Cari Tafsir

86. Surat Ath-Thariq

تَفْسِيرُ سُورَةِ الطَّارِقِ
(Yang Datang di Malam Hari)
Makkiyah, 17 ayat, turun sesudah Surat Al-Balad
Abdullah ibnul Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Muhammad. Abdullah mengatakan, "Aku telah mendengarnya pula secara langsung dari Abdullah ibnu Muhammad yang mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Marwan ibnu Mu'awiyah Al-Fazzari, dari Abdullah ibnu Abdur Rahman At-Taifi, dari Abdur Rahman ibnu Khalid ibnu Abu Habl Al-Adawani, dari ayahnya, bahwa ia pernah melihat Rasulullah Saw. berada di sebelah timur tempat orang-orang Saqif sedang berdiri dengan memegang busur atau sebuah tongkat, saat beliau datang kepada mereka untuk meminta bantuan dari mereka, dan ia mendengar beliau membaca surat Ath-Thariq hingga khatam."
Perawi melanjutkan kisahnya, bahwa lalu ia menghafalnya di masa Jahiliah selagi ia masih musyrik, kemudian ia membacanya setelah masuk Islam. Kemudian orang-orang Saqif memanggilnya dan bertanya, "Apakah yang telah engkau dengar dari laki-laki ini?" Lalu ia membacakan surat Ath-Thur yang telah ia dengar dari beliau kepada mereka. Kemudian orang-orang Quraisy yang ada bersama orang-orang Saqif berkata, "Kami lebih mengetahui tentang orang kami ini. Sekiranya kami mengetahui bahwa apa yang dikatakannya itu benar, tentulah kami mengikutinya."
قَالَ النَّسَائِيُّ: حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ، عَنْ مسْعَر، عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَار، عَنْ جَابِرٍ قَالَ: صَلَّى مُعَاذٌ الْمَغْرِبَ، فَقَرَأَ الْبَقَرَةَ وَالنِّسَاءَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَفَتَّانٌ يَا مُعَاذُ؟ مَا كَانَ يَكْفِيكَ أَنْ تَقْرَأَ بِالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ، وَالشَّمْسِ وَضُحَاهَا، وَنَحْوَ هَذَا؟ "
Imam Nasai mengatakan, telah menceritakan kepada kami Amr ibnu Mansur, telah menceritakan kepada kami Abu Na'im, dari Mis'ar, dari Muharib ibnu Disar, dari Jabir yang mengatakan bahwa Mu'az salat Magrib menjadi imam kaumnya dengan membaca surat Al-Baqarah dan surat An-Nisa. Maka Nabi Saw. menegurnya dan bersabda kepadanya: Hai Mu’az, apakah engkau orang yang suka menimbulkan fitnah. Padahal sudah cukup bagimu bila kamu membaca Was Sama-i Wat Tariq (surat Ath-Thariq), dan Wasy Syamsi Wa Duhdaha (surat Asy-Syam) dan surat lainnya yang semisal?
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
More: