Tafsir Surat Al-Qamar, ayat 47-55
{إِنَّ
الْمُجْرِمِينَ فِي ضَلالٍ وَسُعُرٍ (47) يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى
وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ (48) إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ
(49) وَمَا أَمْرُنَا إِلا وَاحِدَةٌ كَلَمْحٍ بِالْبَصَرِ (50) وَلَقَدْ
أَهْلَكْنَا أَشْيَاعَكُمْ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ (51) وَكُلُّ شَيْءٍ فَعَلُوهُ
فِي الزُّبُرِ (52) وَكُلُّ صَغِيرٍ وَكَبِيرٍ مُسْتَطَرٌ (53) إِنَّ الْمُتَّقِينَ
فِي جَنَّاتٍ وَنَهَرٍ (54) فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ (55)
}
Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada
dalam kesesatan (di dunia) dan dalam
neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka pada wajahnya.
(Dikatakan kepada mereka), "Rasakanlah sentuhan api neraka.” Sesungguhnya
Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran. Dan perintah Kami hanyalah satu
perkataan seperti kejapan mata. Dan sesungguhnya telah Kami binasakan orang yang
serupa dengan kamu. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? Dan segala
sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku catatan. Dan segala
(urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis. Sesungguhnya
orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai, di tempat
yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa.
Allah Swt. menceritakan tentang perihal orang-orang yang berdosa, bahwa
mereka berada dalam kesesatan dari kebenaran dan tenggelam di dalam
keragu-raguan dan kebimbangan serta kekacauan dalam pikirannya. Hal ini dialami
pula oleh tiap-tiap orang yang mempunyai sifat yang sama dari kalangan
orang-orang kafir, ahli bid'ah, dan semua golongan yang sesat. Kemudian Allah
Swt. berfirman:
{يَوْمَ
يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ}
(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka pada wajahnya.
(Al-Qamar: 48)
Yakni sebagaimana mereka berada dalam kegelapan, keragu-raguan, dan
kebimbangan, maka mereka mendapat balasan neraka; dan sebagaimana mereka sesat,
maka mereka diseret masuk ke dalam neraka dengan muka di bawah. Mereka tidak
mengetahui ke manakah mereka dibawa, dan dikatakan kepada mereka dengan nada
kecaman dan cemoohan:
{ذُوقُوا
مَسَّ سَقَرَ}
Rasakanlah sentuhan api neraka! (Al-Qamar: 48)
*******************
Firman Allah Swt.:
{إِنَّا
كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ}
Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.
(Al-Qamar: 49)
Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:
{وَخَلَقَ
كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا}
dan Dia menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya
dengan serapi-rapinya. (Al-Furqan: 2)
Dan firman Allah Swt.:
{سَبِّحِ
اسْمَ رَبِّكَ الأعْلَى. الَّذِي خَلَقَ فَسَوَّى. وَالَّذِي قَدَّرَ
فَهَدَى}
Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Mahatinggi, yang menciptakan dan yang
menyempurnakan (penciptaan-Nya) dan yang menentukan kadar
(masing-masing) dan memberi petunjuk. (Al-A'la: 1-3)
Yakni Dia telah menentukan ukuran masing-masing makhluk-Nya dan memberi
petunjuk kepada semua makhluk-Nya. Karena itulah maka para imam dari kalangan
Ahlus Sunnah menyimpulkan dalil dari ayat ini yang membuktikan akan kebenaran
dari takdir Allah yang terdahulu terhadap makhluk-Nya. Yaitu pengetahuan Allah
Swt. akan segala sesuatu sebelum kejadiannya dan ketetapan takdir-Nya terhadap
mereka sebelum mereka diciptakan oleh-Nya. Dan dengan ayat ini serta ayat-ayat
lainnya yang semakna, juga hadis-hadis yang sahih, kalangan Ahlus Sunnah
membantah pendapat golongan Qadariyah, yaitu suatu golongan yang muncul di
penghujung masa para sahabat. Kami telah membicarakan hal ini dengan rinci
berikut semua hadis yang berkaitan dengannya di dalam Syarah Kitabul Iman,
bagian dari Syarah Imam Bukhari. Berikut ini kami akan mengetengahkan
sebagian hadis-hadis yang berkaitan dengan ayat yang mulia ini.
