Tafsir Surat Saba, ayat 28-30
{وَمَا
أَرْسَلْنَاكَ إِلا كَافَّةً لِلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ
النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ (28) وَيَقُولُونَ مَتَى هَذَا الْوَعْدُ إِنْ كُنْتُمْ
صَادِقِينَ (29) قُلْ لَكُمْ مِيعَادُ يَوْمٍ لَا تَسْتَأْخِرُونَ عَنْهُ سَاعَةً
وَلا تَسْتَقْدِمُونَ (30) }
Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan
kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai
pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. Dan mereka
berkata, "Kapankah (datangnya) janji
itu, jika kamu adalah orang-orang yang benar?” Katakanlah, "Bagimu ada hari yang
telah dijanjikan (hari kiamat) yang tiada dapat kamu minta mundur darinya
barang sesaatpun dan tidak (pula) kamu dapat meminta supaya
diajukan.”
Allah Swt. berfirman kepada hamba dan Rasul-Nya, Muhammad Saw.:
{وَمَا
أَرْسَلْنَاكَ إِلا كَافَّةً لِلنَّاسِ}
Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya
sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. (Saba:
28)
Yakni kepada semua makhluk yang dikenai taklif, sebagaimana pengertian yang
disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{قُلْ
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا}
Katakanlah, "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kamu
sekalian." (Al-Araf: 158)
Dan firman Allah Swt.:
{تَبَارَكَ
الَّذِي نزلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ
نَذِيرًا}
Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan (Al-Qur'an) kepada
hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.
(Al-Furqan: 1)
************
Adapun firman Allah Swt.:
{بَشِيرًا
وَنَذِيرًا}
sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. (Saba:
28)
Artinya, kamu menyampaikan berita gembira masuk surga bagi orang-orang yang
taat kepadamu, dan kamu memberikan peringatan masuk neraka bagi orang-orang yang
durhaka kepadamu.
{وَلَكِنَّ
أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ}
tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Saba: 28)
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:
{وَمَا
أَكْثَرُ النَّاسِ وَلَوْ حَرَصْتَ بِمُؤْمِنِينَ}
Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun kamu sangat
menginginkannya. (Yusuf: 103)
Dan firman Allah Swt.:
{وَإِنْ
تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الأرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ}
Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini,
niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. (Al-An'am: 116)
Muhammad ibnu Ka'b telah mengatakan sehubungan dengan makna firman Allah
Swt.: Dan Kami tidak mengutusmu melainkan kepada umat manusia seluruhnya.
(Saba: 28) Yakni kepada segenap umat manusia.
Qatadah mengatakan sehubungan dengan makna ayat ini, bahwa Allah Swt.
mengutus Muhammad Saw. kepada bangsa Arab dan non-Arab, maka orang yang paling
mulia di antara mereka adalah yang paling bertakwa kepada Allah Swt. dan taat
kepada-Nya.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Abdullah
Az-Zarani, telah menceritakan kepada kami Hafs ibnu Umar Al-Adni, telah
menceritakan kepada kami Al-Hakam ibnu Aban, dari Ikrimah yang mengatakan bahwa
ia pernah mendengar sahabat Ibnu Abbas r.a. mengatakan bahwa sesungguhnya Allah
Swt. telah mengutamakan Muhammad Saw. di atas semua penduduk langit dan semua
para nabi. Murid-murid Ibnu Abbas bertanya, "Wahai Ibnu Abbas, apakah keutamaan
Nabi Muhammad Saw. atas semua para nabi?" Ibnu Abbas menjawab bahwa sesungguhnya
Allah Swt. telah berfirman: Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan
dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada
mereka. (Ibrahim: 4) Sedangkan sehubungan dengan Nabi Muhammad Saw. Allah
Swt. berfirman: Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia
seluruhnya. (Saba: 28) Maka Allah mengutusnya kepada umat manusia dan umat
jin.
