Tafsir Surat Az-Zukhruf, ayat 66-73
{هَلْ
يَنْظُرُونَ إِلا السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ
(66) الأخِلاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلا الْمُتَّقِينَ (67)
يَا عِبَادِ لَا خَوْفٌ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ وَلا أَنْتُمْ تَحْزَنُونَ (68)
الَّذِينَ آمَنُوا بِآيَاتِنَا وَكَانُوا مُسْلِمِينَ (69) ادْخُلُوا الْجَنَّةَ
أَنْتُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ تُحْبَرُونَ (70) يُطَافُ عَلَيْهِمْ بِصِحَافٍ مِنْ
ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الأنْفُسُ وَتَلَذُّ الأعْيُنُ
وَأَنْتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (71) وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا
بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (72) لَكُمْ فِيهَا فَاكِهَةٌ كَثِيرَةٌ مِنْهَا
تَأْكُلُونَ (73) }
Mereka tidak menunggu-nunggu kecuali
kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba, sedangkan mereka tidak
menyadarinya. Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi
sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.”Hai hamba-hamba-Ku, tiada
kekhawatiran terhadapmu pada hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati.
(yaitu) orang-orang yang beriman
kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri.
Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan istri-istrimu digembirakan.” Diedarkan
kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala; dan di dalam surga itu
terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata
dan kamu kekal di dalamnya. Dan itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan
amal-amal yang dahulu kamu kerjakan. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang
banyak untukmu yang sebagiannya kamu makan.
Allah Swt berfirman, bahwa tiadalah yang dinanti-nanti oleh orang-orang
musyrik yang mendustakan para rasul itu.
{إِلا
السَّاعَةَ أَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ}
melainkan kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba, sedangkan
mereka tidak menyadarinya. (Az-Zukhruf: 66)
karena sesungguhnya hari kiamat itu pasti terjadi, sedangkan mereka dalam
keadaan lalai darinya dan tidak bersiap-siap menyambutnya. Apabila hari kiamat
itu tiba, sesungguhnya kedatangannya itu tidak disadari oleh mereka. Dan pada
saat itulah mereka menyesal dengan penyesalan yang sangat, tanpa ada manfaatnya
bagi mereka dan tidak dapat merubah keadaan.
Firman Allah Swt.:
{الأخِلاءُ
يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلا الْمُتَّقِينَ}
Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian
yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa. (Az-Zukhruf: 67)
Yakni semua sahabat dan teman yang didasari bukan karena Allah, kelak di hari
kiamat berbalik menjadi permusuhan. Kecuali apa yang berdasarkan karena Allah
Swt, maka sesungguhnya hal itu akan tetap kekal berkat kekekalan Allah Swt. Dan
hal ini seperti yang dikatakan oleh Nabi Ibrahim a.s. kepada kaumnya, yang
disitir oleh firman-Nya:
{إِنَّمَا
اتَّخَذْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا مَوَدَّةَ بَيْنِكُمْ فِي الْحَيَاةِ
الدُّنْيَا ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُمْ بِبَعْضٍ وَيَلْعَنُ
بَعْضُكُمْ بَعْضًا وَمَأْوَاكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُمْ مِنْ
نَاصِرِينَ}
Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk
menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini,
kemudian di hari kiamat sebagian kamu mengingkari sebagian (yang lain)
dan sebagian kamu melaknati sebagian (yang lain): dan tempat kembalimu
ialah neraka, dan sekali-kali tidak ada bagimu para penolong pun.
(Al-'Ankabut: 25)
Abdur Razzaq mengatakan, telah menceritakan kepada kami Israil, dari Abu
Ishaq, dari Al-Haris, dari Ali r.a. sehubungan dengan makna firman-Nya:
Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang
lain kecuali orang-orang yang bertakwa. (Az-Zukhruf: 67) Yang dimaksud
adalah dua orang mukmin yang berteman karib, dan dua orang kafir yang saling
berteman karib. Salah seorang dari kedua orang mukmin yang berteman itu
diwafatkan, dan ia diberi kabar gembira akan masuk surga, lalu teringatlah ia
kepada temannya itu. Maka ia berdoa, "Ya Allah, sesungguhnya si Fulan adalah
teman dekatku. Dia selalu memerintahkan kepadaku agar taat kepada Engkau dan
taat kepada rasulMu, serta selalu memerintahkan kepadaku melakukan kebaikan dan
melarangku melakukan perbuatan jahat, dan dia bercerita kepadaku bahwa aku akan
bersua dengan Engkau. Ya Allah, janganlah Engkau sesatkan dia sesudahku hingga
Engkau perlihatkan kepadanya seperti apa yang Engkau perlihatkan kepadaku
sekarang, dan Engkau ridai dia sebagaimana Engkau ridai diriku."
