Tafsir Surat Az-Zumar, ayat 73-74
{وَسِيقَ
الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا حَتَّى إِذَا جَاءُوهَا
وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ
فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ (73) وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي صَدَقَنَا
وَعْدَهُ وَأَوْرَثَنَا الأرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاءُ
فَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ (74) }
Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya
dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu,
sedangkan pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka
penjaga-penjaganya, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah
kamu! Maka masukilah surga ini, sedangkan kamu kekal di dalamnya.” Dan mereka
mengucapkan, "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami
dan telah (memberi) kepada kami tempat ini, sedangkan kami
(diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja kami
kehendaki." Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang
beramal.
Ini menceritakan, keadaan orang-orang yang bahagia, yaitu orang-orang yang
mukmin, pada saat mereka digiring dengan berkendaraan sebagai perutusan yang
terhormat untuk dimasukkan ke dalam surga secara berombong-rombongan, yakni
gelombang demi gelombang. Golongan yang pertama masuk adalah kaum
Muqarribin, lalu kaum Abrar, kemudian orang-orang sesudah mereka,
lalu menyusul golongan sesudah mereka lagi. Masing-masing rombongan digabungkan
bersama orang-orang yang setara kedudukannya, yaitu para nabi dengan para nabi,
kaum siddiqin bersama orang-orang yang setara dengan mereka, para syuhada
bersama orang yang sejenis dengan mereka, dan para ulama bersama teman-temannya;
setiap golongan bersama gelpngan yang setingkat satu sama lainnya.
{حَتَّى
إِذَا جَاءُوهَا}
Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu. (Az-Zumar: 73)
Yakni sampai ke pintu-pintunya sesudah melampaui sirat, lalu mereka
diberhentikan di sebuah jembatan yang memisahkan antara surga dan neraka,
kemudian dilakukanlah hukum qisas yang terjadi di antara mereka ketika di dunia.
Setelah diri mereka telah dibersihkan dan diri mereka telah suci dari dosa-dosa,
barulah mereka diizinkan untuk memasuki surga.
Di dalam hadis yang menceritakan as-sur (sangkakala) disebutkan bahwa
apabila orang-orang mukmin telah sampai di depan pintu-pintu surga, mereka
bermusyawarah untuk mencari seseorang yang akan meminta izin masuk ke dalam
surga bagi mereka. Kemudian mereka menuju kepada Adam, lalu Nuh, lalu Ibrahim,
lalu Musa, lalu Isa, dan akhirnya Nabi Muhammad Saw. Perihalnya sama dengan apa
yang telah mereka lakukan saat mereka berada di padang mahsyar ketika meminta
syafaat kepada Allah Swt. agar Allah cepat datang guna memutuskan peradilan (di
antara mereka). Hal ini untuk menonjolkan kemuliaan dan keutamaan Nabi Muhammad
Saw. atas semua manusia pada semua tempat dan kondisi.
Di dalam kitab Sahih Muslim disebutkan melalui sahabat Anas r.a.,
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"أَنَا
أَوَّلُ شَفِيعٍ فِي الْجَنَّةِ"
Aku adalah orang yang mula-mula memberi syafaat di surga.
Dan menurut lafaz lainnya yang juga diriwayatkan oleh Imam Muslim
disebutkan:
"وَأَنَا
أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ"
Aku adalah orang yang mula-mula mengetuk pintu surga.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا هَاشِمٌ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانَ، عَنْ ثَابِتٍ،
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "آتِي بَابَ
الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَأَسْتَفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ
أَنْتَ؟ فَأَقُولُ: مُحَمَّدٌ. قَالَ: يَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ أَلَّا أَفْتَحَ
لِأَحَدٍ قَبْلَكَ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hasyim, telah
menceritakan kepada kami Sulaiman, dari Sabit, dari Anas ibnu Malik r.a. yang
mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Aku mendatangi pintu surga
pada hari kiamat, lalu aku mengetuknya, maka penjaga surga bertanya, "Siapakah
engkau?” Maka kujawab, "Muhammad.” Penjaga surga berkata, "Karena engkaulah aku
diperintahkan bahwa aku tidak boleh membuka (pintu surga) buat siapa pun
sebelum engkau.”
Imam Muslim meriwayatkan hadis ini dari Amr ibnu Muhammad An-Naqid dan Zuhair
ibnu Harb, keduanya dari Abun Nadr Hasyim ibnul Qasim, dari Sulaiman alias Ibnul
Mugirah Al-Qaisi, dari Sabit, dari Anas r.a. dengan sanad yang sama.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَر عَنْ
هَمَّامِ بْنِ مُنَبِّهٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَوَّلُ زُمْرَةٍ تَلِجُ الْجَنَّةَ
صُوَرُهُمْ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، لَا يَبْصُقُونَ فِيهَا،
وَلَا يَمْتَخِطُونَ فِيهَا، وَلَا يَتَغَوَّطُونَ فِيهَا. آنِيَتُهُمْ
وَأَمْشَاطُهُمُ الذَّهَبُ وَالْفِضَّةُ، وَمُجَامِرُهُمُ الْأَلُوَّةُ ،
ورَشْحُهُمُ الْمِسْكُ، وَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ، يَرَى مُخَّ
سَاقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ مِنَ الْحُسْنِ. لَا اخْتِلَافَ بَيْنِهِمْ
وَلَا تَبَاغُضَ، قُلُوبُهُمْ عَلَى قَلْبٍ وَاحِدٍ يُسَبِّحُونَ اللَّهَ بُكْرَةً
وَعَشِيًّا".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah
menceritakan kepada kami Ma'mar, dari Hammam ibnu Munabbih, dari Abu Hurairah
r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Rombongan pertama
yang masuk surga rupa mereka-seperti bulan di malam purnama; mereka tidak pernah
meludah di dalam surga dan tidak pernah berdahak serta tidak pernah buang air.