Apa yang dikatakan oleh Ibnu Abbas ini mempunyai bukti yang menguatkannya
disebutkan di dalam kitab Sahihain yang di-marfu '-kan oleh
sahabat Jabir r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"أُعْطِيتُ
خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ مِنَ الْأَنْبِيَاءِ قَبْلِي: نُصِرْتُ
بِالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ. وَجُعِلَتْ لِيَ الْأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا،
فَأَيُّمَا رَجُلٌ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ فَلْيُصَلِّ. وَأُحِلَّتْ
لِيَ الْغَنَائِمُ، وَلَمْ تَحِلَّ لِأَحَدٍ قَبْلِي. وَأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ.
وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ، وَبُعِثْتُ إِلَى النَّاسِ
عَامَّةً".
Aku dianugerahi lima perkara yang belum pernah dianugerahkan kepada
seorang nabi pun sebelumku: Aku diberi pertolongan dengan rasa gentar yang
mencekam hati musuh sejauh perjalanan satu bulan; bumi ini dijadikan bagiku
sebagai masjid dan suci lagi menyucikan, maka barang siapa dari kalangan umatku
yang memasuki waktu salat hendaklah ia salat (di mana pun berada); dan
dihalalkan bagiku ganimah, padahal ganimah belum pernah dihalalkan kepada
seorang pun sebelumku; aku diberi izin untuk memberikan syafaat; dan dahulu
seorang nabi diutus khusus hanya kepada kaumnya, sedangkan aku diutus untuk
seluruh umat manusia.
Di dalam kitab sahih disebutkan pula bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda:
"بُعِثْتُ
إِلَى الْأَسْوَدِ وَالْأَحْمَرِ"
Aku diutus untuk kulit hitam dan kulit merah.
Menurut Mujahid, makna yang dimaksud ialah jin dan manusia seluruhnya. Selain
Mujahid mengatakan bahwa yang dimaksud ialah orang Arab dan orang non-Arab.
Semua pendapat tersebut benar.
************
Kemudian Allah Swt. menceritakan perihal orang-orang kafir yang menganggap
mustahil hari kiamat terjadi, melalui firman-Nya:
{وَيَقُولُونَ
مَتَى هَذَا الْوَعْدُ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ}
Dan mereka berkata, "Kapankah (datangnya) janji ini, jika kamu
adalah orang-orang yang benar?” (Saba: 29)
Ayat ini semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya dalam ayat
lain:
{يَسْتَعْجِلُ
بِهَا الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِهَا وَالَّذِينَ آمَنُوا مُشْفِقُونَ مِنْهَا
وَيَعْلَمُونَ أَنَّهَا الْحَقُّ} الْآيَةَ
Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu
segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan
mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). (Asy-Syura: 18),
hingga akhir ayat.
Selanjutnya disebutkan oleh firman-Nya:
{قُلْ
لَكُمْ مِيعَادُ يَوْمٍ لَا تَسْتَأْخِرُونَ عَنْهُ سَاعَةً وَلا
تَسْتَقْدِمُونَ}
Katakanlah, "Bagimu ada hari yang telah dijanjikan (hari kiamat)
yang tiada dapat kamu minta mundur darinya barang sesaat pun dan tidak
(pula) kamu dapat meminta supaya diajukan." (Saba: 30)
Artinya, bagi kalian telah ada hari yang ditentukan, yang bilangannya telah
dicatat, tidak dapat ditambah-tambahi dan tidak dapat pula dikurangi. Apabila
hari itu telah tiba, maka tidak dapat ditanggguhkan barang sesaat pun dan tidak
dapat pula diajukan. Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:
{إِنَّ
أَجَلَ اللَّهِ إِذَا جَاءَ لَا يُؤَخَّرُ}
Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah datang tidak dapat
ditangguhkan. (Nuh: 4)
Dan firman Allah Swt.:
{وَمَا
نُؤَخِّرُهُ إِلا لأجَلٍ مَعْدُودٍ. يَوْمَ يَأْتِ لَا تَكَلَّمُ نَفْسٌ إِلا
بِإِذْنِهِ فَمِنْهُمْ شَقِيٌّ وَسَعِيدٌ}
Dan kami tiadalah mengundurkannya, melainkan sampai waktu yang tertentu.
Di kala datang hari itu, tidak ada seorang pun yang berbicara, melainkan dengan
izin-Nya; maka di antara mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia.
(Hud: 104-105)