Maka dikatakan kepadanya, "Pergilah, sekiranya kamu mengetahui apa yang
disediakan untuknya di sisi-Ku, tentulah engkau banyak tertawa dan sedikit
menangis." Kemudian temannya itu diwafatkan, lalu keduanya bersua di alam arwah,
maka dikatakan kepada keduanya, "Hendaklah salah seorang dari kamu berdua saling
memuji kepada temannya." Maka masing-masing dari keduanya berkata kepada
temannya, "Engkau adalah sebaik-baik saudara, engkau adalah sebaik-baik teman,
dan engkau adalah sebaik-baik kekasih."
Apabila salah seorang dari dua orang kafir yang berteman meninggal dunia,
lalu ia diberi ancaman akan masuk neraka, teringatlah ia kepada temannya. Ia
berkata, "Ya Allah, sesungguhnya teman dekatku si Fulan selalu menganjurkan
kepadaku untuk berbuat durhaka terhadap Engkau dan mendurhakai rasul-Mu,
memerintahkan kepadaku untuk melakukan kejahatan dan melarangku mengerjakan
kebaikan, dan ia bercerita kepadaku bahwa aku tidak akan bersua dengan Engkau.
Ya Allah, janganlah Engkau beri dia petunjuk sesudahku hingga Engkau perlihatkan
kepadanya hal yang semisal dengan apa yang Engkau perlihatkan kepadaku (neraka),
dan Engkau murkai dia sebagaimana Engkau murkai aku."
Maka temannya yang kafir itu diwafatkan. Kemudian berkumpullah keduanya, lalu
dikatakan, "Hendaklah masing-masing dari kamu mencaci yang lainnya.”Maka
masing-masing dari keduanya mengatakan kepada temannya, "Engkau adalah
seburuk-buruk saudara, engkau adalah seburuk-buruk teman, engkau adalah
seburuk-buruk kekasih." Demikianlah menurut apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Abu
Hatim.
Ibnu Abbas r.a. Mujahid, dan Qatadah mengatakah bahwa setiap persahabatan
akan menjadi permusuhan di hari kiamat kecuali orang-orang yang bertakwa.
وَرَوَى
الْحَافِظُ ابْنُ عَسَاكِرَ -فِي تَرْجَمَةِ هِشَامِ بْنِ أَحْمَدَ-عَنْ هِشَامِ
بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ كَثِيرٍ: حَدَّثَنَا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ
الْخَضِرِ بِالرِّقَّةِ، عَنْ مُعَافًى: حَدَّثَنَا حَكِيمُ بْنُ نَافِعٍ، عَنِ
الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "لَوْ أَنَّ
رَجُلَيْنِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ، أَحَدُهُمَا بِالْمُشْرِقِ وَالْآخَرُ
بِالْمَغْرِبِ، لَجَمَعَ اللَّهُ بَيْنَهُمَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ، يَقُولُ: هَذَا
الَّذِي أَحْبَبْتَهُ فِيَّ"
Al-Hafiz Ibnu Asakir di dalam biografi Hisyam ibnu Ahmad telah meriwayatkan
dari Hisyam ibnu Abdullah ibnu Kasir, bahwa telah menceritakan kepada kami Abu
Ja'far Muhammad ibnul Khadir di Ruqqah, dari Mu'afa, bahwa telah menceritakan
kepada kami Hakim ibnu Nafi, dari Al-A'masy, dari Abu Saleh, dari Abu Hurairah
r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Seandainya dua
orang saling mencintai karena Allah — seorangnya berada dibelahan timur,
sedangkan yang lainnya berada di belahan barat— niscaya Allah akan menghimpunkan
di antara keduanya kelak di hari kiamat, lalu Allah berfirman, "Inilah orang
yang engkau cintai demi karena Aku.”
***********
Firman Allah Swt.:
{يَا
عِبَادِ لَا خَوْفٌ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ وَلا أَنْتُمْ
تَحْزَنُونَ}
Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran terhadapmu pada hari ini dan tiada
pula kamu bersedih hati. (Az-Zukhruf: 68)
Kemudian ditafsirkan siapa mereka itu melalui firman berikutnya:
{الَّذِينَ
آمَنُوا بِآيَاتِنَا وَكَانُوا مُسْلِمِينَ}
(Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka
dahulu orang-orang yang berserah diri. (Az-Zukhruf: 69)
Yakni hati mereka beriman, demikian pula batin mereka; serta semua anggota
tubuh dan lahiriah mereka taat kepada syariat Allah Swt.
Al-Mu'tamir ibnu Sulaiman telah meriwayatkan dari ayahnya, bahwa apabila hari
kiamat terjadi, sesungguhnya manusia itu ketika mereka dibangkitkan tiada
seorang pun dari mereka melainkan merasa terkejut, lalu terdengarlah oleh mereka
suara yang menyerukan: Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran terhadapmu pada
hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati. (Az-Zukhruf: 68) Maka semua
orang mengharapkannya, kemudian diikuti dengan seruan lainnya yang mengatakan:
(Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka
dahulu orang-orang yang berserah diri. (Az-Zukhruf: 69) Maka manusia
berputus asa untuk mendapatkannya kecuali orang-orang mukmin.
************
{ادْخُلُوا
الْجَنَّةَ}
Masuklah kamu ke dalam surga. (Az-Zukhruf: 70)
Yakni dikatakan kepada mereka, "Masuklah kamu ke dalam surga!"
{أَنْتُمْ
وَأَزْوَاجُكُمْ} أَيْ: نُظَرَاؤُكُمْ {تُحْبَرُونَ}
Kamu dan istri-istri kamu digembirakan. (Az-Zukhruf: 70)
Yang dimaksud dengan azwajukum ialah orang-orang yang setara dengan
kalian. Tuhbarun artinya disenangkan dan dibahagiakan; hal ini telah
dijelaskan tafsirnya di dalam surat Ar-Rum.
{يُطَافُ
عَلَيْهِمْ بِصِحَافٍ مِنْ ذَهَبٍ}
Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas. (Az-Zukhruf: 71)
Yaitu piring-piring besar yang berisikan makanan.
{وَأَكْوَابٍ}
dan piala-piala. (Az-Zukhruf: 71)
Yakni gelas-gelas yang tiada corong —tiada pula pegangannya— yang juga
terbuat dari emas.
{وَفِيهَا
مَا تَشْهِي الأنْفُسُ}
dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati.
(Az-Zukhruf: 71)
Sebagian ulama membacanya dengan bacaan berikut,
"تشتهيه الْأَنْفُسُ"
dengan tambahan damir sesudah lafaz tasytahi.
{وَتَلَذُّ
الأعْيُنُ}
dan sedap (dipandang) mata. (Az-Zukhruf: 71)
Maksudnya, lezat rasanya dan harum baunya serta indah dipandang.
قَالَ
عَبْدُ الرَّزَّاقِ: أَخْبَرَنَا مَعْمَر، أَخْبَرَنِي إِسْمَاعِيلُ بْنُ أَبِي
سَعِيدٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ -مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ-أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ
الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً وَأَسْفَلَهُمْ دَرَجَةً لَرَجُلٌ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ
بَعْدَهُ أَحَدٌ، يُفْسَحُ لَهُ فِي بَصَرِهِ مَسِيرَةَ مِائَةِ عَامٍ فِي قُصُورٍ
مِنْ ذَهَبٍ، وَخِيَامٍ مِنْ لُؤْلُؤٍ، لَيْسَ فِيهَا مَوْضِعُ شِبْرٍ إِلَّا
مَعْمُورٌ يُغَدَّى عَلَيْهِ وَيُرَاحُ بِسَبْعِينَ أَلْفَ صَحْفَةٍ مِنْ ذَهَبٍ،
لَيْسَ فِيهَا صَحْفَةٌ إِلَّا فِيهَا لَوْنٌ لَيْسَ فِي الْأُخْرَى، مِثْلُهُ
شَهْوَتُهُ فِي آخِرِهَا كَشَهْوَتِهِ فِي أَوَّلِهَا، لَوْ نَزَلَ بِهِ جَمِيعُ
أَهْلِ الْأَرْضِ لَوَسِعَ عَلَيْهِمْ مِمَّا أُعْطِيَ، لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِمَّا
أُوتِيَ شَيْئًا"
Abdur Razzaq mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ma'mar, telah
menceritakan kepadaku Ismail ibnu Abu Sa'id yang mengatakan bahwa sesungguhnya
Ikrimah maula Ibnu Abbas r.a. pernah menceritakan bahwa Rasulullah Saw. telah
bersabda: Sesungguhnya ahli surga yang paling bawah kedudukannya dan paling
rendah tingkatannya benar-benar adalah seorang lelaki yang tiada seorangpun
masuk surga lagi sesudahnya. Diberikan kepadanya tempat tinggal seluas pandangan
matanya dalam jarak perjalanan seratus tahun berikut gedung-gedung dari emas dan
kemah-kemah dari mutiara; tiada suatu jengkal tempat pun darinya, melainkan
diberi bangunan. Pagi dan petang disajikan kepadanya tujuh puluh ribu
piring-piring emas; tiada suatu makanan pun yang ada di suatu piring, melainkan
tidak terdapat makanan yang semisal pada piring yang lainnya. Selera makannya di
permulaan sama saja dengan selera makan di penghujungnya. Seandainya sebuah
piring dari surga itu diturunkan kepada seluruh penduduk bumi, tentulah makanan
itu dapat memberikan keluasan lebih dari apa yang ada pada mereka, tanpa
mengurangi apa yang telah diberikan kepada ahli surga itu barang sedikit
pun.
قَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ الْجُنَيْدِ،
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ سَوَادٍ السَّرْحِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
وَهْبٍ، عَنِ ابْنِ لَهِيعَةَ، عَنْ عُقَيْلِ بْنِ خَالِدٍ، عَنِ الْحَسَنِ، عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ أَبَا أُمَامَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، حَدَّثَ أَنَّ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَهُمْ -وَذَكَرَ
الْجَنَّةَ-فَقَالَ: "وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَيَأْخُذَنَّ
أَحَدُكُمُ اللُّقْمَةَ فَيَجْعَلُهَا فِي فِيهِ، ثُمَّ يَخْطُرُ عَلَى بَالِهِ
طَعَامٌ آخَرُ، فَيَتَحَوَّلُ الطَّعَامُ الَّذِي فِي فِيهِ عَلَى الَّذِي
اشْتَهَى" ثُمَّ قَرَأَ: {وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الأنْفُسُ وَتَلَذُّ الأعْيُنُ
وَأَنْتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ}
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ali ibnul Husain
ibnul Junaid, telah menceritakan kepada kami Amr ibnu Sawad As-Sarhi, telah
menceritakan kepadaku Abdullah ibnu Wahb, dari Ibnu Lahi'ah, dari Uqail ibnu
Khalid, dari Al-Hasan, dari Abu Hurairah r.a. yang menceritakan bahwa Abu Umamah
r.a. telah menceritakan bahwa Rasulullah Saw. menceritakan kepada para sahabat