Wadah-wadahan mereka dan sisir mereka dari emas dan perak; pedupaan mereka
adalah getah kayu uluwwah, dan keringat mereka berbau minyak kesturi.
Masing-masing dari mereka mempunyai dua orang istri yang karena cantiknya sumsum
betisnya dapat terlihat dari balik dagingnya. Tidak ada perselisihan di antara
mereka dan tidak ada saling membenci (di antara mereka), hati mereka sama
dengan hati seseorang; mereka selalu bertasbih menyucikan Allah setiap pagi dan
petang.
Imam Bukhari meriwayatkan hadis ini dari Muhammad ibnu Muqatil, dari Ibnul
Mubarak. Imam Muslim meriwayatkan hadis ini dari Muhammad ibnu Rafi', dari Abdur
Razzaq; keduanya (yakni Ibnul Mubarak dan Abdur Razzaq) dari Ma'mar berikut
sanadnya dengan lafaz yang semisal. Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Abuz
Zanad, dari Al-A'raj, dari Abu Hurairah r.a., dari Rasulullah Saw.
قَالَ
الْحَافِظُ أَبُو يَعْلَى: حَدَّثَنَا أَبُو خَيْثَمة، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ
عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ، عَنْ أَبِي زُرْعَة، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ [رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ] قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"أول زُمْرَة يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ،
وَالَّذِينَ يَلُونَهُمْ عَلَى ضَوْءِ أشدُّ كَوْكَبٍ دُرِّي فِي السَّمَاءِ
إِضَاءَةً، لَا يَبُولُونَ وَلَا يَتَغَوَّطُونَ وَلَا يتْفلون وَلَا
يَمْتَخِطُونَ، أَمْشَاطُهُمُ الذَّهَبُ وَرَشْحُهُمُ الْمِسْكُ، وَمَجَامِرُهُمُ
الْأَلُوَّةُ، وَأَزْوَاجُهُمُ الْحُورُ الْعِينُ، أخلاقهم على خلق رجل واحد، على
صورة أَبِيهِمْ آدَمَ، سِتُّونَ ذِرَاعًا فِي السَّمَاءِ"
Al-Hafiz Abu Ya'la mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Khaisamah,
telah menceritakan kepada kami Jarir, dari Imarah ibnul Qa'qa', dari Abu Zar'ah,
dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Rombongan pertama yang masuk surga rupa mereka seperti bulan di malam
purnama. Dan orang-orang yang sesudah mereka rupanya seperti bintang yang
cahayanya paling terang di langit. Mereka tidak pernah buang air kecil, tidak
pernah buang air besar, tidak pernah meludah, dan tidak pernah berdahak. Sisir
mereka dari emas, keringat mereka berbau minyak kesturi, dan pedupaan mereka
adalah uluwwah, istri mereka dari bidadari, dan akhlak mereka adalah akhlak satu
orang, dan bentuk mereka seperti bentuk bapak moyang mereka - yaitu Adam -
tingginya enam puluh hasta menjulang ke langit.
Imam Bukhari dan Imam Muslim telah mengetengahkan pula hadis ini melalui
Jarir.
قَالَ
الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "يَدْخُلُ الْجَنَّةَ
مِنْ أُمَّتِي زُمْرَة، هُمْ سَبْعُونَ أَلْفًا، تُضِيءُ وُجُوهُهُمْ إِضَاءَةَ
الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ". فَقَامَ عُكَّاشة بْنُ مِحْصَن فَقَالَ: يَا
رَسُولَ اللَّهِ ادْعُ اللَّهَ، أَنْ يَجْعَلَنِي مِنْهُمْ: فَقَالَ: "اللَّهُمَّ
اجْعَلْهُ مِنْهُمْ". ثُمَّ قَامَ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ فَقَالَ: يَا رَسُولَ
اللَّهِ، ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَجْعَلَنِي مِنْهُمْ. فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "سَبَقَكَ بِهَا عُكَّاشة".
Az-Zuhri telah meriwayatkan dari Sa'id, dari Abu Hurairah r.a., dari
Rasulullah Saw. yang telah bersabda: Kelak akan masuk surga dari kalangan
umatku suatu rombongan (tanpa hisab) yang berjumlah tujuh puluh ribu
orang, wajah mereka bersinar terang bagaikan rembulan di malam purnama. Maka
berdirilah Ukasyah ibnu Mihsan r.a., lalu berkata, "Wahai Rasulullah, doakanlah
kepada Allah semoga Dia menjadikan diriku termasuk salah seorang dari mereka."
Maka Rasulullah Saw. berdoa: Ya Allah, jadikanlah dia termasuk dari golongan
mereka. Kemudian berdiri pula seorang lelaki dari kalangan Ansar, lalu
berkata, "Wahai Rasulullah, doakanlah kepada Allah Swt. semoga Dia menjadikan
diriku termasuk golongan mereka." Maka Rasulullah Saw. bersabda: Ukasyah
telah lebih dahulu darimu mendapatkannya.
Hadis ini diriwayatkan pula dengan teks yang menyebutkan 'tujuh puluh ribu
orang masuk surga tanpa dihisab', diketengahkan oleh Imam Bukhari dan Imam
Muslim dari Ibnu Abbas, Jabir ibnu Abdullah, Imrah ibnu Husain, Ibnu Mas'ud,
Rifa'ah ibnu Arrabah Al-Juhani, dan Uramu Qais binti Mihsan; semoga Allah
melimpahkan rida-Nya kepada mereka.
