Hadits - 0084

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ، حَدَّثَنَا أَبُو خَلَفٍ مُوسَى بْنُ خَلَفٍ، وَكَانَ يُعَد مِنَ البُدَلاء، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ سَلَّامٍ، عَنْ جَدِّهِ مَمْطُورٍ، عَنِ الْحَارِثِ الْأَشْعَرِيِّ، أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ، أَمَرَ يَحْيَى بْنَ زَكَرِيَّا، عَلَيْهِ السَّلَامُ، بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ أَنْ يَعْمَلَ بِهِنَّ، وَأَنْ يَأْمُرَ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنْ يَعْمَلُوا بِهِنَّ، وَكَانَ يُبْطِئُ بِهَا، فَقَالَ لَهُ عِيسَى، عَلَيْهِ السَّلَامُ: إِنَّكَ قَدْ أُمِرْتَ بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ أَنْ تَعْمَلَ بِهِنَّ وَتَأْمُرَ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنْ يَعْمَلُوا بِهِنَّ، فَإِمَّا أَنْ تُبْلِغَهُنَّ، وَإِمَّا أَنْ أُبْلِغَهُنَّ. فَقَالَ: يَا أَخِي، إِنِّي أَخْشَى إِنْ سَبَقْتَنِي أَنْ أُعَذَّبَ أَوْ يُخْسَفَ بِي". قَالَ: "فَجَمَعَ يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّا بَنِي إِسْرَائِيلَ فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ، حَتَّى امْتَلَأَ الْمَسْجِدُ، فَقَعَدَ عَلَى الشَّرَفِ، فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ، ثُمَّ قَالَ: إِنَّ اللَّهَ أَمَرَنِي بِخَمْسِ كَلِمَاتٍ أَنْ أَعْمَلَ بِهِنَّ، وَآمُرَكُمْ أَنْ تَعْمَلُوا بِهِنَّ، وَأَوَّلُهُنَّ: أَنْ تَعْبُدُوا اللَّهَ لَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ مَثَل رَجُلٍ اشْتَرَى عَبْدًا مِنْ خَالِصِ مَالِهِ بوَرِق أَوْ ذَهَبٍ، فَجَعَلَ يَعْمَلُ وَيُؤَدِّي غَلَّتَهُ إِلَى غَيْرِ سَيِّدِهِ فَأَيُّكُمْ يَسُرُّهُ أَنْ يَكُونَ عَبْدُهُ كَذَلِكَ؟ وَإِنَّ اللَّهَ خَلَقَكُمْ وَرَزَقَكُمْ فَاعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَأَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ؛ فَإِنَّ اللَّهَ يَنْصِبُ وَجْهَهُ لِوَجْهِ عَبْدِهِ مَا لَمْ يَلْتَفِتْ، فَإِذَا صَلَّيْتُمْ فَلَا تَلْتَفِتُوا. وَأَمَرَكُمْ بِالصِّيَامِ، فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ مَعَهُ صُرَّةً مِنْ مِسْكٍ فِي عِصَابَةٍ، كُلُّهُمْ يَجِدُ رِيحَ الْمِسْكِ. وَإِنَّ خُلُوفَ فَمِ الصَّائِمِ عِنْدَ اللَّهِ أَطْيَبُ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ. وَأَمَرَكُمْ بِالصَّدَقَةِ؛ فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ أَسَرَهُ الْعَدُوُّ، فَشَدُّوا يَدَيْهِ إِلَى عُنُقِهِ، وَقَدَّمُوهُ لِيَضْرِبُوا عُنُقَهُ، فَقَالَ لهم: هل لكم أن أفتدي نَفْسِي ؟ فَجَعَلَ يَفْتَدِي نَفْسَهُ مِنْهُمْ بِالْقَلِيلِ وَالْكَثِيرِ حَتَّى فَكَّ نَفْسَهُ. وَأَمَرَكُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ كَثِيرًا؛ وَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ طَلَبَهُ الْعَدُوُّ سِراعا فِي أَثَرِهِ، فَأَتَى حِصْنًا حَصِينًا فَتَحَصَّنَ فِيهِ، وَإِنَّ الْعَبْدَ أَحْصَنُ مَا يَكُونُ مِنَ الشَّيْطَانِ إِذَا كَانَ فِي ذِكْرِ اللَّهِ". قَالَ: وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "وَأَنَا آمُرُكُمْ بِخَمْسٍ اللَّهُ أَمَرَنِي بِهِنَّ: الْجَمَاعَةُ، وَالسَّمْعُ، وَالطَّاعَةُ، وَالْهِجْرَةُ، وَالْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ؛ فَإِنَّهُ مَنْ خَرَجَ مِنَ الْجَمَاعَةِ قيدَ شِبْر فَقَدْ خَلَعَ رِبْقة الْإِسْلَامِ مِنْ عُنُقِهِ، إِلَّا أَنْ يُرَاجِعَ وَمَنْ دَعَا بِدَعْوَى جَاهِلِيَّةٍ فَهُوَ مِنْ جِثِيِّ جَهَنَّمَ". قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى ؟ فَقَالَ: "وَإِنْ صَلَّى وَصَامَ وَزَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ؛ فَادْعُوا الْمُسْلِمِينَ بِأَسْمَائِهِمْ عَلَى مَا سَمَّاهُمُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: الْمُسْلِمِينَ الْمُؤْمِنِينَ عِبَادَ اللَّهِ"