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Waki', telah
menceritakan kepada kami Sufyan As-Sauri, dari Ziad ibnu Ismail As-Sahmi, dari
Muhammad ibnu Abbad ibnu Ja'far, dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa
orang-orang musyrik Quraisy datang kepada Nabi Saw. dengan tujuan berdebat
dengannya dalam masalah takdir, maka turunlah ayat: (Ingatlah) pada hari
mereka diseret ke neraka pada wajahnya. (Dikatakan kepada mereka),
"Rasakanlah sentuhan api neraka.” Sesungguhnya Kami menciptakan segala
sesuatu menurut ukuran. (Al-Qamar: 48-49)
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Turmuzi serta Ibnu
Majah melalui hadis Waki' dari Sufyan As-Sauri dengan sanad yang sama.
Al-Bazzar mengatakan, telah menceritakan kepada kami Amr ibnu Ali, telah
menceritakan kepada kami Ad-Dahhak ibnu Makhlad, telah menceritakan kepada kami
Yunus ibnul Haris, dari Amr ibnu Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya yang
mengatakan bahwa ayat-ayat berikut tiada lain diturunkan berkaitan dengan ahli
qadar, yaitu firman Allah Swt.: Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada
dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari
mereka diseret ke neraka pada wajahnya. (Dikatakan kepada mereka),
"Rasakanlah sentuhan api neraka.” Sesungguhnya Kami menciptakan segala
sesuatu menurut ukuran. (Al-Qamar: 47-49)
Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan kepada kami ayahku, telah
menceritakan kepada kami Sahl ibnu Saleh Al-Intaki, telah menceritakan kepadaku
Qurrah ibnu Habib, dari Kinanah, telah menceritakan kepadaku Jarir ibnu Hazim,
dari Sa'id ibnu Amr ibnu Ja'dah, dari Ibnu Zurarah, dari ayahnya, dari Nabi
Saw., bahwa beliau membaca firman-Nya: (Dikatakan kepada mereka),
"Rasakanlah sentuhan api neraka.” Sesungguhnya Kami menciptakan segala
sesuatu menurut ukurannya. (Al-Qamar: 48-49) Lalu Nabi Saw. bersabda:
"نَزَلَتْ
فِي أُنَاسٍ مِنْ أُمَّتِي يَكُونُونَ فِي آخِرِ الزَّمَانِ يُكَذِّبُونَ بِقَدَرِ
اللَّهِ"
Ayat ini diturunkan berkenaan dengan sebagian dari umatku yang kelak ada
di akhir zaman, mereka mendustakan takdir Allah.
Telah menceritakan pula kepada kami Al-Hasan ibnu Arafah, telah menceritakan
kepada kami Marwan ibnu Syuja' Al-Jazari, dari Abdul Malik ibnu Juraij, dari Ata
ibnu Abu Rabah yang mengatakan bahwa ia datang kepada Ibnu Abbas yang saat itu
sedang menimba air dari sumur zamzam, sedangkan bagian bawah kainnya kebasahan.
Lalu aku berkata kepadanya, bahwa sebagian orang ada yang membicarakan masalah
takdir. Maka Ibnu Abbas berkata, "Benarkah mereka telah membicarakannya?" Aku
menjawab, "Ya." Maka dia berkata, "Demi Allah, tiadalah ayat berikut diturunkan
melainkan berkenaan dengan mereka," yaitu firman-Nya: Rasakanlah sentuhan api
neraka'. Sesunguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.