Menurut Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan pula melalui Abu Hazim, dari
Sahi ibnu Sa'd r.a., bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"لَيَدْخُلَنَّ
الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِي سَبْعُونَ أَلْفًا -أَوْ: سَبْعُمِائَةِ أَلْفٍ-آخذٌ
بَعْضُهُمْ بِبَعْضٍ، حَتَّى يَدْخُلَ أَوَّلُهُمْ وَآخِرُهُمُ الْجَنَّةَ،
وُجُوهُهُمْ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ".
Sesungguhnya akan masuk surga dari kalangan umatku sebanyak tujuh puluh
ribu orang atau tujuh ratus ribu orang; sebagian dari mereka memegang sebagian
yang lain, hingga orang yang pertama dan orang yang terakhir dari mereka masuk
surga (bersama-sama); wajah mereka indah bercahaya seperti rembulan di
malam purnama.
قَالَ
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ
مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا أُمَامَةَ الْبَاهِلِيَّ يَقُولُ:
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: وَعَدَنِي
رَبِّي، عَزَّ وَجَلَّ، أَنْ يُدْخِلَ الْجَنَّةَ مِنْ أُمَّتِي سَبْعُونَ أَلْفًا،
مَعَ كُلِّ أَلْفٍ سَبْعُونَ أَلْفًا، وَلَا حِسَابَ عَلَيْهِمْ وَلَا عَذَابَ،
وَثَلَاثُ حَثَيَات مِنْ حَثَيَاتِ رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ"
Abu Bakar ibnu Abu Syaibah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ismail
ibnu Iyasy, dari Muhammad ibnu Ziad yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar
Abu Umamah Al-Bahili r.a. mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw.
bersabda: Tuhanku telah menjanjikan kepadaku bahwa Dia akan memasukkan ke
dalam surga sebagian dari umatku berjumlah tujuh puluh ribu orang, masing-masing
dari tiap seribu orang membawa tujuh puluh ribu orang, tiada hisab atas mereka
dan tiada azab, juga dimasukkan pula sejumlah tiga raupan dari raupan tangan
Tuhanku.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Al-Walid ibnu Muslim, dari Safwan ibnu
Amr, dari Hakim ibnu Amir, dari Abul Yaman alias Amir ibnu Abdullah ibnu Yahya,
dari Abu Umamah.
Imam Tabrani meriwayatkannya dari Uyaynah ibnu Abdus Salma dengan teks:
"ثُمَّ
يُشَفَّعُ كُلُّ أَلْفٍ فِي سَبْعِينَ أَلْفًا"
Kemudian setiap seribu orang membawa tujuh puluh ribu orang.
Hal yang semisal telah diriwayatkan dari Sauban dan Abu Sa'id Al-Anmari, yang
mempunyai banyak syahid yang menguatkannya diriwayatkan melalui jalur-jalur yang
cukup banyak.
************
Firman Allah Swt.:
{حَتَّى
إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلامٌ
عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ}
Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu, sedangkan pintu-pintunya
telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, "Kesejahteraan
(dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini,
sedangkan kamu kekal di dalamnya. (Az-Zumar: 73)
Jawaban mereka tidak disebutkan dalam ayat ini. Bentuk lengkapnya ialah bahwa
sehingga manakala mereka telah sampai ke surga, dan hal-hal yang disajikan
terhadap mereka —seperti dibukakannya semua pintu surga bagi mereka— merupakan
suatu penghormatan dan pengagungan bagi mereka; dan para malaikat penjaga surga
menyambut kedatangan mereka dengan berita gembira, salam, dan pujian.
Sebagaimana Malaikat Zabaniyah (malaikat juru siksa) menyambut kedatangan
orang-orang kafir dengan caci maki dan kecaman. Maka apabila hal itu terjadi,
ahli surga merasa berbahagia, senang, gembira, dan riang; masing-masing
merasakannya sesuai dengan kenikmatan yang telah disediakan baginya di dalam
surga.