tentang surga, yang antara lain beliau Saw. bersabda: Demi Tuhan yang jiwa
Muhammad berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya seseorang dari
kamu kala mengambil sesuap makanan, lalu ia memasukkannya ke mulutnya, dan
tiba-tiba terdetik di dalam hatinya suatu makanan lain. Maka dengan serta merta
berubahlah makanan yang ada dalam mulutnya itu menjadi makanan lain yang
diinginkannya itu. Kemudian Rasulullah Saw. membaca firman-Nya: dan di
dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap
(dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. (Az-Zuhruf: 71)
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا حَسَنٌ -هُوَ ابْنُ مُوسَى-حَدَّثَنَا سُكَيْن
بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، حَدَّثَنَا الْأَشْعَثُ الضَّرِيرُ، عَنْ شَهْرِ بْنِ
حَوْشَب، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً إِنَّ لَهُ
لَسَبْعَ دَرَجَاتٍ، وَهُوَ عَلَى السَّادِسَةِ وَفَوْقَهُ السَّابِعَةُ، وَإِنَّ
لَهُ ثلثمائة خادم، ويغدى عليه ويراح كل يوم بثلثمائة صَحْفَةٍ -وَلَا أَعْلَمُهُ
إِلَّا قَالَ: مِنْ ذَهَبٍ-فِي كُلِّ صَحْفَةٍ لَوْنٌ لَيْسَ فِي الْأُخْرَى،
وَإِنَّهُ لَيَلَذُّ أَوَّلَهُ كَمَا يَلَذُّ آخِرَهُ، وَمِنَ الْأَشْرِبَةِ
ثَلَاثَمِائَةِ إِنَاءٍ، فِي كُلِّ إِنَاءٍ لَوْنٌ لَيْسَ فِي الْآخَرِ، وَإِنَّهُ
لَيَلَذُّ أَوَّلَهُ كَمَا يَلَذُّ آخِرَهُ، وَإِنَّهُ يَقُولُ: يَا رَبِّ، لَوْ
أَذِنْتَ لِي لَأَطْعَمْتُ أَهْلَ الْجَنَّةِ وَسَقَيْتُهُمْ، لَمْ يَنْقُصْ مِمَّا
عِنْدِي شَيْءٌ، وَإِنَّ لَهُ مِنَ الْحُورِ الْعِينِ لَاثْنَيْنِ وَسَبْعِينَ
زَوْجَةً، سِوَى أَزْوَاجِهِ مِنَ الدُّنْيَا، وَإِنَّ الْوَاحِدَةَ مِنْهُنَّ
لَيَأْخُذُ مَقْعَدُهَا قَدْرَ مَيْلٍ مِنَ الْأَرْضِ"
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hasan alias Ibnu Musa,
telah menceritakan kepada kami Sukain ibnu Abdul Aziz, telah menceritakan kepada
kami Abul Asy'as yang tuna netra, dari Syahr ibnu Hausyab, dari Abu Hurairah
r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Sesungguhnya ahli
surga yang paling rendah kedudukannya adalah orang yang diberikan kepadanya
kedudukan yang berada di tengah-tengah antara tingkatan yang keenam dan yang
ketujuh. Dan sesungguhnya dia diberi tiga ratus orang pelayan dan disajikan
kepadanya setiap pagi dan petang sebanyak tiga ratus piring makanan setiap
harinya —perawi mengatakan, dia merasa yakin bahwa piring itu adalah terbuat
dari emas—pada tiap-tiap piring terdapat sejenis makanan yang tidak ada pada
piring yang lain. Dan sesungguhnya dia benar-benar merasa tetap berselera di
penghujungnya sebagaimana seleranya di permulaannya. Dan (diberikan pula
kepadanya) berbagai macam minuman sebanyak tiga ratus piala, pada setiap
piala terdapat sejenis minuman yang tidak didapati pada piala yang lainnya. Dan
sesungguhnya dia benar-benar tetap berselera di penghujungnya sebagaimana
seleranya di permulaan meminumnya. Dan sesungguhnya dia benar-benar mengatakan,
"Ya Tuhanku, sekiranya Engkau mengizinkan kepadaku, tentulah aku akan menjamu
makan dan minum semua penduduk surga tanpa merasa kekurangan sedikit pun dari
apa yang ada padaku.” Dan sesungguhnya dia mempunyai tujuh puluh dua orang istri
dari bidadari selain dari istri-istrinya dari kalangan penduduk bumi. Dan
sesungguhnya seseorang istri dari mereka benar-benar menempati tempat duduknya
dalam jarak satu mil bumi (dari istri yang lainnya).
************
Firman Allah Swt.:
{وَأَنْتُمْ
فِيهَا}
dan kamu di dalamnya. (Az-Zukhruf: 71)
Maksudnya, di dalam surga itu.
