Tafsir Surat Al-Qashash, ayat 56-57
{إِنَّكَ
لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ
أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ (56) وَقَالُوا إِنْ نَتَّبِعِ الْهُدَى مَعَكَ
نُتَخَطَّفْ مِنْ أَرْضِنَا أَوَلَمْ نُمَكِّنْ لَهُمْ حَرَمًا آمِنًا يُجْبَى
إِلَيْهِ ثَمَرَاتُ كُلِّ شَيْءٍ رِزْقًا مِنْ لَدُنَّا وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لا
يَعْلَمُونَ (57) }
Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi
petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada
orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau
menerima petunjuk. Dan mereka berkata, "Jika kami mengikuti petunjuk bersama
kamu, niscaya kami akan diusir dari negeri kami.” Dan apakah kami tidak
meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram (tanah suci) yang aman, yang didatangkan ke tempat itu
buah-buahan dari segala macam (tumbuh-tumbuhan) untuk menjadi rezeki
(bagimu) dari sisi Kami? Tetapi kebanyakan mereka tidak
mengetahui.
Allah Swt. berfirman kepada Rasul-Nya, bahwa sesungguhnya kamu, hai
Muhammad:
{إِنَّكَ
لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ}
tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi.
(Al-Qashash: 56)
Yakni masalah petunjuk bukanlah merupakan urusan kamu. Sesungguhnya tugasmu
hanyalah menyampaikan, sedangkan Allah-lah yang akan memberi petunjuk kepada
siapa yang dikehendaki-Nya. Bagi-Nya hikmah yang tak terperikan dan hujah yang
mengalahkan, sebagaimana yang disebutkan di dalam ayat lain melalui
firman-Nya:
{لَيْسَ
عَلَيْكَ هُدَاهُمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ}
Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi
Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufik) siapa yang
dikehendaki-Nya. (Al-Baqarah: 272)
Dan firman Allah Swt.:
{وَمَا
أَكْثَرُ النَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِينَ}
Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kamu sangat
menginginkannya. (Yusuf: 103)
Tetapi ayat dalam surat Al-Qashash ini lebih khusus daripada ayat lainnya
yang semakna, karena sesungguhnya disebutkan di dalamnya:
{إِنَّكَ
لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ
أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ}
Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu
kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan
Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk. (Al-Qashash:
56)
Artinya, Dia lebih mengetahui siapa yang berhak mendapat hidayah dan siapa
yang berhak mendapat kesesatan.
Di dalam kitab Sahihain telah disebutkan bahwa ayat ini diturunkan
berkenaan dengan Abu Talib, paman Rasulullah Saw. Padahal Abu Talib adalah orang
yang melindunginya, membantunya dan berdiri di pihaknya, serta mencintainya
dengan kecintaan yang sangat secara naluri, bukan secara syar'i. Tatkala ajal
menjelang dan sudah tiba saat ajalnya, Rasulullah Saw. menyerunya untuk beriman
dan masuk Islam. Tetapi takdir telah mendahuluinya dan nyawanya telah meregang,
sedangkan ia masih tetap berada di dalam kekafirannya. Hanya bagi Allah-lah
hikmah yang sempurna.
قَالَ
الزُّهْرِيُّ: حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ المسَيَّب، عَنْ أَبِيهِ -وَهُوَ
الْمُسَيَّبُ بْنُ حَزْن الْمَخْزُومِيُّ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -قَالَ: لَمَّا
حَضَرَتْ أَبَا طَالِبٍ الْوَفَاةُ جَاءَهُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَوَجَدَ عِنْدَهُ أَبَا جَهْلِ بْنَ هِشَامٍ، وَعَبْدَ
اللَّهِ بْنَ أَبِي أُمَيَّةَ بْنِ الْمُغِيرَةِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَا عَمِّ، قُلْ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ،
كَلِمَةٌ أَشْهَدُ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللَّهِ". فَقَالَ أَبُو جَهْلٍ وَعَبْدُ
اللَّهِ بْنُ أَبِي أُمَيَّةَ: يَا أَبَا طَالِبٍ، أَتَرْغَبُ عَنْ مِلَّةِ عَبْدِ
الْمُطَّلِبِ؟ فَلَمْ يَزَلْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَعْرِضُهَا عَلَيْهِ، وَيَعُودَانِ لَهُ بِتِلْكَ الْمَقَالَةِ، حَتَّى قَالَ
آخَرَ مَا قَالَ: هُوَ عَلَى مِلَّةِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ. وَأَبَى أَنْ يَقُولَ:
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: "أَمَا لَأَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ مَا لَمْ أُنْهَ عَنْكَ". فَأَنْزَلَ
اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ
يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى} [التوبة: 113] ،
بوأنزل فِي أَبِي طَالِبٍ: {إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ
يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ}
Az-Zuhri mengatakan, telah menceritakan kepadaku Sa'id ibnul Musayyab, dari
ayahnya Al-Musayyab ibnu Hazn Al-Makhzumi r.a. yang menceritakan bahwa ketika
Abu Talib menjelang ajalnya, Rasulullah Saw. datang. Beliau Saw. menjumpai Abu
Jahal ibnu Hisyam dan Abdullah ibnu Abu Umayyah ibnul Mugirah ada di sisi Abu
Talib. Maka Rasulullah Saw. bersabda: Wahai paman(ku), ucapkanlah, "Tidak ada
Tuhan selain Allah, " yaitu suatu kalimat yang dengannya kelak aku akan
membelamu di hadapan Allah! Maka Abu Jahal dan Abdullah ibnu Abu Umayyah
berkata, "Hai Abu Talib, apakah kamu tidak suka dengan agama Abdul Muttalib?"