Apabila jawab (istilah Nahwu, pent.) tidak disebutkan dalam ayat ini,
maka hati pembaca akan dipenuhi dengan rasa harap dan angan-angan (untuk
mengetahui kelanjutannya). Dan orang yang menduga bahwa huruf wawu yang terdapat
di dalam firman-Nya:
{وَفُتِحَتْ
أَبْوَابُهَا}
sedangkan pintu-pintunya telah terbuka. (Az-Zumar: 73)
adalah wawu samaniyah, lalu ia menyimpulkan dari ayat ini bahwa semua
pintu surga itu berjumlah delapan. Maka sesungguhnya ia jauh dari kebenaran
dalam kesimpulannya, dan berarti telah meruwetkan permasalahan. Karena
sesungguhnya pengertian jumlah semua pintu surga ada delapan buah itu hanyalah
disimpulkan dari hadis-hadis sahih yang membicarakannya, bukan dari ayat
ini.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ: أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ
الزُّهْرِيِّ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ أَنْفَقَ
زَوْجَيْنِ مِنْ مَالِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، دُعِيَ مِنْ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ،
وَلِلْجَنَّةِ أَبْوَابٌ ، فَمَنْ كَانَ مَنْ أَهْلِ الصَّلَاةِ دُعِي مِنْ بَابِ
الصَّلَاةِ، وَمَنْ كَانَ مَنْ أَهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الصَّدَقَةِ،
وَمَنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجِهَادِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الْجِهَادِ، وَمَنْ كَانَ
مِنْ أَهْلِ الصِّيَامِ دُعِيَ مِنْ بَابِ الرَّيَّانِ" فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ،
رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَا عَلَى
أَحَدٍ مِنْ ضَرُورَةٍ دُعي، مِنْ أَيِّهَا دُعِيَ، فَهَلْ يُدْعَى مِنْهَا
كُلِّهَا أَحَدٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: "نَعَمْ، وَأَرْجُو أَنْ تَكُونَ
مِنْهُمْ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah
menceritakan kepada kami Ma'mar, dari Az-Zuhri, dari Humaid ibnu Abdur Rahman,
dari Abu Hurairah r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
Barang siapa yang membelanjakan sejodoh hartanya (ternaknya) di jalan
Allah Swt., maka ia akan diseru dari semua pintu surga. Dan surga itu mempunyai
banyak pintu masuk. Maka barang siapa yang ahli salat, ia diseru dari pintu
salat. Barang siapa ahli sedekah, ia diseru dari pintu sedekah. Barang siapa
ahli jihad, ia diseru dari pintu jihad. Dan barang siapa ahli puasa, ia diseru
dari pintu Ar-Rayyan. Maka sahabat Abu Bakar bertanya, "Wahai Rasulullah,
tidak menjadi masalah bagi seseorang bila ia diseru dari pintu mana pun, tetapi
apakah ada seseorang yang diseru dari semua pintu surga?" Rasulullah Saw.
menjawab: Ya, ada. Dan aku berharap semoga engkau termasuk di antara
mereka.
Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan hadis ini melalui Az-Zuhri dengan
lafaz yang semisal.
Di dalam kitab Sahihain disebutkan melalui hadis Abu Hazim alias
Salamah ibnu Dinar, dari Sahi ibnu Sa'd r.a., bahwa Rasulullah Saw. pernah
bersabda:
"إِنَّ
فِي الْجَنَّةِ ثَمَانِيَةَ أَبْوَابٍ، بَابٌ مِنْهَا يُسَمَّى الرَّيَّانُ، لَا
يَدْخُلُهُ إِلَّا الصَّائِمُونَ"
Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat delapan buah pintu; salah satunya
dinamakan Ar-Rayyan, tiada seorang pun yang masuk darinya kecuali hanya
orang-orang yang puasa.
Di dalam kitab Sahih Muslim disebutkan melalui Umar ibnul Khattab r.a.
yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"مَا
مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغَ -أَوْ: فَيُسْبِغَ الْوُضُوءَ-ثُمَّ
يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُولُهُ، إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ، يَدْخُلُ
مِنْ أَيِّهَا شَاءَ"
Tidak sekali-kali seseorang dari kamu berwudu dengan sangat atau dengan
sempurna, kemudian mengucapkan doa, "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang
wajib disembah melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya,”
melainkan dibukakan baginya semua pintu surga yang delapan, dia dapat
memasukinya dari pintu mana pun yang disukainya.
قَالَ
الْحَسَنُ بْنُ عَرَفَةَ: حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي حُسَين، عَنْ شَهْر بْنِ حَوْشَب، عَنْ
مُعَاذٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ: لَا إِلَهَ إِلَّا
اللَّهُ"
Al-Hasan ibnu Arafah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Isamil ibnu
Iyasy, dari Abdullah ibnu Abdur Rahman ibnu Abu Husain, dari Syahr ibnu Hausyab,
dari Mu'az r.a. yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Kunci
surga ialah (kalimat) "Tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain
Allah.”
Hadits-Hadits Tentang Pintu Surga
Di dalam kitab Sahihain disebutkan melalui hadis Abu Zar'ah, dari Abu
Hurairah r.a. tentang hadis syafaat yang cukup panjang, yang antara lain seperti
berikut:
"فَيَقُولُ
اللَّهُ يَا مُحَمَّدُ، أَدْخِلْ مَنْ لَا حِسَابَ عَلَيْهِ . مِنْ
أُمَّتِكَ مِنَ الْبَابِ الْأَيْمَنِ، وَهُمْ شُرَكَاءُ النَّاسِ فِي الْأَبْوَابِ
الْأُخَرِ. وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، إِنَّ مَا بَيْنَ
الْمِصْرَاعَيْنِ مِنْ مَصَارِيعِ الْجَنَّةِ -مَا بَيْنَ عِضَادَتَيِ
الْبَابِ-لَكُمَا بَيْنَ مَكَّةَ وَهَجَرٍ-أَوْ هَجَرٍ وَمَكَّةَ". وَفِي
رِوَايَةٍ: "مَكَّةَ وَبُصْرَى"
Maka Allah Swt. berfirman, "Hai Muhammad, masukkanlah orang yang tidak ada
hisab baginya dari kalangan umatmu dari pintu sebelah kanan, dan pintu lainnya
dipersekutukan oleh semua orang. Demi Tuhan yang jiwa Muhammad berada di dalam
genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya jarak di antara kedua sisi pintu dari
salah satu pintu surga yaitu lebar dari kedua daun pintu (gerbang)nya
benar-benar sama dengan jarak antara Mekah ke Hajar atau antara Hajar ke
Mekah. Dan menurut riwayat lain disebutkan: antara Mekah dan
Basra.
