Tafsir Surat Maryam, ayat 49-50
{فَلَمَّا
اعْتَزَلَهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ وَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ
وَيَعْقُوبَ وَكُلا جَعَلْنَا نَبِيًّا (49) وَوَهَبْنَا لَهُمْ مِنْ رَحْمَتِنَا
وَجَعَلْنَا لَهُمْ لِسَانَ صِدْقٍ عَلِيًّا (50) }
Maka ketika Ibrahim sudah menjauhkan diri dari
mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah. Kami anugerahkan kepadanya
Ishaq dan Ya’qub. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi. Dan Kami
anugerahkan kepada mereka sebagian dari rahmat Kami dan Kami jadikan mereka buah
tutur yang baik lagi tinggi.
Allah Swt. menceritakan bahwa setelah Nabi Ibrahim menjauh dari ayahnya dan
kaumnya demi karena Allah, maka Allah menggantikan baginya orang-orang yang
lebih baik daripada mereka dan Allah menganugerahkan kepadanya Ishaq dan Ya'qub,
yakni seorang putra dan cucu. Seperti yang disebutkan dalam ayat lain melalui
firman-Nya:
{وَيَعْقُوبَ
نَافِلَةً}
dan Ya’qub sebagai suatu anugerah (dari Kami). (Al-Anbiya: 72)
Dan firman Allah Swt. yang mengatakan:
{وَمِنْ
وَرَاءِ إِسْحَاقَ يَعْقُوبَ}
dan sesudah Ishaq (lahir pula) Ya’qub. (Hud: 71)
Tidak diperselisihkan lagi bahwa Ishaq adalah orang tua Ya'qub, dan hal ini
disebutkan secara jelas oleh nas Al-Qur'an di dalam surat Al-Baqarah, yaitu
firman-Nya:
{أَمْ
كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ حَضَرَ يَعْقُوبَ الْمَوْتُ إِذْ قَالَ لِبَنِيهِ مَا
تَعْبُدُونَ مِنْ بَعْدِي قَالُوا نَعْبُدُ إِلَهَكَ وَإِلَهَ آبَائِكَ
إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ}
Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan (tanda-tanda) maut,
ketika ia berkata kepada anak-anaknya, "Apakah yang kalian sembah
sepeninggalku?” Mereka menjawab, "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek
moyangmu, Ibrahim, Ismail, dan Ishaq.” (Al-Baqarah: 133)
Karena itulah disebutkan dalam ayat ini Ishaq dan Ya'qub. Dengan kata lain,
Allah berfirman bahwa Kami jadikan bagi Ibrahim anak dan keturunannya yang kelak
menjadi nabi-nabi. Hal ini dimaksudkan untuk menyenangkan hati Nabi Ibrahim
semasa hidupnya, karena itulah disebutkan oleh firman-Nya:
{وَكُلا
جَعَلْنَا نَبِيًّا}
Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi. (Maryam: 49)
Seandainya Ya'qub tidak diberitakan menjadi nabi semasa Nabi Ibrahim masih
hidup, tentulah dia tidak akan disebutkan, dan yang disebutkan tentulah cucunya
(yaitu Yusuf) karena sesungguhnya dia pun adalah seorang nabi. Seperti yang
disebutkan oleh Rasulullah Saw. dalam sebuah hadis yang telah disepakati
kesahihannya, yaitu di saat beliau ditanya mengenai orang yang paling baik, maka
Rasul Saw. menjawab dengan nada yang penuh rendah diri (karena kenyataannya
hanya beliaulah makhluk Allah yang paling baik secara mutlak, pent.):
"يُوسُفُ
نَبِيُّ اللَّهِ، ابْنُ يَعْقُوبَ نَبِيِّ اللَّهِ، ابْنِ إِسْحَاقَ نَبِيِّ
اللَّهِ، ابْنِ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلِ اللَّهِ"
Yusuf Nabi Allah putra Ya’qub nabi Allah putra Ishaq nabi Allah putra
Ibrahim kekasih Allah.
Menurut lafaz yang lain disebutkan sebagai berikut:
"إِنَّ
الْكَرِيمَ ابْنَ الْكَرِيمِ ابْنِ الْكَرِيمِ ابْنِ الْكَرِيمِ: يوسفُ بْنُ
يَعْقُوبَ بْنِ إِسْحَاقَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ"
Sesungguhnya orang yang mulia, putra orang yang mulia putra orang yang
mulia putra orang yang mulia ialah Yusuf ibnu Ya’qub ibnu Ishaq ibnu
Ibrahim.
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَوَهَبْنَا
لَهُمْ مِنْ رَحْمَتِنَا وَجَعَلْنَا لَهُمْ لِسَانَ صِدْقٍ
عَلِيًّا}
Dan Kami anugerahkan kepada mereka sebagian dari rahmat Kami dan Kami
jadikan mereka buah tutur yang baik lagi tinggi. (Maryam: 50)
Ali ibnu AbuTalhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna
ayat ini, bahwa makna yang dimaksud ialah buah tutur yang baik. Hal yang sama
telah dikatakan oleh As-Saddi dan Malik ibnu Anas.
Ibnu Jarir mengatakan, sesungguhnya Allah Swt. menyebutkan 'Aliyyan
tiada lain karena semua agama dan millah menyebutkan Ibrahim dengan
sebutan dan pujian yang baik.