Rasulullah Saw. terus-menerus menawarkan hal itu kepada Abu Talib, tetapi
keduanya selalu menentangnya dengan kalimat itu terhadap Abu Talib. Sehingga di
akhir kalimat yang diucapkan Abu Talib menyatakan bahwa dirinya tetap berada
pada agama Abdul Muttalib, dan menolak untuk mengucapkan kalimat "Tidak ada
Tuhan selain Allah." Maka Rasulullah Saw. bersabda: Demi Allah, sungguh aku
akan memohonkan ampun buatmu (kepada Allah) selama aku tidak dilarang
memohonkannya buatmu. Maka Allah menurunkan firman-Nya: Tiadalah
sepatutnya bagi nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada
Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum
kerabat(nya). (At-Taubah:113) Dan sehubungan dengan Abu Talib itu Allah Swt.
menurunkan firman-Nya: Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk
kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang
dikehendaki-Nya. (Al-Qashash: 56)
Imam Bukhari dan Imam Muslim mengetengahkannya melalui hadis Az-Zuhri.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Muslim di dalam kitab sahihnya dan
Imam Turmuzi:
مِنْ
حَدِيثِ يَزِيدُ بْنُ كَيْسَان، عَنْ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ:
لَمَّا حَضَرَتْ وفاةُ أَبِي طَالِبٍ أَتَاهُ رسولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: "يَا عَمَّاهُ، قُلْ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ،
أَشْهَدُ لَكَ بِهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ". فَقَالَ: لَوْلَا أَنْ تُعَيّرني بِهَا
قُرَيْشٌ، يَقُولُونَ: مَا حَمَلَهُ عَلَيْهِ إِلَّا جَزَع الْمَوْتِ، لأقرَرْتُ
بِهَا عينَك، لَا أَقُولُهَا إِلَّا لأقرَّ بِهَا عَيْنَكَ. فَأَنْزَلَ اللَّهُ:
{إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ
وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ}
melalui hadis Yazid ibnu Kaisan, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah yang
mengatakan bahwa ketika Abu Talib menjelang ajalnya, Rasulullah Saw. datang
kepadanya, lalu bersabda: Wahai paman(ku), ucapkanlah, "Tidak ada Tuhan
selain Allah," maka aku akan membelamu dengannya kelak di hari kiamat. Abu
Talib menjawab (dengan bahasa diplomasi), "Seandainya aku tidak merasa khawatir
nanti akan dicela oleh orang-orang Quraisy karena kalimat tersebut, yang akan
ditanggapi oleh mereka, bahwa tiada yang mendorongku mengatakannya melainkan
karena takut mati, tentulah aku akan membuat hatimu senang, padahal aku tidak
mengatakannya melainkan hanyalah untuk membuat hatimu senang." Maka Allah Swt.
menurunkan firman-Nya: Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk
kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang
dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima
petunjuk. (Al-Qashash: 56)
Imam Turmuzi menilai hadis ini hasan garib, bahwa ia tidak mengenalnya
melainkan hanya melalui hadis Yazid ibnu Kaisan. Imam Ahmad meriwayatkannya
melalui Yahya ibnu Sa'id Al-Qattan, dari Yazid ibnu Kaisan, bahwa telah
menceritakan kepadanya Abu Hazim, dari Abu Hurairah, lalu disebutkan hadis yang
semisal.
Hal yang sama dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Mujahid, Asy-Sya'bi, dan
Qatadah, bahwa ayat ini diturunkan berkenaan dengan Abu Talib ketika Rasulullah
Saw. menawarkan kepadanya untuk mengucapkan kalimah "Tidak ada Tuhan selain
Allah." Abu Talib menolaknya dan mengatakan, "Wahai keponakanku, saya tetap
berada pada agama orang-orang tua," dan perkataan terakhir yang diucapkan Abu
Talib ialah bahwa dirinya berada pada agama Abdul Muttalib.
قَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ خُثَيْم ،
عن سعيد بن أَبِي رَاشِدٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ قَيْصَرَ جَاءَ إليَّ قَالَ: كَتَبَ
مَعِي قَيْصَرُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابًا،
فَأَتَيْتُهُ فَدَفَعْتُ الْكِتَابَ، فَوَضَعَهُ فِي حِجْرِهِ، ثُمَّ
قَالَ:"مِمَّنْ الرَّجُلُ؟ " قُلْتُ: مِنْ تَنُوخَ. قَالَ: "هَلْ لَكَ فِي دِينِ
أَبِيكَ إِبْرَاهِيمَ الْحَنِيفِيَّةِ؟ " قُلْتُ: إِنِّي رَسُولُ قَوْمٍ، وَعَلَى
دِينِهِمْ حَتَّى أَرْجِعَ إِلَيْهِمْ. فَضَحِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَظَرَ إِلَى أَصْحَابِهِ وَقَالَ: {إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ
أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ}
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Abu Salamah, telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu
Salamah, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Usman ibnu Khaisam, dari
Sa'id ibnu Abu Rasyid yang mengatakan, "Utusan Kaisar Romawi datang kepadaku,
lalu mengatakan, 'Kaisar telah menulis sepucuk surat untuk Rasulullah Saw.
melaluiku.' Maka aku datang menghadap kepada Rasulullah Saw. dan kuserahkan
surat itu kepadanya, lalu beliau meletakkannya di pangkuannya. Kemudian beliau
bertanya, 'Dari manakah lelaki itu?' Aku menjawab, 'Dari kabilah Tanukh
(kabilah Arab yang berpihak kepada Romawi).' Beliau bertanya, 'Apakah kamu
memeluk agama bapak moyangmu Nabi Ibrahim yang hanif?' Aku menjawab,
'Sesungguhnya aku adalah utusan suatu kaum dan aku memeluk agama mereka, hingga
aku kembali kepada mereka.' Maka Rasulullah Saw. berseri dan memandang kepada
para sahabatnya seraya bersabda: 'Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi
petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada
orang yang dikehendaki-Nya.' (Al-Qashash: 56)."
Firman Allah Swt.:
{وَقَالُوا
إِنْ نَتَّبِعِ الْهُدَى مَعَكَ نُتَخَطَّفْ مِنْ أَرْضِنَا}
Dan mereka berkata, "Jika kami mengikuti
petunjuk bersama kamu, niscaya kami akan diusir dari negeri kami."
(Al-Qashash: 57)
Allah Swt. menceritakan alasan sebagian orang-orang kafir yang tidak mau
mengikuti jalan petunjuk. Mereka berkata kepada Rasulullah Saw, seperti yang
disitir oleh firman-Nya: Jika kami mengikuti petunjuk bersama kamu, niscaya
kami diusir dari negeri kami. (Al-Qashash: 57) Yakni kami takut jika
mengikuti petunjuk yang kamu sampaikan dan menentang orang-orang Arab musyrik
yang ada di sekitar kami, maka mereka akan mengganggu kami, memerangi kami, dan
mengusir kami dari tempat kami berada.
Allah Swt. menjawab ucapan mereka melalui firman-Nya:
{أَوَلَمْ
نُمَكِّنْ لَهُمْ حَرَمًا آمِنًا}
Dan apakah Kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram
(tanah suci) yang aman. (Al-Qashash: 57)
Dengan kata lain, apa yang mereka kemukakan sebagai alasannya adalah dusta
dan tidak benar sama sekali; karena sesungguhnya Allah menempatkan mereka di
negeri yang aman dan tanah suci yang besar, yang sejak pertama kali telah aman.
Maka bagaimanakah tanah suci ini menjadi tanah yang aman bagi mereka, padahal
mereka kafir dan syirik, sedangkan bagi kaum yang beriman dan mengikuti jalan
yang benar menjadi kota yang tidak aman bagi mereka?
Firman Allah Swt.:
{يُجْبَى
إِلَيْهِ ثَمَرَاتُ كُلِّ شَيْءٍ}
yang didatangkan ke tempat itu buah-buahan
dari segala macam (tumbuh-tumbuhan).
(Al-Qashash: 57)
Yaitu semua buah-buahan yang beraneka ragam dari daerah sekitarnya, seperti
dari Taif, juga dari tempat-tempat lainnya, begitu pula barang dagangan dan
keperluan lainnya.
{وَلَكِنَّ
أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ}
untuk menjadi rezeki (bagimu) dari sisi Kami? Tetapi kebanyakan
mereka tidak mengetahui. (Al-Qashash: 57)
Karena itulah mereka mengatakan perkataan tersebut.
Imam Nasai mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Muhammad,
telah menceritakan kepada kami Al-Hajjaj, dari Ibnu Juraij, bahwa telah
menceritakan kepadaku Ibnu Abu Mulaikah yang mengatakan bahwa Amr ibnu Syu'aib
pernah meriwayatkan dari Ibnu Abbas —tetapi ia tidak mendengarnya langsung dari
Ibnu Abbas— bahwa Al-Haris ibnu Amir ibnu Naufal adalah orang yang mengatakan
apa yang disitir oleh firman-Nya: Jika kami mengikuti petunjuk bersama kamu,
niscaya kami akan diusir dari negeri kami. (Al-Qashash: 57)