Tafsir Surat Asy-Syu'ara', ayat 200-209
{كَذَلِكَ
سَلَكْنَاهُ فِي قُلُوبِ الْمُجْرِمِينَ (200) لَا يُؤْمِنُونَ بِهِ حَتَّى يَرَوْا
الْعَذَابَ الألِيمَ (201) فَيَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ (202)
فَيَقُولُوا هَلْ نَحْنُ مُنْظَرُونَ (203) أَفَبِعَذَابِنَا يَسْتَعْجِلُونَ (204)
أَفَرَأَيْتَ إِنْ مَتَّعْنَاهُمْ سِنِينَ (205) ثُمَّ جَاءَهُمْ مَا كَانُوا
يُوعَدُونَ (206) مَا أَغْنَى عَنْهُمْ مَا كَانُوا يُمَتَّعُونَ (207) وَمَا
أَهْلَكْنَا مِنْ قَرْيَةٍ إِلا لَهَا مُنْذِرُونَ (208) ذِكْرَى وَمَا كُنَّا
ظَالِمِينَ (209) }
Demikianlah Kami masukkan Al-Qur’an ke dalam hati orang-orang yang
durhaka. Mereka tidak beriman kepada-Nya, hingga mereka melihat azab yang pedih.
Maka datanglah azab kepada mereka dengan mendadak, sedangkan mereka tidak
menyadarinya, lalu mereka berkata, "Apakah kami dapat diberi tangguh?” Maka
apakah mereka meminta supaya disegerakan azab Kami? Maka bagaimana pendapatmu
jika Kami berikan kepada mereka kenikmatan hidup bertahun-tahun. Kemudian datang
kepada mereka azab yang telah diancamkan kepada mereka, niscaya tidak berguna
bagi mereka apa yang mereka selalu menikmatinya. Dan Kami tidak membinasakan
sesuatu negeri pun, melainkan sesudah ada baginya orang-orang yang memberi
peringatan; untuk menjadi peringatan. Dan Kami sekali-kali tidak berlaku
zalim.
Allah Swt. berfirman, bahwa demikian pula Kami sisipkan perasaan dusta,
kekafiran, keingkaran dan pembangkangan (terhadap perkara hak). Yakni Kami
masukkan hal tersebut ke dalam hati orang-orang yang berdosa (durhaka).
{لَا
يُؤْمِنُونَ بِهِ}
Mereka tidak beriman kepadanya. (Asy-Syu'ara': 201)
Maksudnya, tidak beriman kepada perkara yang hak.
{حَتَّى
يَرَوُا الْعَذَابَ الألِيمَ}
hingga mereka melihat azab yang pedih. (Asy-Syu'ara': 201)
Yaitu di hari yang tiada bermanfaat bagi orang-orang yang zalim alasan
mereka, dan bagi mereka laknat dan tempat tinggal yang paling buruk
(neraka).
{فَيَأْتِيَهُمْ
بَغْتَةً}
maka datanglah azab kepada mereka dengan mendadak. (Asy-Syu'ara':
202)
Artinya, azab Allah menimpa mereka dengan sekonyong-konyong.
{وَهُمْ
لَا يَشْعُرُونَ. فَيَقُولُوا هَلْ نَحْنُ مُنْظَرُونَ}
sedang mereka tidak menyadarinya, lalu mereka berkata, "Apakah kami dapat
diberi tangguh?" (Asy-Syu'ara': 202-203)
Yakni ketika mereka menyaksikan datangnya azab, mereka berharap seandainya
saja mereka diberi masa tangguh barang sedikit waktu agar dapat mengerjakan
ketaatan kepada Allah menurut dugaan mereka. Seperti pengertian yang terdapat di
dalam ayat yang lain:
{وَأَنْذِرِ
النَّاسَ يَوْمَ يَأْتِيهِمُ الْعَذَابُ}
Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada
waktu itu) datang azab kepada mereka. (Ibrahim: 44)
sampai dengan firman-Nya:
مَا
لَكُمْ مِنْ زَوَالٍ
bahwa sekali-kali kalian tidak akan binasa. (Ibrahim: 44)
Semua orang zalim, orang durhaka, dan orang kafir bila menyaksikan hukuman
yang menimpanya merasakan penyesalan yang berat. Seperti yang disebutkan dalam
kisah Fir'aun ketika Nabi Musa a.s. berdoa untuk kebinasaannya, yang disitir
oleh firman-Nya:
{رَبَّنَا
إِنَّكَ آتَيْتَ فِرْعَوْنَ وَمَلأهُ زِينَةً وَأَمْوَالا فِي الْحَيَاةِ
الدُّنْيَا}
Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau telah memberi kepada Fir’aun dan
pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia.
