Tafsir Surat Al-Fath, ayat 29
{مُحَمَّدٌ
رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ
بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ
وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ذَلِكَ مَثَلُهُمْ
فِي التَّوْرَاةِ وَمَثَلُهُمْ فِي الإنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ
فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ
بِهِمُ الْكُفَّارَ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ
مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا (29) }
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang
yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih
sayang sesama mereka; kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah
dan keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud.
Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil,
yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, maka tunas itu menjadikan
tanaman itu kuat, lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya;
tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak
menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan
kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka
ampunan dan pahala yang besar.
Allah Swt. memberitahukan kepada Muhammad Saw. bahwa dia adalah benar
utusan-Nya tanpa diragukan lagi. Untuk itu Allah Swt. berfirman:
{مُحَمَّدٌ
رَسُولُ اللَّهِ}
Muhammad itu adalah utusan Allah. (Al-Fath: 29)
Ini merupakan mubtada, sedang khabar-nya termuat di dalam semua
sifat yang terpuji lagi baik. Kemudian Allah Swt. memuji para sahabatnya yang
bersama dia:
{وَالَّذِينَ
مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ}
dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang
kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. (Al-Fath: 29)
Semakna dengan apa yang disebutkan dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{فَسَوْفَ
يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى
الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ}
maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka
dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang
mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir. (Al-Maidah: 54)
Inilah sifat orang-orang mukmin, seseorang dari mereka bersikap keras
terhadap orang-orang kafir, tetapi lemah lembut terhadap sesamanya lagi kasih
sayang. Dia bersikap pemarah dan bermuka masam di hadapan orang-orang kafir,
tetapi murah senyum dan murah tertawa di hadapan orang-orang mukmin saudara
seimannya. Seperti yang disebutkan dalam firman Allah Swt.:
{يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قَاتِلُوا الَّذِينَ يَلُونَكُمْ مِنَ الْكُفَّارِ
وَلْيَجِدُوا فِيكُمْ غِلْظَةً}
Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar
kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan darimu, (At-Taubah:
123)
Nabi Saw. telah bersabda:
"مَثَلُ
الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ كَمَثَلِ الْجَسَدِ الواحد، إذا
اشتكى مِنْهُ
عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بالحمَّى والسَّهر"
Perumpamaan orang-orang mukmin dalam kasih sayang dan kecintaan mereka
adalah seperti satu tubuh; apabila ada salah satu anggotanya merasa sakit, maka
rasa sakitnya itu menjalar ke seluruh tubuh hingga terasa demam dan tidak dapat
tidur.
Nabi Saw. telah bersabda pula:
"الْمُؤْمِنُ
لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا"
Orang mukmin itu sama halnya dengan bangunan-bangunan, yang satu sama
lainnya saling menguatkan
Hal ini diutarakan oleh Nabi Saw. seraya merancangkan jari jemari kedua
tangannya. Kedua hadis ini terdapat di dalam kitab sahih.
Firman Allah Swt.:
{تَرَاهُمْ
رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا}
kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya.
(Al-Fath: 29)
Allah Swt. menyifati mereka sebagai orang-orang yang banyak beramal dan
banyak mengerjakan salat yang merupakan amal yang terbaik, dan Allah
menggambarkan bahwa mereka lakukan hal itu dengan tulus ikhlas dan memohon
pahala yang berlimpah dari sisi-Nya, yaitu surga yang merupakan karunia
dari-Nya. Karunia dari Allah itu adalah rezeki yang berlimpah bagi mereka dan
rida-Nya kepada mereka, yang hal ini jauh lebih banyak daripada nikmat yang
pertama, yakni surga. Sebagaimana yang disebutkan oleh firman-Nya:
{وَرِضْوَانٌ
مِنَ اللَّهِ أَكْبَرُ}
Dan keridaan Allah adalah lebih besar. (At-Taubah: 72)
*******************
Adapun firman Allah Swt.:
{سِيمَاهُمْ
فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ}
tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. (Al-Fath:
29)
Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa yang
dimaksud dengan tanda-tanda ialah tanda yang baik yang ada pada wajah mereka.
Mujahid dan yang lain-lainya yang bukan hanya seorang mengatakan bahwa makna
yang dimaksud ialah penampilannya khusyuk dan rendah diri.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Ali ibnu Muhammad At-Tanafisi, telah menceritakan
kepada kami Husain Al-Ju'fi, dari Zaidah, dari Mansur, dari Mujahid sehubungan
dengan makna firman-Nya: tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari
bekas sujud. (Al-Fath: 29) Bahwa yang dimaksud adalah khusyuk; menurut hemat
saya tiada lain yang dimaksud adalah tanda ini yang terdapat di wajah dari bekas
sujud. Tetapi ia menyanggah bahwa bisa saja tanda itu terdapat di antara dua
mata (kening) seseorang yang hatinya lebih keras daripada Fir'aun. Lain halnya
dengan As-Saddi, ia mengatakan bahwa salat itu dapat memperindah penampilan
muka. Sebagian ulama Salaf mengatakan, "Barang siapa yang banyak salatnya di
malam hari, maka wajahnya kelihatan indah di siang hari."