(Al-Qamar: 48-49) Mereka adalah seburuk-buruk umat ini, maka janganlah kamu
jenguk orang-orang sakit mereka, jangan pula kamu menyalatkan orang-orang mati
mereka. Dan jika kamu menjumpai seseorang dari mereka, coloklah matanya dengan
kedua jarimu.
Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini melalui jalur lain yang sebagiannya ada
yang berpredikat marfu'. Ia mengatakan, telah menceritakan kepada kami
Abul Mugirah, telah menceritakan kepada kami Al-Auzai', dari sebagian
saudara-saudaranya, dari Muhammad ibnu Ubaidul Makki, dari Abdullah ibnu Abbas
yang mengatakan bahwa pernah dikatakan kepadanya perihal seorang lelaki yang
baru tiba di kalangan mereka, lelaki itu mendustakan takdir. Maka Ibnu Abbas
berkata, "Tunjukkanlah (tuntunlah) aku kepadanya —yang saat itu Ibnu Abbas telah
buta—." Mereka bertanya, "Hai Abul Abbas, apakah yang hendak engkau lakukan
terhadapnya?" Ibnu Abbas menjawab, "Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam
genggaman-Nya, sesungguhnya jika aku dapat menangkapnya, aku benar-benar akan
menggigit hidungnya hingga putus. Dan sesungguhnya jika yang kutangkap itu
adalah lehernya, aku benar-benar akan meremukkan kepalanya, karena sesungguhnya
aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:
"كَأَنِّي
بِنِسَاءِ بَنِي فِهْر يَطُفْنَ بِالْخَزْرَجِ، تَصْطَفِقُ أَلَيَاتُهُنَّ
مُشْرِكَاتٍ، هَذَا أَوَّلُ شِرْكِ هَذِهِ الْأُمَّةِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ
لَيَنْتَهِيَنَّ بِهِمْ سُوءُ رَأْيِهِمْ حَتَّى يُخْرِجُوا اللَّهَ مِنْ أَنْ
يَكُونَ قَدّر خَيْرًا، كَمَا أَخْرَجُوهُ مِنْ أَنْ يَكُونَ قَدَّرَ
شَرًّا"
'Seakan-akan (diperlihatkan) kepadaku kaum wanita Bani Fihr
berkeliling di kalangan Bani Khazraj, sedangkan pantat mereka digoyang-goyangkan
dalam keadaan musyrik. Itulah permulaan syirik yang terjadi di kalangan umat
ini. Dan demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman-Nya, sungguh
benar-benar akan membinasakan diri mereka sendiri buruknya pendapat mereka,
hingga mereka berani mengatakan bahwa Allah tidak menakdirkan kebaikan
sebagaimana mereka pun tidak percaya bahwa Allah menakdirkan
keburukan'.”
Kemudian Imam Ahmad meriwayatkannya dari Abul Mugirah, dari Al-Auza’i, dari
Al-Ala ibnul Hajjaj, dari Muhammad ibnu Ubaid, lalu disebutkan hal yang semisal,
tetapi mereka tidak ada yang mengetengahkannya.
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu Yazid,
telah menceritakan kepada kami Sa'id, dari Abu Ayyub, telah menceritakan
kepadaku Abu Sakhr, dari Nafi' yang mengatakan bahwa Ibnu Umar mempunyai sahabat
dari kalangan penduduk negeri Syam yang biasa saling berbalas surat dengannya.
Kemudian Ibnu Umar berkirim surat kepadanya yang menyebutkan, "Sesungguhnya
telah sampai kepadaku suatu berita yang mengatakan bahwa engkau telah
memperbincangkan sesuatu mengenai takdir, maka sejak sekarang engkau tidak usah
lagi berkirim surat kepadaku (putuslah hubunganku denganmu), karena sesungguhnya
aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:
"سَيَكُونُ
فِي أُمَّتِي أَقْوَامٌ يُكَذِّبُونَ بِالْقَدَرِ"
'Kelak di kalangan umatku akan ada beberapa kaum yang mendustakan
takdir'.”