Di dalam Sahih Muslim disebutkan dari Atabah ibnu Gazwan, bahwa ia
pernah berkhotbah kepada mereka sekali khotbah, antara lain ia mengatakan:
"وَلَقَدْ
ذُكِرَ لَنَا أَنَّ مَا بَيْنَ مِصْرَاعَيْنِ مِنْ مَصَارِيعِ الْجَنَّةِ،
مَسِيرَةُ أَرْبَعِينَ سَنَةً، وَلِيَأْتِيَنَّ عَلَيْهِ يَوْمٌ وَهُوَ كَظِيظٌ
مِنَ الزِّحَامِ"
bahwa telah diceritakan kepada kami bahwa jarak di antara kedua sisi pintu
dari suatu pintu-pintu surga sama dengan perjalanan empat puluh tahun. Dan
sesungguhnya akan datang padanya suatu hari, sedangkan pintu itu akan penuh
sesak karena banyaknya orang yang masuk.
Di dalam kitab Al-Musnad disebutkan dari Hakim ibnu Mu'awiyah, dari
ayahnya, dari Rasulullah Saw. hal yang semisal.
قَالَ
عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ: حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا ابْنُ
لَهِيعَةَ، حَدَّثَنَا دَرَّاج، عَنْ أَبِي الْهَيْثَمِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ، عَنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: "إِنَّ مَا بَيْنَ
مِصْرَاعَيْنِ فِي الْجَنَّةِ مَسِيرَةُ أَرْبَعِينَ سَنَةً"
Abdu ibnu Humaid mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu
Musa, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi'ah, telah menceritakan kepada
kami Darij, dari Abul Haisam, dari Abu Sa'id r.a., dari Rasulullah Saw. yang
telah bersabda: Sesungguhnya jarak di antara kedua sisi pintu surga sama
dengan jarak perjalanan empat puluh tahun.
*************
Adapun firman Allah Swt.:
{وَقَالَ
لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ}
dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, "Kesejahteraan
(dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu!" (Az-Zumar: 73)
Yakni alangkah baiknya amal perbuatan dan ucapan kalian, alangkah baiknya
usaha kalian, dan alangkah baiknya balasan pahala kalian. Seperti yang
diperintahkan oleh Rasulullah Saw. agar diserukan di kalangan kaum muslim dalam
suatu peperangan:
"إِنَّ
الْجَنَّةَ لَا يَدْخُلُهَا إِلَّا نَفْسٌ مُسْلِمَةٌ" وَفِي رِوَايَةٍ:
"مُؤْمِنَةٌ".
Sesungguhnya surga itu tidak dapat dimasuki kecuali oleh jiwa yang muslim
atau mukmin.
************
Adapun firman Allah Swt.:
{فَادْخُلُوهَا
خَالِدِينَ}
Maka masukilah surga ini, sedangkan kamu kekal di dalamnya. (Az-Zumar:
73)
Yakni tinggallah kalian di dalamnya untuk selama-lamanya, kalian tidak akan
mau pindah darinya.
{وَقَالُوا
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي صَدَقَنَا وَعْدَهُ}
Dan mereka mengucapkan, "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi
janji-Nya kepada kami.” (Az-Zumar: 74)
Maksudnya, orang-orang mukmin itu apabila telah menyaksikan pahala mereka
yang berlimpah di dalam surga dan pemberian yang besar, nikmat yang abadi, dan
kerajaan yang besar, maka pada saat itu mereka mengatakan: Segala puji bagi
Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami. (Az-Zumar: 74)
Yaitu apa yang telah dijanjikan-Nya melalui lisan rasul-rasul-Nya yang mulia,
sebagaimana mereka pun mengatakannya dalam doa mereka semasa di dunia:
{رَبَّنَا
وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ
إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ}
Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami
dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari
kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji. (Ali Imran: 194)
Dan mereka mengatakan pula dalam doanya:
{وَقَالُوا
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ
هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ}
dan mereka berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami ke
(surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau
Allah tidak memberi kami petunjuk. Sesungguhnya telah datang rasul-rasul Tuhan
kami, membawa kebenaran" (Al-A'raf: 43)
{وَقَالُوا
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ
شَكُورٌ الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا
فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ}
Dan mereka berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka
cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar
Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang
kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa
lelah dan tiada pula merasa lesu."(Fatir: 34-35)
Dan ucapan mereka yang disitir oleh firman-Nya:
{وَأَوْرَثَنَا
الأرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاءُ فَنِعْمَ أَجْرُ
الْعَامِلِينَ}
dan telah memberi kepada kami tempat ini, sedangkan kami
(diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang telah kami
kehendaki.” Maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal.
(Az-Zumar: 74)
Abul Aliyah, Abu Saleh, Qatadah, As-Saddi, serta Ibnu Zaid mengatakan bahwa
yang dimaksud dengan tanah dalam ayat ini ialah surga.
Ayat ini semakna dengan firman-Nya:
{وَلَقَدْ
كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الأرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ
الصَّالِحُونَ}
Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam)
Lauh Mahfuz, bahwa bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh.
(Al-Anbiya: 105)
Karena itulah disebutkan dalam surat ini oleh firman-Nya:
{نَتَبَوَّأُ
مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاءُ}
sedangkan kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana
saja kami kehendaki. (Az-Zumar: 74)
Yakni di bagian mana pun kami ingin menempatinya diperkenankan, maka
sebaik-baik pahala adalah yang telah kami terima sebagai balasan dari amal
perbuatan kami.
Di dalam kitab Sahihain disebutkan melalui hadis Az-Zuhri, dari Anas
r.a. tentang kisah Mi'raj, bahwa Nabi Saw. bersabda:
"أُدْخِلْتُ
الْجَنَّةَ، فَإِذَا فِيهَا جَنَابِذُ اللُّؤْلُؤِ، وَإِذَا تُرَابُهَا
الْمِسْكُ"
Aku dibawa masuk ke dalam surga, tiba-tiba di dalamnya terdapat
bukit-bukit dari mutiara dan tanahnya adalah minyak kesturi.