(Yunus: 88)
sampai dengan firman-Nya:
قَدْ
أُجِيبَتْ دَعْوَتُكُمَا
Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua. (Yunus:
89)
Doa tersebut berpengaruh terhadap diri Fir'aun. Akhirnya ia tidak beriman
hingga melihat azab yang pedih, seperti yang disebutkan oleh firman-Nya:
{حَتَّى
إِذَا أَدْرَكَهُ الْغَرَقُ قَالَ آمَنْتُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلا الَّذِي آمَنَتْ
بِهِ بَنُو إِسْرَائِيلَ}
hingga bila Fir’aun itu telah hampir tenggelam, berkatalah, dia, "Saya
percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil.”
(Yunus: 90)
sampai dengan firman-Nya:
وَكُنْتَ
مِنَ الْمُفْسِدِينَ
dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan. (Yunus: 91)
Dan firman Allah Swt.:
{فَلَمَّا
رَأَوْا بَأْسَنَا قَالُوا آمَنَّا بِاللَّهِ}
Maka tatkala mereka melihat azab Kami, mereka berkata, "Kami beriman hanya
kepada Allah saja.” (Al-Mu-min: 84), hingga akhir surat.
****
Adapun firman Allah Swt.:
{أَفَبِعَذَابِنَا
يَسْتَعْجِلُونَ}
Maka apakah mereka meminta supaya disegerakan azab Kami?
(Asy-Syu'ara': 204)
Kalimat ayat ini mengandung pengertian ingkar dan kecaman terhadap mereka,
karena sesungguhnya mereka mengatakan kepada utusan Allah dengan nada
mendustakan dan tidak percaya, "Datangkanlah kepada kami azab Allah," seperti
yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya: Maka apakah mereka
meminta supaya siksa Kami disegerakan? (As-Saffat: 176)
Kemudian Allah Swt. berfirman:
{أَفَرَأَيْتَ
إِنْ مَتَّعْنَاهُمْ سِنِينَ * ثُمَّ جَاءَهُمْ مَا كَانُوا يُوعَدُونَ * مَا
أَغْنَى عَنْهُمْ مَا كَانُوا يُمَتَّعُونَ}
Maka bagaimana pendapatmu jika Kami berikan kepada mereka kenikmatan hidup
bertahun-tahun. Kemudian datang kepada mereka azab yang telah diancamkan kepada
mereka, niscaya tidak berguna bagi mereka apa yang mereka selalu menikmatinya.
(Asy-Syu'ara': 205-207)
Yakni seandainya Kami tangguhkan mereka dan Kami berikan kelonggaran waktu
kepada mereka berapa pun lamanya, kemudian datang kepada mereka perintah (azab)
Allah, maka tiada sesuatu pun yang selalu mereka nikmati akan bermanfaat bagi
mereka.
{كَأَنَّهُمْ
يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا}
Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan
tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore
atau pagi hari. (An-Nazi'at: 46)
Dan firman Allah Swt.:
{يَوَدُّ
أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ
الْعَذَابِ أَنْ يُعَمَّرَ}
Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur
panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya dari siksa. (Al-Baqarah:
96)
Dan firman Allah Swt.:
وَمَا
يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى}
Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.