Abu Daud telah meriwayatkan hadis ini dari Imam Ahmad Ibnu Hambal dengan
sanad yang sama.
قَالَ
أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ
مَوْلَى غُفْرَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "لِكُلِّ أُمَّةٍ مَجُوسٌ، وَمَجُوسُ أُمَّتِي
الَّذِينَ يَقُولُونَ: لَا قَدَرَ. إِنْ مَرِضُوا فَلَا تَعُودُوهُمْ، وَإِنْ
مَاتُوا فَلَا تَشْهَدُوهُمْ"
Imam Ahmad telah mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Anas ibnu
Iyad, telah menceritakan kepada kami Umar ibnu Abdullah maula Gafrah, dari
Abdullah ibnu Umar, bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Bagi tiap-tiap umat
ada Majusinya, dan Majusinya umatku ialah orang-orang yang mengatakan tidak ada
takdir. Jika mereka sakit, jangan kalian jenguk; dan jika mereka mati, jangan
kalian saksikan (menghadiri) jenazah mereka.
Tiada seorang pun dari Sittah yang mengetengahkan hadis ini dari jalur
tersebut.
قَالَ
أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ، حَدَّثَنَا رِشْدِين، عَنْ أَبِي صَخْرٍ حُمَيد
بْنِ زِيَادٍ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يقول: "سَيَكُونُ فِي هَذِهِ الْأُمَّةِ مَسْخٌ،
أَلَا وَذَاكَ فِي الْمُكَذِّبِينَ بِالْقَدَرِ
وَالزِّنْدِيقِيَّةِ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Qutaibah, telah
menceritakan kepada kami Rasyidin, dari Abu Sakhr Humaid ibnu Ziad, dari Nafi',
dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw.
bersabda: Kelak di kalangan umat ini terdapat kutukan. Ingatlah, hal itu
terjadi di kalangan orang-orang yang mendustakan takdir dan kaum Zindiq.
Imam Turmuzi dan Imam Ibnu Majah telah meriwayatkan hadis ini melalui Abu
Sakhr alias Humaid ibnu Ziad dengan sanad yang sama. Imam Turmuzi menilai hadis
ini hasan sahih garib.
وَقَالَ
أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ الطَّبَّاعِ، أَخْبَرَنِي مَالِكٌ، عَنْ
زِيَادِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ طَاوُسٍ الْيَمَانِيِّ
قَالَ: سَمِعْتُ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وسلم:
"كل شيء بقدرن حَتَّى الْعَجْزُ وَالْكَيْسُ".
Imam Ahmad mengatakan pula bahwa telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnut
Tabba', telah menceritakan kepadaku Malik, dari Ziad ibnu Sa'd, dari Amr ibnu
Muslim, dari Tawus Al-Yamani yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Ibnu Umar
mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Segala sesuatu terjadi
berdasarkan takdir hingga kelemahan dan kepandaian.
Imam Muslim meriwayatkan hadis ini secara munfarid melalui Malik.
Di dalam hadis sahih telah disebutkan sebagai berikut:
"اسْتَعِنْ
بِاللَّهِ وَلَا تَعْجِزْ، فَإِنْ أَصَابَكَ أَمْرٌ فَقُلْ: قَدَّرُ اللَّهُ وَمَا
شَاءَ فَعَلَ، وَلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ لَكَانَ كَذَا، فَإِنَّ لَوْ
تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ"
Mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu lemah. Jika kamu
tertimpa suatu perkara, maka katakanlah, "Allah telah menakdirkan (nya),
apa yang Dia kehendaki pasti terjadi.” Dan janganlah kamu mengatakan bahwa
seandainya aku melakukan anu, niscaya hal ini tidak terjadi. Karena sesungguhnya
law (mengandai-andai) membuka pintu masuk bagi perbuatan setan.