Hal ini telah disandarkan oleh Ibnu Majah di dalam kitab sunannya, dari
Ismail ibnu Muhammad As-Salihi, dari Sabit, dari Syarik, dari Al-A'masy, dari
Abu Sufyan, dari Jabir r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda:
"مَنْ
كَثُرَتْ صَلَاتُهُ بِاللَّيْلِ حَسُنَ وَجْهُهُ بِالنَّهَارِ"
Barang siapa yang banyak salatnya di malam hari, maka di siang hari
wajahnya tampak indah.
Tetapi yang benar hadis ini mauquf. Sebagian ulama mengatakan bahwa
sesungguhnya keindahan ini mempunyai cahaya dalam hati dan kecerahan pada roman
muka, keluasan dalam rezeki serta kecintaan di hati orang lain.
Amirul Mu’minin Usman ibnu Affan r.a. mengatakan bahwa tidak sekali-kali
seseorang menyembunyikan suatu rahasia, melainkan Allah menampakkannya melalui
roman mukanya dan keterlanjuran lisannya. Dengan kata lain, sesuatu yang
terpendam di dalam jiwa tampak kelihatan pada roman muka yang bersangkutan.
Seorang mukmin apabila hatinya tulus ikhalas kepada Allah Swt., maka Allah Swt.
memperbaiki penampilan lahiriahnya di mata orang lain, seperti apa yang
diriwayatkan dari Umar ibnul Khattab r.a. yang mengatakan bahwa barang siapa
yang memperbaiki hatinya, maka Allah akan memperbaiki penampilan
lahiriahnya.
وَقَالَ
أَبُو الْقَاسِمِ الطَّبَرَانِيُّ: حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ مُحَمَّدٍ
الْمَرْوَزِيُّ، حدثنا حامد بن آدم المروزي، حَدَّثَنَا
الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ العَرْزَمي، عَنْ
سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْل، عَنْ جُنْدَب بْنِ سُفْيَانَ البَجَلي قَالَ: قَالَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَا أَسَرَّ أَحَدٌ سَرِيرَةً
إِلَّا أَلْبَسُهُ اللَّهُ رِدَاءَهَا، إِنْ خَيْرًا فَخَيْرٌ، وَإِنْ شَرًّا
فَشَرٌّ"،
Abul Qasim At-Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami Mahmud ibnu
Muhammad Al-Marwazi, telah menceritakan kepada kami Hamid ibnu Adam Al-Marwazi,
telah menceritakan kepada kam. Al-Fall ibnu Musa, dari Muhammad ibnu Ubaidillah
Al-Arzam dan Salamah ibnu Kahil, dari Jundub ibnu Sufyan Al-Bajali r.a. yang
mengatakan bahwa Nabi Saw. pernah bersabda: Tidaklah seseorang menyembunyikan
suatu rahasia, melainkan Allah mengenakan kepadanya pakaian (lahiriah)
dan rahasianya itu. Jika baik, maka lahiriahnya baik; dan jika buruk, maka
lahiriahnya buruk pula.
Al-Arzami adalah orang yang matruk (tidak terpakai hadisnya).
وَقَالَ الْإِمَامُ
أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ، حَدَّثَنَا
دَرَّاجٍ، عَنْ أَبِي الْهَيْثَمِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ قَالَ: "لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ
يَعْمَلُ فِي صَخْرَةٍ صَمَّاءَ لَيْسَ لَهَا بَابٌ وَلَا كُوَّةٌ، لَخَرَجَ
عَمَلُهُ لِلنَّاسِ كَائِنًا مَا كَانَ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hasan ibnu Musa, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah, telah menceritakan kepada kami Darij,
dari Abul Hasam, dari Abu Sa'id r.a., dari Rasulullah Saw. yang telah bersabda:
Seandainya seseorang di antara kalian beramal di dalam sebuah batu besar yang
tiada celah pintunya dan tiada pula lubang udaranya, niscaya amalnya itu akan
keluar menampakkan diri kepada manusia seperti apa adanya.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ [أَيْضًا]: حَدَّثَنَا حَسَنٌ، حَدَّثَنَا زُهَيْر، حَدَّثَنَا
قَابُوسُ بْنُ أَبِي ظَبْيَان: أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: "إِنَّ الْهَدْيَ
الصَّالِحَ، وَالسَّمْتَ الصَّالِحَ، وَالِاقْتِصَادَ جُزْءٌ مِنْ خَمْسَةٍ
وَعِشْرِينَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hasan telah
menceritakan kepada kami Zuhair, telah menceritakan kepada kam. Oabus ibnu
AbuZabyan, bahwa ayahnya telah menceritakan kepadanya dar. Ibnu Abbas r.a., dari
Nabi Saw. yang telah bersabda: Sesungguhnya petunjuk yang baik, tanda
(ciri) yang baik, dan sikap pertengahan merupakan seperdua puluh lima
kenabian.