(Al-Lail: 11)
Karena itu, disebutkan oleh firman-Nya dalam surat ini:
{مَا
أَغْنَى عَنْهُمْ مَا كَانُوا يُمَتَّعُونَ}
niscaya tidak berguna bagi mereka apa yang mereka selalu menikmatinya.
(Asy-Syu'ara': 207)
Di dalam hadis sahih disebutkan melalui sabda Rasulullah Saw.:
"يُؤْتَى
بِالْكَافِرِ فَيُغْمَسُ فِي النَّارِ غَمْسَةً ، ثُمَّ يُقَالُ لَهُ: هل
رأيت خَيْرًا
قَطُّ؟ هَلْ رَأَيْتَ نَعِيمًا قَطُّ؟ فَيَقُولُ: لَا [وَاللَّهِ يَا رَبِّ].
وَيُؤْتَى بِأَشَدِّ النَّاسِ بُؤْسًا كَانَ فِي الدُّنْيَا، فَيُصْبَغُ فِي
الْجَنَّةِ صَبْغَةً، ثُمَّ يُقَالُ لَهُ: هَلْ رَأَيْتَ بُؤْسًا قَطُّ؟ فَيَقُولُ:
لَا وَاللَّهِ يَا رَبِّ"
Didatangkan seorang kafir, lalu dicelupkan ke dalam neraka sekali celup,
kemudian dikatakan kepadanya, "Apakah kamu menjumpai sesuatu kebaikan? Dan
apakah kamu menjumpai suatu kenikmatan?” Maka ia menjawab, "Tidak, demi Allah,
ya Tuhanku.” Lalu didatangkan seorang manusia yang sangat sengsara ketika di
dunianya, lalu dimasukkan sebentar ke dalam surga, dan dikatakan kepadanya,
"Apakah kamu menjumpai suatu kesengsaraan pun?” Maka ia menjawab, "Tidak, demi
Allah, Ya Tuhanku.”
Yakni seakan-akan kesengsaraan yang pernah dialaminya itu tidak ada sama
sekali. Karena itulah maka Umar ibnul Khattab r.a. mengumpamakan pengertian ini
dengan bait syair yang mengatakan:
كأنَّك
لَمْ تُوتِر مِنَ الدّهْر لَيْلَةً ...
إِذَا أنْتَ أدْرَكْتَ الَّذِي كنتَ تَطْلُبُ ...
Seakan-akan kamu tidak pernah
mengalami suatu hari pun yang penuh dengan penderitaan, bila kamu dapat meraih
apa yang kamu dambakan.
****
Kemudian Allah Swt. berfirman, menceritakan keadilan-Nya pada makhlukNya,
bahwa Dia tidak sekali-kali membinasakan suatu umat melainkan sesudah memberikan
alasan kepada mereka, memberikan peringatan kepada mereka, mengutus
rasul-rasul-Nya kepada mereka, dan tegaknya hujah atas mereka. Karena itulah
disebutkan oleh firman-Nya:
{وَمَا
أَهْلَكْنَا مِنْ قَرْيَةٍ إِلا لَهَا مُنْذِرُونَ. ذِكْرَى وَمَا كُنَّا
ظَالِمِينَ}
Dan Kami tidak membinasakan sesuatu negeri pun, melainkan sesudah ada
baginya orang-orang yang memberi peringatan; untuk menjadi peringatan. Dan Kami
sekali-kali tidak berlaku zalim. (Asy-Syu'ara": 208-209)
Sama seperti pengertian yang terdapat di dalam firman-Nya:
{وَمَا
كُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّى نَبْعَثَ رَسُولا}
dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul
(Al-Isra': 15)
Dan firman Allah Swt.:
{وَمَا
كَانَ رَبُّكَ مُهْلِكَ الْقُرَى حَتَّى يَبْعَثَ فِي أُمِّهَا رَسُولا يَتْلُو
عَلَيْهِمْ آيَاتِنَا}
Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota sebelum Dia mengutus di
ibu kota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka.
(Al-Qasas: 59)
sampai dengan firman-Nya:
إِلا
وَأَهْلُهَا ظَالِمُونَ
kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman. (Al-Qasas:
59)