Tahqiq Tafsir Ibnu Katsir

Mukadimah Tahqiq

Tidak diragukan bahwa proyek yang dilakukan terhadap "Tafsir Ibnu Katsir" ini bukanlah sekedar pekerjaan sederhana dan ringan. Kitab ini meliputi sejumlah hadits yang sangat banyak, bahkan mencapai ratusan atau ribuan hadits Nabi SAW, ditambah lagi dengan adanya berbagai atsar dan yang lainnya. Meneliti setiap hadits dan atsar yang ada, bukanlah pekerjaan yang mudah dan remeh, tentu semua itu membutuhkan waktu yang sangat lama dan jumlah halaman yang menumpuk, namun semua itu tidak menghalangi kami untuk dapat mencapai sebagiannya. Karena itu usaha ini akan terbatas pada:
1.      Merujuk hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam kitab Shahihain (Bukhari-Muslim) atau salah satu dari keduanya ke tempatnya masing-masing.
2.      Menjelaskan klaim Al Allamah Al Albani terhadap hadits-hadits yang tidak dimasukkan dalam kitab Shahihain.
3.      Menjelaskan kedudukan hadits-hadits yang tidak terdapat dalam kitab Shahihain dan tidak dikomentari oleh Al Allamah Al Albani rahimahullah. [1]
4.      Menjelaskan sebagian makna kata-kata yang dianggap sulit oleh sebagian pembaca, namun itu sangat sedikit di dalam kitab ini.
Al hafizh rahimahullah banyak menilai sebagian tema yang tidak memerlukan penjelasan lebih luas, ia menyebutkan sebuah hadits namun kemudian menilainya dha’if (lemah), mengklaimnya shahih, hasan, atau menilainya baik (jayyid). Juga menyebutkan berbagai kisah dan menganggapnya janggal, kemudian menjelaskan bahwa kisah tersebut adalah hasil rekayasa ahli kitab dari bani israil (baca; israiliyat), dan sebagainya.
Pada kesempatan ini juga kami tidak lupa untuk menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang ikut andil mentakhrij hadits-hadits dan melakukan berbagai perbandingan.
Mereka adalah; Ridwan bin Athiyah, Thariq bin Habasyi, Khalaf bin Id, Abu Bakar bin Sayyid bin Husain, dan semua yang ikut serta dalam pembentukan kitab ini dengan jerih payah yang tidak temilai.
Akhirnya, kami memohon kepada Allah agar menjadikan upaya ini sebagai amal shalih dan dapat bermanfaat bagi kaum muslimin. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa untuk melakukan semua itu. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan nabi kita, Muhammad SAW, keluarga dan seluruh sahabat beliau. Amin.

Popular posts from this blog

Tafsir Surat Al-Maidah, ayat 51-53

RUQYAH SYAR'IYYAH - PANDUAN SYARA' DAN BATASAN-BATASANNYA

Aplikasi Android Tafsir Ibnu Katsir Lengkap Bahasa Indonesia