Di dalam hadis yang dikemukakan oleh Ibnu Abbas disebutkan bahwa Rasulullah
Saw. pernah bersabda kepadanya:
"وَاعْلَمْ
أَنَّ الْأُمَّةَ لَوِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ، لَمْ
يَكْتُبْهُ اللَّهُ لَكَ، لَمْ يَنْفَعُوكَ، وَلَوِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ
يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ، لَمْ يَكْتُبْهُ اللَّهُ عَلَيْكَ، لَمْ يضروك. جفّت الأقلام
وطويت الصحف"
Ketahuilah bahwa sekiranya umat ini bersatu untuk memberikan manfaat
kepadamu dengan sesuatu yang tidak ditakdirkan oleh Allah bagimu, niscaya mereka
tidak akan dapat memberikannya kepadamu. Dan seandainya mereka bersatu untuk
menimpakan mudarat kepadamu dengan sesuatu yang tidak ditakdirkan oleh Allah
atas dirimu, niscaya mereka tidak dapat menimpakan mudarat itu kepadamu. Telah
kering semua pena dan semua lembaran telah ditutup.
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnu Siwar,
telah menceritakan kepada kami Al-Lais, dari Mu'awiyah, dari Ayyub. ibnu Ziad,
telah menceritakan kepadaku Ubadah ibnul Walid ibnu Ubadah, telah menceritakan
kepadaku ayahku, bahwa ia menjenguk Ubadah yang sedang sakit yang menurut
pendapatnya tidak ada harapan lagi untuk dapat sembuh. Lalu ia berkata, "Wahai
Ayahku, berwasiatlah kepadaku dan bersungguh-sungguhlah bagiku." Maka Ubadah
mengatakan, "Dudukkanlah aku." Setelah mereka mendudukkannya, ia berkata, "Hai
Anakku, sesungguhnya engkau masih belum merasakan manisnya iman dan masih belum
sampai kepada hakikat ilmu mengenai Allah sebelum engkau beriman kepada takdir,
takdir yang baik dan takdir yang buruk." Aku bertanya, "Hai Ayahku, bagaimanakah
caranya agar aku dapat mengetahui takdir yang baik dan takdir yang buruk?" Ia
menjawab, "Perlu engkau ketahui bahwa apa yang luput darimu sudah menjadi takdir
tidak akan mengenai dirimu, dan apa yang mengenai dirimu sudah menjadi takdir
tidak akan luput darimu. Hai Anakku, sesungguhnya aku pernah mendengar
Rasulullah Saw. bersabda:
"إِنَّ
أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمُ. ثُمَّ قَالَ لَهُ: اكْتُبْ. فَجَرَى فِي
تِلْكَ السَّاعَةِ بِمَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ"
Sesungguhnya yang pertama diciptakan oleh Allah ialah Al-Qalam, kemudian
Allah berfirman kepadanya, 'Tulislah!' Maka di saat itu juga Al-Qalam bergerak
menulis tentang semua makhluk yang akan terjadi sampai hari kiamat.
Hai Anakku, jika engkau mati dalam keadaan tidak beriman terhadapnya, niscaya
masuk nerakalah kamu."
Imam Turmuzi meriwayatkan hadis ini dari Yahya ibnu Musa Al-Balkhi, dari Abu
Daud At-Tayalisi, dari Abdul Wahid ibnu Sulaim, dari Ata ibnu Abu Rabah, dari
Al-Walid ibnu Ubadah, dari ayahnya dengan sanad yang sama. Lalu Imam Turmuzi
mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih garib.
Sufyan As-Sauri telah meriwayatkan dari Mansur, dari Rib'i ibnu Khirasy, dari
seorang lelaki, dari Ali ibnu Abu Talib yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw.
pernah bersabda:
"لا
يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُؤْمِنَ بِأَرْبَعٍ: يَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا
اللَّهُ، وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ، بَعَثَنِي بِالْحَقِّ، وَيُؤْمِنُ بِالْمَوْتِ،
وَيُؤْمِنُ بِالْبَعْثِ بَعْدَ الْمَوْتِ، وَيُؤْمِنُ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ
وَشَرِّهِ"
Tidaklah seseorang di antara kalian beriman sebelum beriman kepada empat
perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku adalah
utusannya yang Dia utus dengan membawa kebenaran; beriman kepada adanya hari
berbangkit sesudah mati; dan beriman dengan takdir yang baik dan takdir yang
buruk.
Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Imam Turmuzi melalui hadis An-Nadr ibnu
Syumail, dari Syu'bah, dari Mansur dengan sanad yang sama. Hal yang sama telah
diriwayatkan. Dan Imam Turmuzi meriwayatkan hadis ini melalui Abu Daud
At-Tayalisi dari Syu'bah, dari Mansur, dari Rib'i, dan Ah, lalu Turmuzi
mengatakan bahwa riwayat ini menurutku lebih sahih . Hal yang sama telah
diriwayatkan pula oleh Ibnu Majah melalui hadis Syarik, dari Mansur, dari Rib'i,
dari Ali dengan sanad yang sama
Di dalam kitab Sahih Muslim telah disebutkan melalui riwayat Abdullah
ibnu Wahb dan lain-lainnya, dari Abu Hani' Al-Khaulani dari Abu Abdur Rahman
Al-Habli, dari Abdullah ibnu Amryang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah
bersabda:
"إِنَّ
اللَّهَ كَتَبَ مَقَادِيرَ الْخَلَائِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ
وَالْأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ"
Sesungguhnya Allah telah menulis semua takdir makhluk sebelum Dia
menciptakan langit dan bumi dalam jarak lima puluh ribu tahun.
Ibnu Wahb menambahkan firman Allah Swt. dalam hadisnya:
{وَكَانَ
عَرْشُهُ عَلَى الْمَاءِ}
dan adalah 'Arasy-Nya di atas air. (Hud: 7)
Imam Turmuzi telah meriwayatkan pula hadis ini, dan ia mengatakan bahwa
predikat hadis ini kalau tidak hasan, sahih, atau garib.
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَمَا
أَمْرُنَا إِلا وَاحِدَةٌ كَلَمْحٍ بِالْبَصَرِ}
Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan seperti kejapan mata
(Al-Qamar: 50) .
Ini merupakan berita tentang kepastian berlangsungnya kehendak Allah
terhadap makhluk-Nya. Sebagaimana yang telah diberitakan, bahwa takdirNya
berlangsung pula terhadap mereka. Untuk itu Allah Swt berfirman:
{وَمَا
أَمْرُنَا إِلا وَاحِدَةٌ}
Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan. (Al-Qamar: 50)
Yakni sesungguhnya Kami hanya memerlukan perintah satu kata saja, tanpa
memerlukan kata ulang. Maka apa yang Kami perintahkan untuk ada itu pasti ada
dan terjadi seketika itu juga seperti sekejap mata, tanpa ada tenggang waktu
barang sedikit pun. Alangkah indahnya apa yang dikatakan oleh salah seorang
penyair dalam bait syair berikut:
إذَا
مَا أرَادَ اللَّهُ أمْرًا فَإِنَّما ...
يقُولُ لهُ: كُنْ، قَوَلةً فَيَكُونُ ...
Apabila Allah menghendaki suatu
urusan, maka sesungguhnya Dia hanya berkata kepadanya, "Jadilah kamu!" dengan
sekali ucap, maka jadilah ia.
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَلَقَدْ
أَهْلَكْنَا أَشْيَاعَكُمْ}
Dan sesungguhnya telah Kami binasakan orang yang serupa dengan kamu.
(Al-Qamar: 51)
Yaitu orang-orang yang semisal dengan kamu dari kalangan umat-umat terdahulu
yang mendustakan para rasul.
{فَهَلْ
مِنْ مُدَّكِرٍ}
Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Al-Qamar: 51)
Yakni adakah orang yang mengambil pelajaran dari kehinaan yang telah
ditimpakan oleh Allah Swt. terhadap mereka dan azab yang telah ditakdirkan oleh
Allah terhadap mereka. Semakna dengan apa yang disebutkan oleh Allah Swt. dalam
ayat lain melalui firman-Nya:
{وَحِيلَ
بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ مَا يَشْتَهُونَ كَمَا فُعِلَ بِأَشْيَاعِهِمْ مِنْ
قَبْلُ}
Dan dihalangi antara mereka dengan apa yang mereka ingini sebagaimana yang
dilakukan terhadap orang-orang yang serupa dengan mereka pada masa dahulu.
(Saba: 54)
*******************
Adapun firman Allah Swt.:
{وَكُلُّ
شَيْءٍ فَعَلُوهُ فِي الزُّبُرِ}
Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku
catatan. (Al-Qatnar: 52)
Artinya, telah tercatat atas mereka di dalam kitab-kitab yang ada di tangan
para malaikat.
{وَكُلُّ
صَغِيرٍ وَكَبِيرٍ}
Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar. (Al-Qamar '
53)
dari amal perbuatan mereka.
{مُسْتَطَرٌ}
adalah tertulis. (Al-Qamar: 53)
Yakni telah terhimpunkan di dalam kitab catatan amal mereka dan telah
digariskan dalam lembaran-lembaran mereka, tanpa ada yang terlewatkan; baik yang
besar maupun yang kecil, semuanya telah ada di dalamnya.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مُسْلِمِ
بْنِ بَانَكَ: سَمِعْتُ عَامِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، حَدَّثَنِي
عَوْفُ بْنُ الْحَارِثِ -وَهُوَ ابْنُ أَخِي عَائِشَةَ لِأُمِّهَا-عَنْ عَائِشَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: "يَا
عَائِشَةُ، إِيَّاكِ ومُحَقِّرات الذُّنُوبِ، فَإِنَّ لَهَا مِنَ اللَّهِ
طَالِبًا".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Amir, telah
menceritakan kepada kami Sa'id ibnu Muslim ibnu Banik; ia telah mendengar Amir
ibnu Abdullah ibnuz Zubair mengatakan bahwa telah menceritakan kepadaku Auf
ibnul Haris anak lelaki saudara lelaki ibunya Siti Aisyah, dari Aisyah r.a.,
bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Hai Aisyah, janganlah kamu melakukan
dosa-dosa kecil, karena sesungguhnya pelakunya tetap akan dituntut oleh
Allah.
Imam Nasai dan Ibnu Majah meriwayatkan hadis ini melalui jalur Sa'id ibnu
Muslim ibnu Banik Al-Madani yang dinilai siqah oleh Ahmad,
Ibnu Mu-in, dan Abu Hatim serta lain-lainnya. Al-Hafiz Ibnu Asakir telah
meriwayatkan hadis ini dalam biografi Sa'id ibnu Muslim melalui jalur lain.
Kemudian Sa'id mengatakan bahwa lalu ia menceritakan hadis ini kepada Amir ibnu
Hisyam, maka Amir berkata kepadanya, "Celakalah engkau, hai Sa'id ibnu Muslim.
Sesungguhnya telah menceritakan kepadaku Sulaiman ibnul Mugirah, bahwa ia pernah
melakukan suatu perbuatan dosa, lalu ia menganggap remeh dosanya itu, maka pada
malam harinya ia bermimpi didatangi -oleh seseorang yang mengatakan kepadanya,
'Hai Sulaiman,
لَا
تَحْقِرنَّ مِنَ الذنوبِ صَغِيرا ...
إِنَّ الصَّغير غَدًا يَعُودُ كَبِيرَا ...
إِنَّ
الصَّغِيرَ وَلَوْ تَقَادَمَ عَهْدُهُ ...
عِنْدَ الْإِلَهِ مُسَطَّرٌ تَسْطِيرَا ...