{خَالِدُونَ}
hidup kekal. (Az-Zukhruf: 71)
Yaitu tidak akan keluar darinya dan tidak mau pindah darinya. Kemudian
dikatakan kepada mereka dengan nada yang puas dan rida:
{وَتِلْكَ
الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ}
Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang
dahulu kamu kerjakan. (Az-Zukhruf: 72)
Yakni berkat amal-amal saleh kalian itulah kalian mendapat limpahan rahmat
dari-Nya. Karena sesungguhnya tiada seorang pun yang masuk surga karena amal
perbuatannya, tetapi berkat rahmat Allah dan karunia-Nya. Dan sesungguhnya
derajat di dalam surga itu diperoleh berdasarkan amal-amal saleh yang telah
dikerjakan.
قَالَ
ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ شَاذَانَ الْمُقْرِئُ، حَدَّثَنَا
يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ -يَعْنِي الصَّفَّارَ-حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ
عَيَّاشٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"كُلُّ أَهْلِ النَّارِ يَرَى مَنْزِلَهُ مِنَ الْجَنَّةِ حَسْرَةً، فَيَقُولُ:
{لَوْ أَنَّ اللَّهَ هَدَانِي لَكُنْتُ مِنَ الْمُتَّقِينَ} [الزُّمَرِ: 57]
وَكُلُّ أَهْلِ الْجَنَّةِ يَرَى مَنْزِلَهُ مِنَ النَّارِ فَيَقُولُ: {وَمَا
كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ} [الْأَعْرَافِ: 43] ، لِيَكُونَ
لَهُ شُكْرًا".
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada Kami Al-Fadl ibnu Syazan
Al-Muqri, telah menceritakan kepada kami Yusuf ibnu Ya'qub Ash-Shaffar, telah
menceritakan kepada kami Abu Bakar ibnu Iyasy, dari Al-A'masy, dari Abu Saleh,
dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Semua ahli neraka melihat kedudukannya yang ada di surga dengan penuh
penyesalan yang-dideritanya, maka ia mengatakan, "Aduhai, sekiranya Allah
memberiku petunjuk, tentulah aku termasuk orang-orang yang bertakwa.” Dan semua
ahli surga melihat kedudukannya di neraka, maka ia mengatakan, “Tiadalah kami
mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak memberi petunjuk kepada kami," maka hal
itu merupakan ungkapan syukurnya.
Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda pula:
"ما
من أَحَدٍ إِلَّا وَلَهُ مَنْزِلٌ فِي الْجَنَّةِ وَمَنْزِلٌ فِي النَّارِ،
فَالْكَافِرُ يَرِثُ المؤمنَ منزلَه مِنَ النَّارِ، وَالْمُؤْمِنُ يَرِثُ الكافرَ
مَنْزِلَهُ مِنَ الْجَنَّةِ" وَذَلِكَ قَوْلُهُ تَعَالَى: {وَتِلْكَ الْجَنَّةُ
الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ}
Tiada seorang pun melainkan baginya ada kedudukan di surga dan kedudukan
di neraka. Orang kafir mengambil alih kedudukan orang mukmin yang ada di neraka.
Dan orang mukmin mengambil alih kedudukan orang kafir yang ada di surga.
Yang demikian itu disebutkan oleh firman-Nya: Dan itulah surga yang
diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan.
(Az-Zukhruf: 72)
************
Adapun firman Allah Swt.:
{لَكُمْ
فِيهَا فَاكِهَةٌ كَثِيرَةٌ مِنْهَا تَأْكُلُونَ}
Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu. (Az-Zukhruf:
73)
Yaitu dari berbagai macam buah-buahan.
{مِنْهَا
تَأْكُلُونَ}
yang sebagiannya kamu makan. (Az-Zukhruf: 73)
Maksudnya, apa pun yang kamu pilih dan kamu kehendaki, kamu dapat
memakannya.
Setelah disebutkan perihal makanan dan minuman di surga, maka disebutkan pula
sesudahnya buah-buahan yang dimakan oleh penduduk surga, sebagai kesempurnaan
dari nikmat dan anugerah yang diberikan Allah Swt. kepada mereka. Hanya
Allah-lah Yang Maha Mengetahui.