Tafsir Surat Al-'Ankabut, ayat 64-66
{وَمَا
هَذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا لَهْوٌ وَلَعِبٌ وَإِنَّ الدَّارَ الآخِرَةَ
لَهِيَ الْحَيَوَانُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ (64) فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ
دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ
إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ (65) لِيَكْفُرُوا بِمَا آتَيْنَاهُمْ وَلِيَتَمَتَّعُوا
فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ (66) }
Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan
senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya
kehidupan, kalau mereka mengetahui. Maka apabila mereka naik kapal, mereka
berdoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya; maka tatkala Allah
menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah), agar mereka
mengingkari nikmat yang telah Kami berikan kepada mereka dan agar mereka
(hidup) bersenang-senang (dalam kekafiran). Kelak mereka akan
mengetahui (akibat perbuatannya).
Allah Swt. berfirman, menceritakan hinanya duniawi dan kefanaannya serta
kesudahannya yang akan lenyap, dan bahwa dunia itu tidak kekal, dan bahwa
kehidupan dunia itu tiada lain hanyalah senda gurau dan main-main.
{وَإِنَّ
الدَّارَ الآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ}
Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan.
(Al-'Ankabut: 64)
Yaitu kehidupan yang abadi lagi sebenarnya yang tiada kefanaan serta tiada
penghabisannya, bahkan kehidupan akhirat terus berlangsung untuk
selama-lamanya.
Firman Allah Swt.:
{لَوْ
كَانُوا يَعْلَمُونَ}
kalau mereka mengetahui. (Al-'Ankabut: 64)
Seandainya mereka mengetahui, tentulah mereka lebih memilih pahala yang kekal
daripada imbalan yang fana.
Dalam ayat berikutnya Allah Swt. memberitahukan bahwa bila mereka dalam
keadaan terjepit, maka mereka berdoa kepada Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya,
mengapa hal ini tidak mereka lakukan selamanya?
{فَإِذَا
رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ}
Maka apabila mereka naik kapal, mereka berdoa kepada Allah dengan
memurnikan ketaatan kepada-Nya. (Al-'Ankabut: 65)
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya dalam ayat yang lain,
yaitu:
{وَإِذَا
مَسَّكُمُ الضُّرُّ فِي الْبَحْرِ ضَلَّ مَنْ تَدْعُونَ إِلا إِيَّاهُ فَلَمَّا
نَجَّاكُمْ إِلَى الْبَرِّ أَعْرَضْتُمْ}
Dan apabila kamu ditimpa bahaya di lautan, niscaya hilanglah siapa yang
kamu seru kecuali Dia. Maka tatkala Dia menyelamatkan kamu ke daratan, kamu
berpaling. (Al-Isra: 67), hingga akhir ayat.
Dan dalam ayat ini disebutkan oleh firman-Nya:
{فَلَمَّا
نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ}
maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka
(kembali) mempersekutukan (Allah). (Al-Ankabut: 65)
Muhammad ibnu Ishaq telah menuturkan dari Ikrimah ibnu Abu Jahal yang telah
menceritakan bahwa ketika Rasulullah Saw. beroleh kemenangan atas kota Mekah,
Ikrimah melarikan diri dari Mekah. Dan ketika ia menempuh jalan laut menaiki
perahu untuk pergi ke negeri Habsyah, di tengah perjalanan perahunya oleng
karena ombak yang besar. Maka para penumpangnya berseru, "Hai kaum, murnikanlah
doa kalian hanya kepada Tuhan kalian (Allah), karena sesungguhnya tiada yang
dapat menyelamatkan kita dari bencana ini selain Dia." Ikrimah berkata, "Demi
Allah, bilamana tiada yang dapat menyelamatkan dari bencana di laut selain Dia,
maka sesungguhnya tiada pula yang dapat menyelamatkan dari bencana di daratan
kecuali hanya Dia. Ya Allah, aku berjanji kepadaMu seandainya aku selamat dari
bencana ini, sungguh aku akan pergi dan benar-benar aku akan meletakkan tanganku
pada tangan Muhammad (masuk Islam), dan aku pasti menjumpainya seorang yang
pengasih lagi penyayang," dan memang apa yang diharapkannya itu benar-benar ia
jumpai pada diri Rasulullah Saw.
Firman Allah Swt.:
{لِيَكْفُرُوا
بِمَا آتَيْنَاهُمْ وَلِيَتَمَتَّعُوا}
agar mereka mengingkari nikmat yang telah Kami berikan kepada mereka dan
agar mereka (hidup) bersenang-senang (dalam kekafiran). (Al-’Ankabut:
66)
Huruf lam yang ada pada lafaz liyakfuru ini menurut pendapat
kebanyakan ulama bahasa Arab dan tafsir serta juga ulama usul menyebutnya
dengan istilah lamul 'aqibah (sehingga artinya menjadi yang berakibat
mereka mengingkari nikmat Allah dan hidup bersenang-senang dalam kekafirannya').
Karena mereka tidak bermaksud demikian pada mulanya, dan tidak diragukan lagi
makna ini memang benar bila dipandang dari sudut mereka. Tetapi bila dipandang
dari sudut takdir Allah atas diri mereka dan kepastian-Nya yang telah menentukan
mereka demikian, maka tidak diragukan lagi lam di sini bermakna
ta'lil. Penjelasan mengenai hal ini telah kami sebutkan sebelumnya dalam
firman Allah Swt.:
{لِيَكُونَ
لَهُمْ عَدُوًّا وَحَزَنًا}
yang akibatnya dia menjadi musuh dan kesedihan bagi mereka.
(Al-Qassas: 8)