Hadits - 0232

حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "يَجِيءُ النَّبِيُّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ [وَمَعَهُ الرَّجُلُ وَالنَّبِيُّ] وَمَعَهُ الرَّجُلَانِ وَأَكْثَرُ مِنْ ذَلِكَ فَيُدْعَى قَوْمُهُ، فَيُقَالُ [لَهُمْ] هَلْ بَلَّغَكُمْ هَذَا؟ فَيَقُولُونَ: لَا. فَيُقَالُ لَهُ: هَلْ بَلَّغْتَ قَوْمَكَ؟ فَيَقُولُ: نَعَمْ. فَيُقَالُ [لَهُ] مَنْ يَشْهَدُ لَكَ؟ فَيَقُولُ: مُحَمَّدٌ وَأُمَّتُهُ فَيُدْعَى بِمُحَمَّدٍ وَأُمَّتِهِ، فَيُقَالُ لَهُمْ: هَلْ بَلَّغَ هَذَا قَوْمَهُ؟ فَيَقُولُونَ: نَعَمْ. فَيُقَالُ: وَمَا عِلْمُكُمْ؟ فَيَقُولُونَ: جَاءَنَا نَبِيُّنَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَخْبَرَنَا أَنَّ الرُّسُلَ قَدْ بَلَّغُوا" فَذَلِكَ قَوْلُهُ عَزَّ وَجَلَّ: {وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا} قَالَ: "عَدْلًا {لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا} "
175. Dari Abi Mu'awiyah, Al A'masy menceritakan kepada kami, dari Abu Shalih, dari Abu Sa'id Al Khudri, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Pada hari kiamat, seorang nabi datang bersama dua orang laki-laki atau lebih. Lalu kaumnya dipanggil dan dikatakan kepada mereka, 'Apakah nabi ini telah menyampaikan (risalah) kepada kalian?' Mereka menjawab, 'Tidak' Dikatakan kepada nabi itu; Apakah kamu telah menyampaikan (risalah) kepada kaummu?' Dia menjawab, 'Ya.' Dikatakan kepadanya; 'Siapa yang akan bersaksi untukmu?' Dia menjawab, 'Muhammad dan umatnya.' Muhammad dan umatnya pun dipanggil, lalu dikatakan kepada mereka, 'Apakah nabi ini telah menyampaikan (risalah) kepada kaumnya?' Mereka menjawab, 'Ya.' Dikatakan; 'Dari mana kalian tahu?' Mereka menjawab, 'Nabi kami SAW datang kepada kami dan memberitahukan bahwa para rasul telah menyampaikan (risalah).' Itu adalah firman Allah SWT; 'Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) sebagai umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.'
Shahih: Al Albani (Shahih Al Jami’: 8033)

Popular posts from this blog

Tafsir Surat Al-Maidah, ayat 51-53

RUQYAH SYAR'IYYAH - PANDUAN SYARA' DAN BATASAN-BATASANNYA

Aplikasi Android Tafsir Ibnu Katsir Lengkap Bahasa Indonesia