فَازْجُرْ
هَوَاكَ عَنِ الْبَطَالَةِ لَا تَكُنْ ...
صَعْبَ الْقِيَادِ وَشَمِّرَنْ تَشْمِيرَا ...
إِنَّ
المُحِبَّ إِذَا أَحَبَّ إلههُ ...
طَارَ الْفُؤَادُ وأُلْهِم التَّفْكِيرَا ...
فَاسْأَلْ
هِدَايَتَكَ الْإِلَهَ بِنِيَّة ...
فَكَفَى بِرَبّكَ هَادِيًا وَنَصِيرَا
Jangan sekali-kali kamu meremehkan
dosa-dosa kecil, sesungguhnya dosa kecil itu di kemudian hari akan menjadi
besar.
Dan sesungguhnya dosa kecil itu
sekalipun telah berlalu masanya, di sisi Tuhan tetap tercatat dengan lengkap.
Maka kekanglah hawa nafsumu, jangan
segan-segan melakukannya, janganlah kamu menjadi orang yang sulit mengendalikan
diri, dan bersiagalah dengan penuh kewaspadaan.
Sesungguhnya orang yang hatinya
dipenuhi rasa cinta kepada Tuhannya, maka hatinya akan bersih dan diberi ilham
untuk dapat berpikir.
Maka mintalah kepada Tuhan agar dirimu
mendapat petunjuk, dengan permintaan yang ikhlas, maka cukuplah bagimu Tuhanmu
menjadi Pemberi Petunjuk dan Penolong (mu).
*******************
Firman Allah Swt.:
{إِنَّ
الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَنَهَرٍ}
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan
sungai-sungai. (Al-Qamar: 54)
Berbeda dengan keadaan yang dialami oleh orang-orang yang celaka karena
kesesatan dan kegilaan mereka, akhirnya mereka diseret dengan muka di bawah ke
dalam neraka disertai dengan cemoohan kecaman dan makian.
Firman Allah Swt.:
{فِي
مَقْعَدِ صِدْقٍ}
di tempat yang disenangi. (Al-Qamar: 55)
Yaitu di rumah kemuliaan Allah dengan memperoleh rida, karunia, dan
anugerah-Nya serta kebaj ikan-Nya yang amat berlimpah.
{عِنْدَ
مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ}
di sisi Tuhan Yang Berkuasa. (Al-Qamar: 55)
Yakni di sisi Tuhan Yang Mahabesar Yang Menciptakan segala sesuatu dan Yang
Menentukan ukuran-ukurannya. Dia Mahakuasa atas semua yang dikehendaki-Nya dari
apa yang diinginkan dan yang diperlukan oleh makhluk-Nya.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ، عَنِ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ، عَنِ عَمْرِو بْنِ أَوْسٍ، عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو -يَبلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ-قال: "المقسطون عِنْدَ اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ
نُورٍ، عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ، وَكِلْتَا يَدَيْهِ يَمِينٌ: الَّذِينَ
يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وُلُّوا".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Amr ibnu
Dinar, dari Amr ibnu Aus, dari Abdullah ibnu Amr yang menyampaikannya dari Nabi
Saw. yang telah bersabda: Orang-orang yang berlaku adil berada di sisi Allah
di atas mimbar-mimbar dari cahaya di sisi Kanan Tuhan Yang Maha Pemurah. Dan di
hadapan-Nya merupakan sebelah kanan orang-orang yang adil dalam hukum mereka,
keluarga mereka, dan apa yang dikuasakan kepada mereka.
Imam Muslim telah mengetengahkan hadis ini secara tunggal, juga Imam Nasai
melalui Sufyan ibnu Uyaynah berikut dengan sanadnya dengan lafaz yang
semisal.
آخِرُ
تَفْسِيرِ سُورَةِ "اقْتَرَبَتْ"، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ وَالْمِنَّةُ وَبِهِ
التَّوْفِيقُ وَالْعِصْمَةُ