27-84. Imam Ahmad berkata, Affan menceritakan kepada kami, Abu Khalaf Musa bin Khalaf menceritakan kepada kami, Yahya bin Abi Katsir menceritakan kepada kami, dari Zaid Ibnu Salam bahwa kakeknya Mamthur menceritakan kepadanya, ia berkata, Harits Al Asy'ari menceritakan kepadaku bahwa Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah memerintahkan Yahya bin Zakariya RA agar mengamalkan lima kalimat dan agar memerintahkan Bani Israil untuk mengamalkannya. Yahya   bermaksud memperlambat pelaksanaan perintah tersebut. Maka Isa AS berkata kepadanya; 'Sesungguhnya kamu telah diperintahkan agar mengamalkan lima kalimat dan agar memerintahkan Bani Israil untuk mengamalkannya. Sampaikanlah itu kepada mereka, atau aku yang akan menyampaikannya kepada mereka.' Yahya berkata, 'Wahai saudaraku, sesungguhnya jika kamu mendahuluiku, aku akan diazab atau ditenggelamkan (dalam bumi).' Lalu Yahya bin Zakariya mengumpulkan Bani Israil di Baitul Maqdis, sampai masjid tersebut penuh. Dia duduk di tempat yang tinggi. Dia memuji Allah dan menyanjungnya, lalu berkata, 'Sesungguhnya Allah memerintahkan aku agar mengamalkan lima kalimat dan agar memerintahkan kalian untuk mengamalkannya. Pertama, sembahlah Allah dan janganlah kalian menyekutukannya dengan sesuatu pun. Sesungguhnya perumpamaan menyekutukan Allah adalah seperti seorang laki-laki dan seorang budak yang dibelinya dengan hartanya yang murni, baik dengan emas maupun perak. Lalu budak itu bekerja dan menyerahkan penghasilannya kepada selain tuannya. Siapakah di antara kalian yang senang jika budaknya demikian? Sesungguhnya Allah telah menciptakan kalian dan memberikan rezeki kepada kalian. Maka sembahlah Dia dan janganlah kalian menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Kedua, aku memerintahkan kalian untuk shalat. Sesungguhnya Allah menghadapkan wajah-Nya kepada wajah hamba-Nya, selagi dia belum berpaling. Oleh karena itu, jika kalian sedang shalat, maka janganlah kalian berpaling. Ketiga, aku memerintahkan kalian untuk berpuasa. Sesungguhnya perumpamaan puasa adalah seperti seorang laki-laki yang membawa sekantong minyak kasturi di tengah-tengah sekelompok orang. Semuanya mendapatkan bau minyak kasturi itu. Sesungguhnya bau mulut orang yang sedang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada aroma minyak kasturi. Keempat, aku memerintahkan kalian untuk bersedekah. Sesungguhnya perumpamaan sedekah adalah seperti seorang laki-laki yang ditawan oleh musuh. Mereka mengikatkan kedua tangannya pada lehernya dan menggiringnya untuk mereka penggal lehernya. Lalu dia berkata kepada mereka: Apakah aku boleh menebus diriku dari kalian? Maka mulailah dia menebus dirinya dengan sedikit dan banyak (dengan semua yang dimilikinya) sampai dia dibebaskan. Kelima, aku memerintahkan kalian untuk banyak berzikir kepada Allah. Sesungguhnya perumpamaan berzikir adalah seperti seorang laki-laki yang dikejar dengan cepat oleh musuh. Lalu dia tiba di sebuah benteng yang kokoh dan berlindung di dalamnya. Sesungguhnya seorang hamba berada dalam kondisi yang paling terlindung dari syaitan ketika dia sedang berzikir kepada Allah'.”
Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Dan aku memerintahkan kepada kalian lima hal yang diperintahkan oleh Allah kepadaku: mengikuti jamaah, mendengarkan, taat, berhijrah, dan berjihad di jalan Allah. Sesungguhnya barangsiapa keluar dari jamaah sejauh satu jengkal, maka dia telah melepaskan sumpah Islam dari lehernya, sampai dia kembali. Dan barangsiapa memanggil dengan panggilan jahiliyah, maka dia adalah salah seorang penghuni neraka." Para sahabat berkata, "Wahai Rasulullah, meskipun ia berpuasa dan shalat?" Beliau berkata, "Meskipun dia berpuasa, shalat, dan mengklaim dirinya sebagai muslim. Maka panggillah kaum muslimin dengan nama-nama mereka, sebagaimana Allah SWT menamakan mereka sebagai kaum muslimin dan kaum mukminin, wahai hamba-hamba Allah.
Shahih: Al Albani (Shahih Al Jami’: 1724)

Popular posts from this blog

Tafsir Surat Al-Maidah, ayat 51-53

RUQYAH SYAR'IYYAH - PANDUAN SYARA' DAN BATASAN-BATASANNYA

Aplikasi Android Tafsir Ibnu Katsir Lengkap Bahasa Indonesia