Imam Abu Daud meriwayatkan hadis ini dari Abdullah ibnu Muhammad An-Nufaili,
dari Zuhair dengan sanad yang sama. Para sahabat radiyallahu 'anhum niat
mereka ikhlas dan amal perbuatan mereka baik, maka setiap orang yang memandang
mereka pasti akan terpesona dengan penampilan dan petunjuk yang mereka
kemukakan.
Imam Malik mengatakan, telah sampai kepadaku suatu berita yang mengatakan
bahwa orang-orang Nasrani, manakala mereka melihat para sahabat yang telah
menaklukkan negeri Syam, mereka mengatakan, "Demi Allah, orang-orang ini (yakni
para sahabat) benar-benar lebih baik daripada kaum Hawariyyin (pendukung Nabi
Isa) menurut sepengetahuan kami." Dan mereka memang benar dalam penilaiannya,
karena sesungguhnya umat Nabi Saw. ini dimuliakan di dalam kitab-kitab samawi
sebelumnya, terlebih lagi sahabat-sahabat Rasulullah Saw. Allah Swt. sendiri
telah menuturkan pula perihal mereka di dalam kitab-kitab yang diturunkan
oleh-Nya dan berita-berita yang telah tersebar di masa dahulu. Karena itulah
maka Allah Swt. menyebutkan dalam ayat ini melalui firman-Nya:
{ذَلِكَ
مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ}
Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat. (Al-Fath: 29)
Kemudian dalam firman berikutnya disebutkan:
وَمَثَلُهُمْ
فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَى
عَلَى سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ
dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang
mengeluarkan tunasnya, maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat, lalu menjadi
besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati
penanam-penanamnya. (Al-Fath: 29)
Yakni demikian pula halnya sahabat-sahabat Rasulullah. Mereka membelanya,
membantunya serta menolongnya, dan keadaan mereka bersama Rasulullah Saw. sama
dengan tunas beserta tanaman.
{لِيَغِيظَ
بِهِمُ الْكُفَّارَ}
karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir dengan
(kekuatan) orang-orang mukmin. (Al-Fath: 29)
Berdasarkan ayat ini Imam Malik rahimahullah menurut riwayat yang
bersumber darinya menyebutkan bahwa kafirlah orang-orang Rafidah itu karena
mereka membenci para sahabat, dan pendapatnya ini disetujui oleh sebagian ulama.
Hadis-hadis yang menyebutkan keutamaan para sahabat dan larangan mencela
keburukan mereka cukup banyak, dan sebagai dalil yang menguatkannya cukuplah
dengan adanya pujian dari Allah Swt. kepada mereka melalui ayat ini.
*******************
Selanjutnya Allah Swt. berfirman:
{وَعَدَ
اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ}
Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal
yang saleh di antara mereka. (Al-Fath: 29)
Huruf min dalam ayat ini adalah kata keterangan jenis, yakni mencakup mereka
semua (dan bukan tab'id atau sebagian dari mereka).
{مَغْفِرَةً وَأَجْرًا
عَظِيمًا}
ampunan dan pahala yang besar. (Al-Fath: 29)
Yakni ampunan bagi dosa-dosa mereka, pahala yang berlimpah, serta rezeki yang
mulia. Janji Allah itu pasti dan benar, Dia tidak akan menyalahi janji-Nya dan
tidak akan menggantinya. Barang siapa yang mengikuti jejak para sahabat, maka ia
termasuk dari mereka hukumnya. Para sahabat memiliki keutamaan dan kepioniran
serta kesempurnaan yang tidak dapat disaingi oleh seorang pun dari umat ini.
Semoga Allah melimpahkan ridaNya kepada mereka dan membuat mereka puas, serta
menjadikan surga Firdaus sebagai tempat menetap mereka, dan Allah Swt. telah
memenuhinya.
قَالَ
مُسْلِمٌ فِي صَحِيحِهِ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا أَبُو
مُعَاوِيَةَ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "لَا تَسُبُّوا
أَصْحَابِي، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أَنْفَقَ مِثْلَ
أحدٍ ذَهَبًا مَا أَدْرَكَ مُدَّ أَحَدِهِمْ وَلَا نَصِيفَهُ"
Imam Muslim di dalam kitab sahihnya mengatakan, telah menceritakan kepada
kami Yahya ibnu Yahya, telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah. dari
Al-A'masy, dari Abu Saleh, dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa
Rasulullah Saw. pernah bersabda: Janganlah kalian mencaci sahabat-sahabatku,
demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, seandainya
seseorang dari kalian menginfakkan emas sebesar Bukit Uhud, tidaklah hal itu
dapat menyamai satu mud seseorang dari mereka dan tidak pula separonya.
آخِرُ
تَفْسِيرِ سُورَةِ الْفَتْحِ، وَلِلَّهِ الحمد والمنة.
õõõ