Dan Allah Mahabijaksana dalam menentukan
keputusan-Nya, menciptakan makhluk-Nya, dan perintahNya kepada makhluk-Nya. Di
balik semua itu terkandung hikmah yang sempurna dan hujah yang jelas, karena
itulah Allah Swt. berfirman:
{لِيَجْعَلَ
مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ فِتْنَةً لِلَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ
مَرَضٌ}
agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh setan itu sebagai cobaan bagi
orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit. (Al-Hajj: 53)
Yang dimaksud dengan penyakit ialah keraguan, kemusyrikan, kekufuran, dan
kemunafikan, seperti sikap orang-orang musyrik yang gembira saat mendengar hal
tersebut (penyebutan tuhan-tuhan mereka dalam Al-Qur'an). Mereka menduga bahwa
apa yang mereka dengar itu benar dari sisi Allah, padahal kenyataannya adalah
dari setan yang menyelewengkannya pada pendengaran mereka.
Ibnu Juraij mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: bagi
orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit. (Al-Hajj: 53) Mereka adalah
orang-orang munafik. Sedangkan yang disebutkan oleh firman-Nya berikut ini:
dan yang hatinya kasar. (Al-Hajj: 53) Mereka adalah orang-orang musyrik.
Muqatil ibnu Hayyan mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang Yahudi.
*******************
{وَإِنَّ
الظَّالِمِينَ لَفِي شِقَاقٍ بَعِيدٍ}
Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu benar-benar dalam permusuhan
yang sangat. (Al-Hajj: 53)
Yakni dalam kesesatan dan pertentangan serta keingkaran. Sedangkan yang
dimaksud oleh firman-Nya, "Ba’id, " artinya jauh dari perkara yang hak
dan nilai-nilai kebenaran.
{وَلِيَعْلَمَ
الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَيُؤْمِنُوا
بِهِ}
dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu meyakini bahwa Al-Qur'an
itulah yang hak dari Tuhanmu, lalu mereka beriman kepadanya. (Al-Hajj:
54)
Yaitu agar orang-orang yang telah diberi ilmu yang bermanfaat yang dengan
ilmunya itu mereka dapat membedakan antara perkara yang hak dengan perkara yang
batil, juga orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-nya. Mereka semuanya
mengetahui bahwa apa yang Kami wahyukan kepadamu adalah benar dari sisi Tuhanmu.
Dialah yang menurunkannya dengan sepengetahuan-Nya, Dia pula yang memelihara dan
menjaganya agar tidak bercampur dengan yang lain, bahkan Al-Qur'an itu adalah
Kitab yang mulia.
{لَا
يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَلا مِنْ خَلْفِهِ تَنزيلٌ مِنْ
حَكِيمٍ حَمِيدٍ}
Yang tidak datang kepadanya (Al-Qur'an) kebatilan, baik dari depan
maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Mahabijaksana lagi Maha
Terpuji. (Fushshilat: 42)
Adapun firman Allah Swt.:
{فَيُؤْمِنُوا
بِهِ}
lalu mereka beriman kepadanya. (Al-Hajj: 54)
Maksudnya, membenarkan dan mengikutinya.
{فَتُخْبِتَ
لَهُ قُلُوبُهُمْ}
dan tunduk hati mereka kepadanya. (Al-Hajj: 54)
Yaitu tunduk dan patuh hati mereka kepadanya.
{وَإِنَّ
اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ آمَنُوا إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ}
dan sesungguhnya Allah adalah Pemberi petunjuk bagi orang-orang yang
beriman kepada jalan yang lurus. (Al-Hajj: 54)
Yakni memberi petunjuk kepada mereka di dunia dan di akhirat. Di dunia mereka
mendapat petunjuk ke jalan yang'hak dan mengikutinya, serta memberi mereka
kemampuan menjauhi kebatilan dan menentangnya. Sedangkan di akhirat Allah
memberi mereka petunjuk menempuhsirdtal mustaalm yang menghantarkan
mereka menaiki tangga-tangga surga dan menjauhkan mereka dari azab yang pedih
dan jatuh ke dasar neraka.