قَالَ
عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ: حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ
سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا الْجُرَيْرِيُّ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
[رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ] أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وسلم سَأَلَ ابْنَ
صَائِدٍ عَنْ تُرْبَةِ الْجَنَّةِ؟ فَقَالَ: دَرْمَكة بيضاءُ مِسْك خَالِصٌ:
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
"صَدَقَ"
Abdu ibnu Humaid mengatakan, telah menceritakan kepada kami Rauh ibnu Ubadah,
telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu Salamah, dari Al-Jariri, dari Abu
Nadrah, dari Abu Sa'id r.a. yang mengatakan bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw.
pernah bertanya kepada Ibnu Sa'id tentang tanah surga, maka Ibnu Sa'id menjawab,
"Tanahnya putih, baunya sangat harum seperti minyak kesturi yang murni." Maka
Rasulullah Saw. bersabda, "Benar."
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Muslim melalui hadis Abu Salamah,
dari Abu Nadrah, dari Abu Sa'id r.a.
وَرَوَاهُ
مُسْلِمٌ [أَيْضًا] عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ، عَنْ أَبِي أُسَامَةَ،
عَنِ الجُرَيْرِي، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ؛ أَنَّ ابْنَ صَائِدٍ
سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ تُرْبَةِ
الْجَنَّةِ، فَقَالَ: "دَرْمكة بَيْضَاءُ مِسْكٌ خَالِصٌ"
Imam Muslim telah meriwayatkan pula dari Abu Bakar ibnu Abu Syaibah, dari Abu
Usamah, dari Al-Jariri, dari Abu Nadrah, dari Abu Sa'id r.a. yang menceritakan
bahwa sesungguhnya Ibnu Sa'id pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang
tanah surga, maka beliau Saw. menjawab: Pasir putih terdiri dari minyak
kesturi yang murni.
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Abu Gassan ibnu Ismail, telah menceritakan kepada kami
Israil, dari Abu Ishaq, dari Asim Ibnu Damrah, dari Ali ibnu AbuTalib r.a.
sehubungan dengan makna firman-Nya: Dan orang-orang yang bertakwa kepada
Tuhannya dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). (Az-Zumar: 73)
Mereka digiring hingga sampai di pintu surga, mereka menemukan padanya sebuah
pohon yang dari bagian bawah pohon itu memancar dua mata air. Lalu mereka pergi
ke salah satu mata air itu dan bersucilah mereka dari airnya. Maka memancarlah
dari tubuh mereka sinar kebahagiaan, dan kulit mereka tidak berubah lagi
sesudahnya untuk selama-lamanya; dan rambut mereka tidak awut-awutan lagi
selama-lamanya sesudah itu, seakan-akan rambut mereka diminyaki. Kemudian mereka
pergi ke mata air yang lainnya seakan-akan mereka mendapat perintah, lalu
minumlah mereka dari airnya. Maka lenyaplah semua kotoran dan penyakit yang ada
pada perut mereka sebelumnya. Para malaikat menyambut kedatangan mereka di depan
pintu surga: Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu!
Maka masukilah surga ini, sedangkan kamu kekal di dalamnya. (Az-Zumar: 73)
Semua pelayan surga menyambut kedatangan tuannya masing-masing seraya
mengelilinginya —sebagaimana menyambut kedatangan tuannya yang lama pergi dari
pengembaraannya— seraya berkata, "Bergembiralah, Allah telah menyediakan anu dan
anu sebagai penghormatan buatmu." Kemudian salah seorang dari pelayannya pergi
menemui istri-istrinya dari kalangan bidadari, lalu mengatakan kepada mereka,
"Si anu telah datang," seraya menyebut namanya saat di dunia. Maka mereka
bertanya, "Apakah kamu benar-benar melihat kedatangannya?" Pelayan itu menjawab,
"Ya." Maka kegembiraan mereka meledak sehingga tidak sabar lagi mereka keluar
menuju pintu. Lalu datanglah suami mereka, tiba-tiba menjumpai tempatnya telah
dilengkapi dengan bantal-bantal yang bersusun, gelas-gelas yang terletak di
dalamnya, dan permadani-permadani yang terhampar. Kemudian ia melihat ke arah
fondasi bangunan gedungnya; ternyata ia menjumpainya dibangun di atas fondasi
mutiara, ada yang merah, ada yang hijau, ada yang kuning, ada yang putih, dan
semua warna lainnya. Kemudian ia arahkan pandangannya ke bagian atas gedung;
seandainya Allah Swt. tidak memberinya kekuasaan, niscayalah matanya akan buta
karena bagian atasnya berkilauan seperti kilat. Kemudian ia memandang ke arah
istri-istrinya dari kalangan bidadari, setelah itu ia bersandar pada dipan dipan
pelaminannya seraya berkata: Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami
kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk
kalau Allah tidak memberi kami petunjuk. (Al-A'raf: 43)
Kemudian Ibnu Abu Hatim mengatakan:
حَدَّثَنَا،
أَبِي حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ النّهْدِي، حَدَّثَنَا
مَسْلَمَةُ بْنُ جَعْفَرٍ الْبَجَلِيُّ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا مُعَاذٍ الْبَصْرِيَّ
يَقُولُ: إِنَّ عَلِيَّا، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ عِنْدَ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "وَالَّذِي نَفْسِي، بِيَدِهِ إِنَّهُمْ إِذَا
خَرَجُوا مِنْ قُبُورِهِمْ يُسْتَقبلون -أَوْ: يُؤْتون-بِنُوقٍ لَهَا أَجْنِحَةٌ،
وَعَلَيْهَا رِحَالُ الذَّهَبِ، شِرَاكُ نِعَالِهِمْ نُورٌ يَتَلَأْلَأُ كُلُّ
خَطْوَةٍ مِنْهَا مَدُّ الْبَصَرِ، فَيَنْتَهُونَ إِلَى شَجَرَةٍ يَنْبُعُ مَنْ
أَصِلُهَا عَيْنَانِ، فَيَشْرَبُونَ مِنْ إِحْدَاهُمَا فيُغْسَل مَا فِي
بُطُونِهِمْ مَنْ دَنَسٍ، وَيَغْتَسِلُونَ مِنَ الْأُخْرَى، فَلَا تَشْعَثُ
أَبْشَارُهُمْ وَلَا أَشْعَارُهُمْ بَعْدَهَا أَبَدًا، وَتَجْرِي عَلَيْهِمْ
نَضْرَةُ النَّعِيمِ، فَيَنْتَهُونَ -أَوْ: فَيَأْتُونَ-بَابَ الْجَنَّةِ، فَإِذَا
حَلْقَةٌ مِنْ يَاقُوتَةٍ حَمْرَاءَ عَلَى صَفَائِحِ الذَّهَبِ، فَيَضْرِبُونَ
بِالْحَلْقَةِ عَلَى الصَّفِيحَةِ ، فَيُسْمَعُ لَهَا طَنِينٌ يَا عَلِيُّ،
فَيَبْلُغُ كُلَّ حَوْرَاءَ أَنَّ زَوْجَهَا قَدْ أَقْبَلَ، فَتَبْعَثُ قَيّمها
فَيَفْتَحُ لَهُ، فَإِذَا رَآهُ خَرّ لَهُ -قَالَ مَسْلَمَةُ: أُرَاهُ قَالَ:
سَاجِدًا -فَيَقُولُ: ارْفَعْ رَأْسَكَ، فَإِنَّمَا أَنَا قَيمك، وُكِّلْتُ
بِأَمْرِكَ. فَيَتْبَعُهُ وَيَقْفُو أَثَرَهُ، فَتَسْتَخِفُّ الْحَوْرَاءَ
الْعَجَلَةُ، فَتَخْرُجُ مِنْ خِيَامِ الدُّرِّ وَالْيَاقُوتِ حَتَّى تَعْتَنِقَهُ،
ثُمَّ تَقُولُ: أَنْتَ حِبِّي، وَأَنَا حِبُّكَ، وَأَنَا الْخَالِدَةُ الَّتِي لَا
أَمُوتُ، وَأَنَا النَّاعِمَةُ الَّتِي لَا أَبْأَسُ، وَأَنَا الرَّاضِيَةُ الَّتِي
لَا أَسْخَطُ، وَأَنَا الْمُقِيمَةُ الَّتِي لَا أَظْعَنُ". فَيَدْخُلُ بَيْتًا
مِنْ أُسِّهِ إِلَى سَقْفِهِ مِائَةُ أَلْفِ ذِرَاعٍ، بِنَاؤُهُ عَلَى جَنْدَلِ
اللُّؤْلُؤِ، طَرَائِقُ أصفر وأخضر وأحمر، ليس فيها طريقة تُشَاكِلُ صَاحِبَتَهَا،
فِي الْبَيْتِ سَبْعُونَ سَرِيرًا، عَلَى كُلِّ سَرِيرٍ سَبْعُونَ حَشْيَة، عَلَى
كُلِّ حَشِيَّةٍ سَبْعُونَ زَوْجَةً، عَلَى كُلِّ زَوْجَةٍ سَبْعُونَ حُلَّةً،
يُرَى مُخّ سَاقِهَا مِنْ بَاطِنِ الحُلَل، يَقْضِي جِمَاعَهَا فِي مِقْدَارِ
لَيْلَةٍ مِنْ لَيَالِيكُمْ هَذِهِ. الأنهار مِنْ
تَحْتِهِمْ تَطّرد، أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ -قَالَ: صَافٍ، لَا كَدَرَ
فِيهِ-وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ -قَالَ: لَمْ يَخْرُجْ
مِنْ ضُرُوعِ الْمَاشِيَةِ-وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ -قَالَ:
لَمْ تَعْصِرْهَا الرِّجَالُ بِأَقْدَامِهِمْ -وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ
مُصَفَّى-قَالَ: لَمْ يَخْرُجْ مِنْ بُطُونِ النَّحْلِ. يَسْتَجْنِي الثِّمَارَ،
فَإِنْ شَاءَ قَائِمًا، وَإِنْ شَاءَ قَاعِدًا، وَإِنْ شَاءَ مُتَّكِئًا -ثُمَّ
تَلَا {وَدَانِيَةً عَلَيْهِمْ ظِلالُهَا وَذُلِّلَتْ قُطُوفُهَا تَذْلِيلا}
[الْإِنْسَانِ:14]-فَيَشْتَهِي الطَّعَامَ فَيَأْتِيهِ طَيْرٌ أَبْيَضُ-قَالَ:
وَرُبَّمَا قَالَ: أَخْضَرُ. قَالَ: -فَتَرْفَعُ أَجْنِحَتَهَا، فَيَأْكُلُ مِنْ
جُنُوبِهَا، أَيَّ الْأَلْوَانِ شَاءَ، ثُمَّ يَطِيرُ فَيَذْهَبُ ، فَيَدْخُلُ
الْمَلَكُ فَيَقُولُ: سَلَامٌ عَلَيْكُمْ، تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا
بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ. وَلَوْ أَنَّ شَعْرَةً مِنْ شَعْرِ الْحَوْرَاءِ
وَقَعَتْ لِأَهْلِ الْأَرْضِ، لَأَضَاءَتِ الشَّمْسُ مَعَهَا سَوَادًا فِي
نُورٍ".
telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Abu
Gassan Malik ibnu Ismail An-Nahdi, telah menceritakan kepada kami Maslamah ibnu
Ja'far Al-Bajali yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Mu'az Al-Basri
mengatakan bahwa sesungguhnya Ali r.a. di suatu hari berada di rumah Nabi Saw.,
lalu Nabi Saw. bersabda, "Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman
kekuasaan-Nya, sesungguhnya mereka apabila dibangkitkan dari kuburnya, maka
didatangkanlah kepada mereka (ahli surga) unta kendaraan yang bersayap yang
berpelanakan emas, tali terompah mereka dari cahaya yang berkilauan; setiap
langkah dari unta kendaraan itu dapat mencapai jarak sejauh mata memandang.
Perjalanan mereka sampai di sebuah pohon yang dari akarnya menyumber dua buah
mata air. Lalu dari salah satunya mereka minum, maka tercuci bersihlah semua
kotoran yang ada di dalam perut mereka. Dan mereka mandi dari mata air yang
lainnya, maka kulit mereka tidak lagi keriput dan rambut mereka tidak
awut-awutan lagi untuk selama-lamanya sesudah itu, dan dari penampilan mereka
terpancarkan kehidupan yang menyenangkan. Hingga sampailah mereka di depan pintu
surga, dan mereka menjumpai lingkaran pegangan pintunya terbuat dari yaqut merah
yang dihiasi dengan lempengan emas. Lalu mereka memukulkan lingkaran itu pada
lempengan emas, maka terdengarlah suara dentingan yang kedengarannya seperti
suara, 'Hai Ali,' sehingga sampailah suara itu ke telinga para bidadari calon
istri-istrinya, dan mereka mengerti bahwa suami mereka telah tiba. Lalu
istri-istrinya mengutus dayangnya untuk menyambut kedatangan suaminya itu.
Manakala si suami melihat kedatangan dayang itu, maka ia menyungkur
kepadanya —Maslamah mengatakan bahwa menurut hematku Ali bermaksud
mengatakan menyungkur bersujud kepadanya—. Maka si dayang itu berkata
kepadanya, 'Angkatlah kepalamu, sesungguhnya aku ini hanyalah dayangmu, aku
disuruh untuk menyambut kedatanganmu.' Lalu ia mengikutinya. Para istrinya sudah
tidak sabar lagi menyambut kedatangannya, mereka keluar dari kemah berlian dan
yaqutnya, lalu langsung memeluk suaminya seraya berkata, "Engkau adalah
kekasihku dan aku adalah kekasihmu, akulah istrimu yang kekal yang tidak akan
mati, akulah istri yang selalu senang dan tidak pernah sengsara, akulah istri
yang selalu rela dan tidak pernah marah, akulah istri yang setia yang selalu
berada di tempat dan tidak pernah pergi." Lalu ia memasuki sebuah gedung yang
tingginya dari fondasinya adalah seribu hasta, dibangun di atas fondasi mutiara
yang beraneka ragam warnanya, kuning, hijau, merah; tiada suatu batu mutiara pun
dari fondasi itu yang sewarna dengan lainnya. Di dalam gedung itu terdapat tujuh
puluh pelaminan, setiap palaminan mempunyai tujuh puluh buah kasur, dan pada
setiap kasur terdapat tujuh puluh orang istri; setiap istri mengenakan tujuh
puluh macam perhiasan dan pakaian, sumsum betisnya dapat kelihatan dari balik
pakaian yang dikenakannya; dan untuk menyetubuhinya diperlukan waktu semalam
suntuk seperti malam kalian ini. Sungai-sungai mengalir di bawah mereka
(penduduk surga). Ada sungai air yang tawar, bersih tidak ada kotoran
padanya; ada sungai susu yang tidak berubah rasanya, yakni bukan seperti yang
dikeluarkan dari tetek hewan perahan; dan ada sungai khamr yang lezat rasanya
bagi para peminumnya, bukan seperti khamr yang diperas dengan kaki manusia; ada
pula sungai madu yang disaring, bukan seperti madu yang dihasilkan dari perut
lebah. Ia dapat memetik buah pepohonan surga sekehendak hatinya, baik dalam
keadaan berdiri, duduk, ataupun bersandar. Kemudian Nabi Saw. membaca
firman-Nya: Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka
dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. (Al-Insan: 14) Maka
bila ia menginginkan makanan, datanglah kepadanya burung putih dan adakalanya
burung hijau, lalu burung itu mengangkat sayapnya, maka ia dapat makan dari
lambung burung itu segala macam makanan yang disukainya. Setelah itu burung
tersebut terbang pergi, dan masuklah kepadanya malaikat yang mengatakan
kepadanya, "Kesejahteraan di limpahkan atas kalian, itulah surga yang
diwariskan (diberikan) kepadamu sebagai balasan dari apa yang telah kalian
kerjakan (selama di dunia)." Seandainya sebilah rambut bidadari dijatuhkan ke
bumi, niscaya cahayanya dapat menerangi bagian gelap yang tidak terjangkau oleh
sinar matahari.
Hadis ini berpredikat garib, seakan-akan hadis ini mursal;
hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.